Cara mengatasi cantengan yang efektif


Cara mengatasi cantengan yang efektif. Sakit yang diakibatkan karena cantengan ini memang cukup menyiksa dan membuat kita tidak nyaman terutama saat memakai sepatu. Ada beberapa faktor yang dapat memicu cantengan ini mulai dari ukuran sepatu yang terlalu sempit, kurang menjaga kebersihan kuku dan juga terlalu pendek memotong kuku juga menjadi penyebab utama, selain itu cantengan juga bisa disebabkan oleh bakteri yang memasuki kulit di sekitar daerah kuku yang terluka saat kita memotong kuku terlalu pendek. Infeksi jamur juga bisa menjadi penyebab pembentukan cantengan. Cantengan bisa juga terjadi pada jari tangan walaupun kasus yang paling sering dialami pada jari kaki. Tidak jauh beda dengan jari kaki cantengan pada jari tangan bisa terjadi akibat kita memotong kuku terlalu pendek atau juga kebiasaan buruk kita menggigit kuku sehingga mengakibatkan robek pada daerah kulit sekitar.
Cara mengatasi cantengan yang efektif
Gambar: Cara mengatasi cantengan yang efektif
Cantengan sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya akan tetapi perlu mendapatkan perawatan karena pastinya anda tidak ingin aktifitas anda terganggu karena rasa sakit yang ditimbulkannya. Berikut beberapa cara mengatasi cantengan sekaligus pencegahannya:
Anda dapat mengatasi cantengan dengan cara merendam jari kaki atau tangan anda di air garam. Air garam dapat membunuh bakteri yang menyebabkan cantengan sehingga dengan merendamnya akan dapat menyembuhkannya secara perlahan.

Merendam jari ke air panas juga dapat anda lakukan untuk mengatasi cantengan dengan mudah, lakukan cara tersebut setidaknya 3 kali sehari untuk membantu meredakan pembengkakan pada jari akibat cantengan.
Selain kedua cara tradisional di atas untuk mengatasi cantengan anda juga dapat menggunakan krim antibiotik yang dioleskan pada daerah yang mengalami pembengkakan akibat cantengan, jika tidak ada reaksi dan semakin parah periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
Tips pencegahan cantengan
  1. Potong kuku kaki anda sebulan sekali dan jangan terlalu pendek. 
  2. Usahakan anda memotong kuku setelah mandi ketika kuku dalam keadaan lembut dan mudah untuk dipotong. 
  3. Pakai pemotong kuku yang benar-benar tajam sehingga memperkecil resiko terjadi iritasi yang menjadi penyebab cantengan. 
  4. Jangan pernah menggigit kuku tangan anda untuk menghindari robek pada kulit sekitar kuku. 
  5. Hindari pemakaian sepatu yang ukurannya terlalu sempit, sepatu yang memiliki ukuran sempit selain tidak nyaman di kaki juga dapat mengakibatkan luka dan juga memar sehingga memicu cantengan. 
  6. Selalu jaga kebersihan kuku dan kaki anda, saat jari anda kotor misalnya setelah melakukan aktifitas yang membuat kaki anda menginjak lumpur usahakan segera membersihkan jari anda sebersih mungkin terutama pada bagian sela-sela kuku.
Mungkin cara mengatasi cantengan di atas membutuhkan sedikit waktu jadi anda harus sedikit bersabar dan konsisiten dalam melakukan pengobatan.
loading...