7 Cara menghilangkan bau mulut yang efektif

7 Cara menghilangkan bau mulut yang cukup efektif. Memiliki nafas yang bau pastinya sangat mengganggu bagi anda dan pastinya juga dapat menurunkan kepercayaan diri.  Salah satu penyebab munculnya bau mulut adalah adanya Bakteri yang menyebabkan penyakit gusi yang menghasilkan senyawa belerang yang mudah menguap, hal ini lah yang mengakibatkan bau mulut. Bakteri tersebut juga dapat menyebabkan peradangan yang menimbulkan beberapa masalah kesehatan mulut seperti sariawan. Baca 10 Cara mengobati sariawan
Cara menghilangkan bau mulut
Gambar:  bau mulut
7 Cara Menghilangakan bau mulut
  1. Menykit gigi secara rutin. Jika anda ingin mendapatkan nafas yang segar dan terbebas dari bau mulut maka jangan pernah malas untuk menggosok gigi. menggosok gigi selain secara otomatis dapat membersihkan gigi anda juga dapat membunuh kuman pada area sekitar mulut sekaligus menjaganya tetap segar. 

  2. Hindari makanan seperti pete dan bawang. Kedua makanan tersebut memang menjadi salah satu dari penyebab bau mulut yang sudah sangat terkenal, bau yang dihasilkan bawang dan pete sangat sulit dihilangkan meski sudah menyikat gigi sekalipun, untuk itu sebaiknya anda jangan mengkonsumsinya saat ingin keluar rumah atau saat anda melakukan aktifitas di luar yang berinteraksi dengan banyak orang. 

  3. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur.  Buah san sayur merupakan makanan sehat yang ramah lingkungan dan juga bagi tubuh anda, makan beberapa buah seperti strawberry, anggur dan juga jeruk dapat menghilangkan bau mulut anda secara alami. Selain itu mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur juga dapat membantu anda untuk menghilangkan bau badan. 

  4. Berkumur dengan cuka sari apel. Cuka dari sari buah apel dapat membunuh kuman yang menjadi salah satu penyebab utama munculnya bau mulut, cara penggunaan cuka apel sebagai obat kumur alami adalah: Campur kan 1 sendok cuka sari apel dengan 1 cangkir air hangat kemudian  gunakan berkumur selama kurang lebih 30 detik, lakukan cara tersebut setidaknya 2 kali sehari untuk membantu anda menghilangkan bau mulut secara alami tanpa menggunakan obat kumur yang kadang menimbulkan efek terbakar pada mulut. 

  5. Minum jus lemon. Jus lemon kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mencegah sariawan seklaigus membunuh kuman, minum segelas jus lemon dapat menghindarkan anda dari bau mulut yang mengganggu sekaligus membantu anda mendapatkan nafas yang segar. 

  6. Mengunyah Permen karet. Cara yang lebih praktis untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan mengunyah permen karet. Banyak permen karet yang memiliki fariasi rasa dan juga aroma yang dapat membuat mulut anda tetap segar dan pastinya dapat menaikkan kepercayaan diri anda. Selain itu permen karet juga relatif lebih mudah dan tidak merepotkan karena bisa anda bawa kemana-mana dan pastinya penggunaannya pun juga cukup mudah. 

  7. Berkumur dengan daun sirih. Daun sirih diketahui memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan dan juga perawatan tubuh, berkumur dengan air daun sirih cukup efektif untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu, bukan hanya itu saja daun sirih diketahui juga dapat menghilangkan bau badan secara alami.
Selain menerapkan cara menghilangkan bau mulut di atas anda juga harus memperhatikan penyebab munculnya bau mulut sehingga anda dapat melakukan pencegahan, berikut beberapa cara untuk mencegah munculnya bau mulut:
  • Jaga kebersiahn  mulut anda. Untuk membantu menghilangkan bau mulut di rumah, pastikan anda rutin mengecek kesehatan mulut anda termasuk menyikat gig setidaknya dua kali sehari. Para dokter gigi juga menyarankan anda agar selalu membersihkan lidah dan daerah sekitarnya untuk membantu mencegah bau mulut. 

  • Hindari rokok dan juga minuman beralkohol. Merokok diketahui dapat mengakibatkan munculnya berbagai macam masalah serius pada kesehatan mulut anda salah satunya adalah kanker rongga mulut, dalam sebuah penelitian berhasil mengungkap bahwa mengkonsumsi alkohol dibarengi dengan merokok dapat meningkatkan resiko kanker rongga mulut, hingga 75-90%. Selain itu merokok juga dapat mengakibatkan gigi anda menjadi kuning dan nafas menjadi bau, senada dengan rokok alkohol juga dapat memicu munculnya bau mulut yang sangat menyengak. 

  • Jaga kesehatan pencernaan anda. Saluran pencernaan yang buruk yang berakibat pada masalah usus, dapat menghasilkan gas yang tertinggal di rongga mulut. Keasaman klorida yang tidak mencukupi dalam perut juga dapat menyebabkan pencernaan yang buruk sehingga makanan ke dalam saluran usus  membusuk kemudian menghasilkan gas yang tidak enak yang naik dan menyebabkan bau mulut. Jadi selain menerapkan cara menghilangkan bau mulut merupakan hal yang sangat penti bagi anda untuk menjaga kesehatan penernaan.
Cara menghilangkan bau mulut di atas akan berhasil jika anda memperhatikan semua faktor yang menjadi penyebab bau mulut yang anda alami, jadi jangan berhenti untuk mencarai informasi. Semoga membantu.
loading...