10 Cara mengatasi kulit berminyak

10 Cara mengatasi kulit berminyak yang cukup efektif untuk kulit wajah anda. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kulit berminyak, mulai dari faktor genetik sampai kondisi kulit kering. Salah satu penyebab kulit berminyak yang umum dialami para remaja adalah perubahan kadar hormon, yang biasanya terjadi pada masa remaja dan akhir remaja, sehingga kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak dan memicu jerawat. Kulit berminyak bukan hanya terjadi pada kalangan remaja saja melainkan kebanyakan orang yang kurang memperhatikan kebersihan kulit mereka. Untuk mengatasi kulit berminyak ada beberapa langkah yang harus anda lakukan diantaranya adalah:
Cara mengatasi kulit berminyak
Gambar: Cara mengatasi kulit berminyak
  1. Jaga kelembaban kulit wajah anda. Wajah anda memerlukan kelembaban alami untuk menjaganya tetap sehat, jadi saat anda tidak menjaga kelembaban kulit wajah anda maka kulit akan menjadi kering sehingga dengan sendirinya akan memproduksi minyak untuk membuatnya tetap lembab. Jadi salah satu cara untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan menjaga kelembabannya secara alami. 

  2. Masker Madu. Madu diketahui memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa sekali untuk manusia. Madu kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral yang akan menutrisi kulit anda dari luar. Ambil 1 atau 2 sendok madu kemudian balurkan ke seluruh bagian wajah anda hingga merata dan diamkan kira-kira 20-30 menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat. Cara tersebut akan membantu anda mengatasi kulit berminyak pada wajah anda sekaligus membuat kulit menjadi lebih kenyal dan sehat. 

  3. Masker buah alpukat. Buah alpukat sudah sangat dikenal sebagai masker wajah yang cukup ampuh mengatasi berbagai macam masalah kulit. Menerapkan buah alpukat yang sudah dihaluskan ke wajah anda akan membantu anda mendapatkan kulit wajah yang terbebas dari minyak dan juga lebih lembab alami. 

  4. Makan banyak buah dan sayuran. Selain melakukan perawatan dari luar untuk menjaga kesehatan kulit  dan mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajah anda adalah dengan cara menutrisinya dari dalam, untuk itu perbanyak lah mengkonsumsi buah dan juga sayur yang kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral yang sangat dibutuhkan untuk proses peremajaan kulit sekaligus mencegah dari penuaan. 

  5. Menggunakan Lidah buaya. Lidah buaya merupakan salah satu bahan perawatan kecantikan yang dapat mengatasi kulit berminyak, Terapkan Gel dari tanaman lidah buaya pada bagian wajah, maka anda akan mendapatkan sensasi dingin yang sangat menyegarkan. Selain untuk mengatasi kulit berminyak penggunaan lidah buaya pada wajah juga mampu mengatasi kulit kering. 

  6. Irisan Tomat. Selain cukup efektif untuk mengatasi jerawat Tomat juga sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya adalah: potong tomat hingga menjadi beberapa bagian kemudian tempelkan pada permukaaan kulit wajah anda. Tunggu kira-kira 20-30 menit kemudian cuci wajah anda dengan air bersih, irisan tomat tadi akan menyerap minyak berlebih pada kulit wajah anda sehingga membuatnya terlihat lebih segar alami. 

  7. Cukupi kebutuhan air. Mengkonsumsi banyak air putih memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan anda secara keseluruahn tidak terkecuali untuk menjaga kesehatan kulit anda. Dengan anda mengkonsumsi banyak air putih maka akan mencegah kulit anda mengalami dehidrasi sehingga kulit tidak memerlukan minyak yang lebih untuk membuatnya lembab. 

  8. Kurangi makanan berminyak. Makanan berminyak seperti gorengan dan juga makanan yang diolah dengan santan akan meningkatkan produksi minyak pada kulit wajah anda, jadi untuk mengatasi sekaligus melakukan pencegahan kulit berminyak anda harus mengurangi asupan makanan tersebut. 

  9. Kulit pisang. Kulit dari buah pisang ini diketahui cukup ampuh untuk mengatasi kulit berminyak dan membuatnya lebih lembab alami. Penggunaan kulit pisang ini sudah mulai banyak dilakukan setelah banyak informasi yang berhasil mengungkap manfaat kulit pisang untuk perawatan dan juga mengatasi masalah kesehatan lainnya utamanya yang berkaitan dengan kulit seperti meringankan luka akibat  gigitan serangga. 

  10. Mentimun. Ada dua cara yang bisa anda lukukan untuk mengatasi kulit berminyak dengan mentimun. Cara pertama adalah: haluskan mentimun dengan blander kemudian lulurkan pada permukaan kulit wajah anda hingga merata, diamkan sekitar 15-20 menit. Cara kedua: potong mentimun menjadi bagian yang tipis kemudian tempelkan pada beberapa titik di wajah anda dan tunggu kira-kira 20-30 menit, setelah selesai bilas denga air bersih. Kedua cara tersebut diketahui cukup ampuh mengatasi kulit berminyak.
Demikian tadi 10 cara mengatasi kulit berminyak yang bisa anda terapkan untuk membuat kulit wajah anda terbebas dari minyak berlebih.
loading...