Wednesday, June 18, 2014

10 Cara mengatasi nyeri sendi

Beberapa cara mengatasi nyeri sendi  yang bisa anda lakukan. Nyeri sendi biasanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, akan tetapi tidak jarang juga masalah nyeri pada sendi ini diderita oleh orang yang masih pada usia muda. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi nyeri sendi mulai dari konsumsi obat dan juga terapi. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi nyeri sendi: 
Cara mengatasi nyeri sendi
Gambar: Cara mengatasi nyeri sendi
  1. Kunyit. Tanaman ini memang merupakan salah satu dari jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk pengobatan dan juga pencegahan penyakit. Kunyit sudah digunakan selama berabad-abad yang lalu oleh beberapa bangsa sepereti india sebagai pelengkap makanan. Kunyit diketahui cukup ampuh untuk mengatasi nyeri sendi dan dan juga masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, membantu penyembuhan luka dsb.

  2. Sering berolahraga. Selagi anda muda jangan pernah malas untuk menjaga kesehatan anda, dan olahraga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat akan tetapi sering dilupakan oleh beberapa orang karena berbagai macam alasan, olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan mulai dari melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, mencegah osteoporosis  sampai mengatasi nyeri sendi.

  3. Hindari terlalu banyak makan daging. Bagi anda yang menderita nyeri sendi sebaiknya menghindari makan terlalu banyak daging seperti daging sapi dan juga daging kambing, daging memiliki kandungan kolesterol dan juga lemak yang tidak baik dikonsumsi secara berlebihan terutama bagi anda yang memiliki nyeri pada sendi.

  4. Menggunakan pengobatan akupuntur. Akupunktur merupakan pengobatan Cina kuno yang menusukkan  jarum kecil ke dalam permukaan kulit pada titik-titik tertentu pada tubuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit termasuk nyeri sendi. Cara pengobatan akupuntur ini tidak ada salahnya anda coba untuk mengatasi masalah nyeri pada sendi anda.

  5. Relaksasi. Rileksasi bertujuan untuk memperbaiki gangguan mental dan stres serta dapat membantu ketegangan otot sehingga dapat meringankan nyeri sendi yang anda derita. Ada banyak teknik-teknik rileksasi yang bisa anda coba salah satunya adalah teknin pengaturan napas. Ada banyak panduan untuk tehnik rileksasi yang bisa anda pelajari di rumah untuk mengetasi nyeri sendi.

  6. Pijat. Pijat dapat anda laukan untuk meredakan nyeri sendi dengan cara mobilitas sendi dan merileksasi otot. Pastikan anda menggunakan jasa terapis pijat yang sudah memiliki pengalaman bekerja untuk mengatasi nyeri sendi.

  7. Terapi Air hangat. Berendam dalam Air hangat akan mengurangi tekanan pada sendi dan otot, sehingga dapat mengurangi nyeri sendi pada lutut dan pinggul. Masukkan semua bagian tubuh yang mengalami nyeri seperti pinggul dan lutut sambil di pijat dalam air hangat akan merangsang aliran darah lebih lancar.

  8. Kurangi beban kerja persendian anda. Bagi anda yang memiliki aktifitas padat cobalah untuk menguranginya dan juga memberikan waktu istirahat yang cukup pada otot dan juga tubuh anda. Aktifitas seperti olahraga walaupun sangat baik dilakukan akan tetapi porsinya harus benar-benar diperhatikan, pilih olahraga yang tidak terlalu memberatkan sendi anda seperti bersepeda ringan dan jalan kaki di pagi hari.

  9. Jaga kestabilan berat badan anda. Menjaga kestabilan berat badan anda sangat penting, selain untuk mencegah munculnya berbagai macam penyakit, berat badan yang berlebih akan membuat kerja sendi anda semakin berat, tentunya hal ini akan membuat anda memiliki resiko tinggi untuk mengalami nyeri sendi.

  10. Cukupi kebutuhan klaisum harian anda. Memenuhi kebutuhan kalsium sangat penting sekali untuk memastikan anda mendapatkan tulang yang kuat, hal tersebut juga dapat meperkecil resiko anda menderita nyeri sendi.
Demikian beberapa informasi mengenai cara mengatasi nyeri sendi, semoga dapat membantu bagi anda yang membutuhkan. 
loading...