Cara mengatasi mabuk kendaraan

Cara mengatasi mabuk kendaraan dengan efektif. Mabuk kendaraan biasanya dialami oleh beberapa orang saat mengendarai kendaraan dalam jarak yang jauh. Mabuk kendaraan bisa terjadi ketika otak dan telinga anda melihat/mendengar gerakan saat anda berkendara. Untuk mengatasi mabuk kendaraan salah satu hal bisa anda coba adalah dengan cara mengarhkan pandangan anda pada satu titik di bagian depan mobil, jadi untuk itu hindari juga melihat ke samping atau keluar kendaraan karena akan membuat anda pusing dan memperbesar resiko mengalami mabuk.  
Cara mengatasi mabuk kendaraan
Gambar: Cara mengatasi mabuk kendaraan
  1. Hindari duduk dengan menghadap ke belakang. Untuk menghindarkan anda dari mabuk kendaraan ada baiknya anda tidak memilih duduk yang menghadapa ke arah yang berlawanan karena akan memperbesar resiko anda mengalami mabuk kendaraan, atau bagi anda yang terbiasa mabuk kendaraan akan semakin parah. 

  2. Terapi Akupresur. Akupresur adalah terapi pijat yang dilakukan dengan menekan titik pada area sekitar dua inci di atas lipatan pada bagian dalam dari pergelangan tangan. Menurut pengobatan cina, akupresur dapat menyeimbangkan aliran energi dalam tubuh, atau chi, dan mual merupakan salah satu tanda ketidak seimbangan energi dalam tubuh tersebut. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal Aviation pada tahun 1995 lalu berhasil mengungkap bahwa orang yang melakukan terapi akupresur pada pergelangan tangan mereka megalami tingkat penurunan mabuk kendaraan yang mereka alami. Selain itu terapi akupresur juga dapat membantu mengatasi mual saat hamil

  3. Mengkonsumsi jahe. Jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki aroma terapi yang menenangkan dan juga menghangatkan tubuh anda terutama perut. Minum segelas wedang jahe sebelum berkendara mungkin bisa menjadi cara yang bisa anda coba untuk membantu mengatasi mabuk kendaraan. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology-gastrointestinal pada tahun 2003 lalu berhasil mengungkap bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen jahe termasuk wedang jahe memiliki tingkat penurunan mual dibandingkan mereka yang tidak.  

  4. Gunakan minyak aroma terapi. Minyak aroma terapi memiliki aroma yang menenangkan sehingga dapat mencegah anda dari mabuk kendaraan, ada beberapa minyak aroma terapi yang bisa anda gunakan seperti minyak kayu putih, minyak lavender dan minyak lemon. Usahakan untuk tidak menghirup aroma wangi-wangian yang tidak anda sukai seperti parfum yang mungkin memiliki aroma menyengak dan tajam. 

  5. Jangan makan terlalu banyak saat anda hendak berkendara. Makan teralau banyak juga dapat memicu terjadinya mabuk kendaraan karena akan mengakibatkan sesak dan tidak nyaman pada perut  jadi untuk itu usahakan makan secukupnya saja, sebaliknya membiarkan perut kosong juga dapat mengakibatkan mabuk kendaraan karena kita juga membutuhkan energi. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang manis dan juga dapat memberikan anda energi dengan cepat. Minum dua sendok madu juga dapat menjadi cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mabuk kendaraan.
Demikian Cara mengatasi mabuk kendaraan yang bisa blog Cara hidup sehat bagi untuk pembaca, semoga dapat membantu.
loading...