7 Cara Menguatkan tulang dengan mudah

7 cara menguatkan tulang dengan mudah. Mengingat peran tulang sangat penting dan banyak aktifitas yang membutuhkan kekuatan tulang seperti mengangkat beban, berolahraga dsb maka dari itu Tulang kita perlu dijaga untuk membuatnya tetap kuat sehingga dapat mendukung aktfitas kita sehari-hari. Berikut beberapa tips dan cara menguatkan tulang dengan mudah:
Cara Menguatkan tulang
Gambar: Cara Menguatkan tulang
  1. Banyak berolahraga.  Berolahraga dengan teratur akan membantu anda mendapatkan tulang yang kuat  karena aktifitas fisik seperti olaha raga akan merangsang tulang menajdi lebih padat sehingga dapat memperkecil resiko osteoporosis. 

  2. Cukupi kebutuhan vitamin D. Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tulang untuk membuatnya tetap sehat dan kuat. Ada beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup seperti jenis kacang-kaangan, telur, dan juga biji-bijian. 

  3. Tingkatkan asupan kalsium harian anda. Sudah kita ketahui bersama bahwa kalsium merupakan nutrisi utama yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat tulang dan gigi anda. Kalsium bisa anda dapatkan dari beberapa makanan seperti susu, keju, telur, dan buah jeruk. 

  4. Cukupi kebutuhan vitamin K. Anda dapat menguatkan tulang dengan mencukupi kebutuhan vitamin K hariana anda. Namun, kemampuan vitamin K dalam menguatkan tulang pelru diteliti lebih lanjut, pasalnya dalam Dua penelitian sebelumnya pada beberapa wanita muda menunjukkan bahwa vitamin K memiliki efek yang berbeda: efek pertama menunjukkan bahwa vitamin K memperlambat pergantian tulang, tetapi tidak memiliki efek pada kepadatan mineral tulang, sementara yang lain menemukan sebaliknya. 

  5. Penuhi kebutuhan kalium. Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang berkontribusi untuk menguatkan tulang. Berbeda dengan vitamin D dan juga Klasium Kalium lebih berperan dalam membantu saraf dan otot berkomunikasi dan juga membantu sel-sel membuang sampah. Selain itu kalium juga berperan menetralkan asam yang dapat melepaskan kalsium dari dalam tubuh. 

  6. Jaga kestabilan berat badan anda. Berat badan yang berlebih akan membuat kerja tulang menjadi lebih berat sehingga prlahan akan membuat anda kehilangan kepadatan tulang.  Dalam sebuah penelitian  menunjukkan bahwa atlet dengan berat badan rendah memiliki kepadatan tulang yang lebih baik dibandingkan mereka yang memiliki berat badan berlebih. Jadi untuk mengutakan tulang cobalah untuk menjaga kestabilan berat badan anda. 

  7. Hindari minuman bersoda. Minuman bersoda sangat tidak baik untuk kesehatan tulang anda. beberapa zat yang ditemukan dalam minuman bersoda seperti zat asam fosfor yang berkontribusi dalam pengeroposan tulang. Selain itu minuman bersoda juga mengandung tinggi gula dan hampir tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, maka dari itu hindari minum-minuman bersoda untuk mendapatkan tulang yang kuat.
Demikian tadi 7 cara yang bisa anda lakukan untuk menguatkan tulang. Menjaga kesehatan tulang sejak muda akan membantu menghindarkan anda dari resiko osteoporosis di masa tua.
loading...