10 Cara megatasi susah tidur

Cara mengatasi susah tidur dengan cara alami yang dapat anda terapkan dengan mudah. Susah tidur merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu dan cukup menyiksa bagi orang yang mengalaminya, banyak hal yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, mulai dari masalah ekonomi atau pun tekanan yang dialami oleh sipenderita. Susah tidur memiliki dampak kepada kurang semangatnya seseorang sekaligus juga gangguan kesehatan terutama kesehatan mental. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh beberapa orang untuk mengatasi susah tidur yang mereka alami, mulai dari mengkonsumsi obat-obatan sampai dengan menghitung benda-benda yang dipercaya dapat membuat cepat mengantuk karena cukup membosankan. Bagi anda yang memiliki masalah susah tidur berikut beberapa tips dan cara mengatasi susa tidur yang bisa anda lakukan:
Cara megatasi susah tidur
Gambar: Cara megatasi susah tidur
  1. Mengkonsumsi madu. Madu merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan, madu dipercaya dapat mengatasi susah tidur karena memiliki efek yang menenangkan sehingga membuat anda menjadi lebih rileks dan mudah tertidur, konsumsi 2 sendok madu murni di pagi dan juga malam hari untuk mengatasi masalah susah tidur anda. 

  2. Minum segelas susu. Selain madu susu juga diketahui dapat membuat anda mudah untuk tertidur, susu mengandung tinggi protein hewani dan juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein diketahui dapat membuat anda menjadi lebih mudah untuk tertidur. Minum 1 gelas susu sebelum tidur malam merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk membuat anda lebih mudah untuk tertidur. 

  3. Menkonsumsi lebih banyak air putih. Air merupakan sumber kehidupan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehetan, air diketahui dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit asam urat, melancarkan peredaran darah sekaligus mengatasi susah tidur. Kita disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk mendapatkan tubuh yang sehat. 

  4. Matikan lampu kamar anda. Bagi anda yang terbiasa tidur dengan lampu menyala sebaiknya mulai dari sekarang untuk mematikannya karena banyak bahaya yang dapat ditimbulkan akibat lampu yang menyala saat tidur. Selain berbahaya bagi kesehatan lampu yang menyala juga akan membuat anda masih dapat melihat benda-benda di sekeliling anda sehingga akan membuat anda susah untuk tertidur. 

  5. Selesaikan masalah anda. Kebanyakan orang mengalami susah tidur karena sedang mengalami masalah sehingga membuatnya terbayang-bayang saat menjelang tidur, maka dari itu cobalah untuk segera menyelesaikan masalah anda agar tidak menjadi beban pikiran yang membuat anda susah tidur. 

  6. Olahraga pagi. Olahraga di pagi hari dan dilakuakan di tempat terbuka tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, olahraga bukan hanya untuk memperkuat fisik  akan tetapai juga mental anda, tentunya anda masih ingat kan dengan pepatah yang mengatakan “di dalam raga yang kuat terdapat jiwa yang sehat” selain untuk memperkuat mental olaharaga juga dapat memperlancar sirkulasi darah terutama di otak sehingga dapat mencegah stres yang menjadi masalah terbesar kebanyakan orang susah tidur. 

  7. Lakukan hal yang menurut anda membosankan. Kebanyakan dari kita akan lebih cepat mengantuk saat melakukan hal yang membosankan, cobalah untuk melakukan aktifitas yang menurut anda sangat tidak menarik seperti menonton acara tv yang tidak terlalu anda sukai, cara tersebut akan membuat anda bosan dan cepat mengantuk yang akan mengatasi masalah susah tidur anda.  Selain itu membaca buku sebelum tidur juga dapat membuat anda mengantuk dan mudah untuk tertidur. 

  8. Kosongkan pikiran anda saat menjelang tidur. Biasanya saat menjelang tidur kita akan terbayang oleh beberapa masalah atau hal-hal yang belum kita lakukan, seperti tugas yang belum kita selesaikan atau saat kita teringat dengan suatu perstiwa, jadi untuk mengatasi susah tidur sebaiknya kosongkan pikiran anda dan cobalah untuk rileks dan berfikir positif sehingga anda tidak akan terbebani oleh masalah tersebut. 

  9. Hindari menonton  film horror sebelum tidur. Menonton film horror akan membuat anda takut dan terbayang-bayang saat tidur, hal ini tentunya akan membuat anda menjadi sulit untuk tertidur. Selain film horror bebrapa film yang menjadi favorit anda usahakan untuk tidak menontonnya menjelang tidur karena saat menonton film tersebut otak kita akan benar-benar fokus dan biasanya akan tetap di bawa sampai kita tidur. 

  10. Perbanyak aktifitas di siang hari. Aktifitas yang padat tentunya akan menguras stamina dan membutuhkan banyak energi, dengan anda melakukan aktifitas yang banyak di siang hari akan membuat tenaga anda menjadi lebih sedikit pada malam hari, hal ini tentunya akan memebuat tubuh anda lelah sehingga membutuhkan waktu untuk istirahat. Jadi untuk mengatasi susah tidur anda dapat melakukan aktifitas yang menguras energi seperti olahraga dan juga hal-hal positif lainnya.
Demikian beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa anda lakukan, selain tips di atas tetntunya masih banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah susah tidur anda, jadi untuk itu teruslah mencari informasi yang bisa anda terapkan pastinya dengan cara yang aman dan tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.
loading...