5 Cara mengobati diare dengan efektif

5 Cara mengobati diare. Diare merupakan penyakit yang sangat mengganggu karena anda harus bolak-balik ke WC untuk BAB, selain sangat mengganggu penyakit ini walaupun kelihatan ringan juga cukup berbahaya jika tidak segera diobati, bahkan diare merupakan salah satu penyebab kematian paling umum yang dialami balita, selain itu diare juga diketahui membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.  diare memiliki beberapa Gejala diantaranya rasa mulas yang berkepanjangan, dehidrasi, mual dan muntah. Tetapi gejala lainnya yang dapat timbul antara lain pegal pada punggung, dan perut sering berbunyi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan diare diantaranya seperti mengkonsumsi makanan terlalu pedas ataupun makanan yang tidak higenis. Untuk membantu mengobati diare ada beberapa cara dan tips yang bisa anda lakukan diantaranya adalah: 
Cara mengobati diare
 Gambar: Cara mengobati diare
  1. Daun jambu biji. Daun jambu biji diketahui memiliki manfaat untuk  mengobati diare secara alami, daun jambu biji relatif lebih mudah anda dapatkan dan juga cukup murah. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung setelah membersihkannya terlebih dahulu, selain daunnya jambu biji yang masih muda diketahui juga dapat membantu mengobati diare. 

  2. Ramuan dari kunyit. Kunyit sudah diketahui memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan pengobatan berbagai macam penyakit, selain itu kunyit juga cukup ampuh mengobati diare dan berbagai macam gangguan pencernaan lainnya. Caranya adalah: Parut  15g Kunyit  yang sebelumnya sudah dikupas dan dibersihkan, tambahkan 150ml air dan aduk hingga merata, saring kemudian minum dua kali sehari pagi dan sore. 

  3. Konsumsi Yogurt. Diare sering terjadi ketika jumlah bakteri jahat lebih banyak sehingga bakteri baik tidak mampu melawan bakteri jahat tersebut. Jadi untuk mengembalikan keseimbangan bakteri dan menghentikan diare, Anda harus memberikan makanan untuk bakteri baik melalui makanan yang anda konsumsi, dan yogurt menjadi pilihan yang sangat tepat. Yogurt diketahui telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati diare. Dalam studi di sebuah rumah sakit New York menunjukkan bahwa antara 1/3 dan 1/2 cangkir yogurt dapat membantu menyembuhkan diare berat pada bayi hingga dua kali lebih cepat. Selain itu yogurt juga bekerja sangat efektif untuk mencegah diare jika dikonsumsi secara rutin. 

  4. Minum air kelapa hijau. Saat mengalami diare tubuh anda akan mengalami dehidrasi yang luar biasa karena kehilangan banyak cairan, untuk itu sangat disarankan minum minuman berenergi yang dapat menggantikan cairan tubuh dengan cepat, air kelapa merupakan minuman berenergi alami yang bukan hanya mampu menggantikan cairan tubuh dengan cepat akan tetapi juga memberikan asupan nutrisi berupa vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

  5. Cuka sari apel. Cuka apel selain dapat mengobati sariawan dengan cara membunuh bakteri pada daerah sekitar mulut ternyata diketahui juga cukup efektif untuk mengobati diare. Cara pembuatan ramuan dari cuka sari apel untuk mengobati diare adalah: Siapkan setengah gelas air hangat kemudian tambahkan dengan beberapa tetes air cuka sari apel, minum dua kali sehari untuk membantu mengatasi diare.
Demikian beberapa tips dan cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati diare dengan cara alami yang bisa anda terapkan di rumah, semoga membantu.
loading...