Pencegahan penyakit jantung


Penyakit jantung merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat di dunia. Pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, kurang berolahraga sampai mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kolesterol merupakan penyebab tingginya jumlah penderita penyakit jantung di dunia sendiri ada sekitar Menurut badan kesehatan dunia atau WHO ada sekitar  17,5 juta dari 58 juta kematian di dunia disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah pada tahun 2005, pada tahun 2011 lalu di indonesia sendiri ada sekitar 243.048 kematian akibat penyakit jantung dan merupakan 17,05 persen dari total kematian di Indonesia.
  1. Hindari makanan yang mengandung tinggi kolesterol. Salah satu penyebab paling utama penyakit jantung adalah asupan mkanan yang tidak sehat, seperti makanan berlemak yang mengandung tinggi kolesterol. Kolesterol tinggi dapat memicu pembentukan plak di pembuluh darah yang berakibat pada terganggunya suplau darah tubuh sehingga menyebabkan gagal jantung. Untuk itu Kurangi makanan yang disajikan dengan cara digoreng seperti kentang, pisang dan juga ubi yang mengandung tinggi lemak.

  2. Jaga kestabilan berat badan. Memiliki berat badan yang berlebih akan menempatkan anda pada resiko tinggi terkena penyakit jantung, tumpukan lemak pada tubuh anda akan membuat kerja jantung menjadi lebih berat sehingga akan mempengaruhi terjadinya hipertropi ventrikel.

  3. Mengkonsumsi banyak air putih. Minum banyak air putih memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan, utamaya adalah untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Minum banyak air putih akan membantu dalam melancarkan peredaran darah di otak dan juga jantung sehingga dapat memperkecil resiko penyakit jantung.

  4. Hindari stres. Stres merupakan salah satu penyabab penyakit jantung dalam Sebuah penelitian menyebutkan bahwa  orang yang memiliki tekanan dalam bekerja beresiko 23 persen lebih besar untuk mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak tertekan atau memiliki kebebasan. Selain itu stres juga dapat menimbulkan perangsangan saraf simpatis yang mempengaruhi  Irama detak jantung tak teratur sehingga menimbulkan gangguan pembuluh darah jantung.

  5. Cukupi kebutuhan olahraga. Olahraga merupakan salah satu hal yang positif yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental maupun fisik. Olahraga dapat memperlancar perderan darah, mengurangi tumpukan lemak sampai mengutakan kerja jantung. Untuk, pencegahan penyakit  jantung setidaknya lakukan olahraga secara teratur 2 kali seminggu.

  6. Perbanayak makan buah dan sayur. Sudah tidak diragukan lagi jika buah dan sayur merupakan makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi penting. Buah dan sayur mengandung tinggi antioksidan yang dapat mencegah penaykit jantung, selain itu buah dan sayur juga dikemas dengan vitamin dan mineral yang membantu anda memnuhi kebutuhan nutrisi harian.
Mengingat begitu berbahayanya penyakit jantung maka sudah seharusnya kita mulai melakukan pencegahan dengan memulai pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, menjauhi kebiasaan buruk seperti merokok, minuman beralkohol dan juga begadang.
loading...