Cara mengatasi perut kembung secara alami

Cara mengatasi perut kembung secara alami. Perut kembung atau perut bergas biasanya terjadi saat kita mengkonsumsi makanan tertentu seperti minuman bersoda atau gorengan. Perut kembung sangat mengganggu karena membuat perut sangat tidak nyaman dan membuat kita kehilangan selera makan. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi perut kembung:
Cara mengatasi perut kembung
Gambar: Cara mengatasi perut kembung
  1. Minum wedang jahe. Jahe merupakan bahan alami yang dapat menghangatkan perut anda sehingga dapat mengatasi perut kembung. Selain itu jahe memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan pencernaan dan juga menambah nafsu makan. 

  2. Tanaman adas. Tanaman adas memiliki manfaat yang sangat banyak sekali untuk kesehatan dan pengobatan berbagai macam penyakit, hal tersebut tidak terlepas dari kandungan kimia yang dimilikinya. Cara penggunaannya dalah: Cukup mengunyah perlahan-lahan sejumlah biji adas atau rebus dengan air  selama kurang lebih 3-5 menit kemudian minum air rebusan tersebut. 

  3. Hindari mengunyah permen karet. Bagi anda yang gemar mengunyah permen karet sebaiknya berhati-hati karena permen karet dapat memicu perut ber gas karena mengandung bahan seperti sorbitol dan xylitol yang akan difermentasi oleh bakteri di dalam perut sehingga dapat memicu terjadinya perut kembung. Selain itu saat anda mengunyah permen karet ada banyak udara yang masuk ke dalam perut anda sehingga semakin memperbesar resiko untuk mengalami perut kembung. 

  4. Jaga kesehatan pencernaan anda. Pencernaan yang tidak sehat juga dapat memicu terjadinya perut kembung karena akan membuat makanan tidak  dapat dicerna dengan baik sehingga akan berpindah ke dalam usus besar yang akan membuat perut bergas. Untuk itu selalu perhatikan kesehatan pencernaan anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat. 

  5. Hindari stres. Ada banyak gangguan kesehatan dan penyakit yang dapat dipicu oleh stres, termasuk perut kembung. Ketika kita dalam keadaan stres maka kita akan menelan lebih banyak udara. Selain itu Stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan peningkatan asam klorida di dalam usus dan perut. Peningkatan asal lambung tersebut lah yang dapat memicu munculnya gas di dalam usus sehingga menyebabkan perut kembung. 

  6. Daun mint. Daun mint juga dapat digunkan untuk mengatasi perut kembung dengan cara: masukkan beberapa daun mint ke dalam air panas kemudian tunggu hingga menjadi lebih hangat dan minum dua kali sehari.  Cara alternatif anda dapat menambahkan dua tetes minyak dari daun mint ke dalam setangah cangkir air dingin kemudian minum seperti cara di atas. 

  7. Menggunakan Kunyit.  Kunyit dapat mengatasi berbagai macam masalah pencernaan seperti perut kembung dan mual. Cara mengatasi perut kembung dengan kunyit adalah: ambil 15-20 gram kunyit kemudian rebus dan ambil airnya untuk diminum dua kali sehari. 

  8. Menggunakan bawang putih. Seperti halnya kunyit bawang putih juga sangat efektif untuk mengatasi perut kembung. Bawang putih juga dikenal dapat merangsang panas lambung dalam perut sehingga dapat membantu untuk meringankan gas di perut. Anda dapat menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam bumbu masak anda untuk mengatasi perut kembung secara alami. 

  9. Cuka Sari Apel. Cuka sari apel merupakan salah satu obet alami untuk mengatasi berbagai macam masalah yang terkait dengan pencernaan termasuk perut kembung. Campur satu sendok makan cuka sari apel ke dalam 1 gelas air hangat kemudian minum perlahan-lahan sambil merasakan kehangatnnya cara tersebut cukup efektif untuk mengatasi masalah perut kembung. 

  10. Minum segelas air hangat. Ada cara yang lebih mudah untuk mengatasi perut kembung tanpa menggunakan obat yaitu dengan minum segelas air hangat. Air hangat sangat baik dikonsumsi terutama di pagi hari karena akan menghangatkan perut anda secara alami dan juga dapat mencegah perut kembung.
Untuk mengatasi perut kembung dianjurkan untuk menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan lebih kecil untuk menimbulkan efek samping berbahaya walaupun kadang memrlukan waktu dan tidak secara instan. Semoga info di atas bermanfaat.
loading...