Thursday, June 26, 2014

10 Cara mengatasi mual saat hamil

10 Cara mengatasi mual saat hamil yang mudah dan cukup efektif. Morning sickness (mual saat hamil) disebut demikian karena lebih sering dialami pada pagi hari walaupun sebenarnya tidak hanya terjadi pada waktu pagi saja. Menurut Dr Marjorie Greenfieldada sekitar 70 persen wanita mengalami mual di awal kehamilan dan sekitar 50 persen dari mereka mengalami muntah. Sebenarnya Mual saat hamil merupakan hal yang biasa dialami oleh para wanita, walaupun hal tersebut sudah biasa akan tetapi pastinya akan membuat anda tidak nyaman dan berusaha untuk meminimalisir atau mengurangi frekuensinya. Berikut bebrapa tips atau cara mengatasi mual saat hamil:
Cara mengatasi mual saat hamil
Gambar: Cara mengatasi mual saat hamil
  1. Mengkonsumsi Jahe. Jahe merupakan bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi mual saat hamil. Minum segelas wedang jahe pada pagi hari akan membuat anda lebih rileks dan juga dapat mencegah mual saat hamil. 

  2. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan magnesium. Biasanya wanita hamil akan membutuhkan lebih banyak asupan magnesium karena pada masa kehamilan seorang wanita lebih cenderung untuk kekurangan magnesium. Kekurangan magnesium ini dapat memicu terjadinya mual saat hamil atau yang biasa disebut morning sickness. Sayuran yang berdaun hijau merupakan pilihan yang sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan magnesium anda saat masa kehamilan. 

  3. Mencoba akupresur. Akupresur merupakan terapi untuk mencegah terjadinya mual saat hamil dengan cara menekan titik pada area sekitar dua inci di atas lipatan pada bagian dalam dari pergelangan tangan yang jika dirangsang, bisa menghilangkan mual dan muntah yang biasanya dialami pada masa kehamilan, selain itu akupresur juga dapat mengatasi mabuk kendaraan pada sebagian orang. 

  4. Menghirup aroma terapi. Menggunakan minyak aroma terapi atau beberapa bahan yang memberikan aroma menyegarkan seperti lemon aroma peppermint, spearmint, jahe, dan lavender merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mual saat hamil. Anda juga dapat berkonsultasi  dengan ahli aromaterapi, karena ada bebrapa produk aroma terapi yang mungkin tidak aman untuk digunakan. 

  5. Hindari stres. Stres juga dapat memperparah mual saat hamil, jadi untuk itu usahakan untuk tetap menjaga kestabilan mental dan melakukan hal-hal yang membuat anda menjadi lebih rileks dan nyaman seperti olahraga ringan di pagi hari atau pergi jalan-jalan dengan suami atau keluarga anda. selain itu anda juga dapat mencoba terapi akupuntur untuk mengatasi mual saat hamil karena dapat membantu menyeimbangkan hormon, mengurangi stres dan kelelahan  yang merupakan pemicu utama morning sickness. 

  6. Ubah posisi tidur anda. posisi tidur yang salah juga dapat memicu mual saat hamil, seperti posisi tidur terlentang akan membuat morning sickness semakin parah, sebaliknya posisi miring ke kanan saat tidur sangat direkomendasikan karena akan membuat perut menjadi lebih nyaman. 

  7. Penuhi kebutuhan karbohidrat dan protein. makanan yang kaya akan kandungan protein dan juga karbohidrat sangat diperlukan selama masa kehamilan, kedua nutrisi tersebut dapat memberikan tenaga pada sang ibu selama masa kehamilan sekaligus mencegah mual. Mengkonsumsi makanan seperti sereal gandum, telur, beras merah dan juga kentang dapat menjadi pilihan untuk mengatasi mual saat hamil. 

  8. Konsumsi vitamin B6. Konsumsi Vitamin B6 dengan dosis 25 miligram, untuk diminum tiga kali sehari dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi dan mencegah mual pada masa kehamilan. 

  9. Hindari makanan pemicu mual. Bagi beberapa orang sering merasa mual saat mengkonsumsi makanan seperti gorengan, ayam goreng, keju dan juga ikan goreng. Untuk itu anda harus memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi dengan menghindari beberapa makanan tersebut atau paling tidak menguranginya. 

  10. Konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan makanan yang sangat baik untuk ibu hamil karena mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan juga antioksidan alami. Kandungan gula alami yang terdapat pada buah juga dapat memberikan energi tambahan kepada anda sehingga membuat anda menjadi lebih berenergi selama masa kehamilan. Selain itu mengkonsumsi buah di pagi hari juga dapat mencegah mual saat hamil.
Selain informasi mengenai 10 cara mengatasi mual saat hamil di atas pastinya masih banyak hal lain yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah mual selama masa kehamilan. Untuk itu jangan berhenti mencarai informasi, semoga membantu.
loading...