Cara mengatasi sembelit dengan mudah

Cara mengatasi sembelit dengan mudah. Buang air besar setiap hari dapat menunjukkan bahwa kita memiliki sistem pencernaan yang sehat. Jika Anda mengalami masalah sembelit, berarti ada masalah di sistem pencernaan anda yang membutuhkan penanganan. Ada banyak faktor yang menyebabkan sembelit atau susah buang air besar, beberapa diantaranya adalah kurangnya asupan air putih, kurang berolahraga dan terlalu lama duduk. Hal ini juga diperparah dengan pola hidup yang tidak sehat dengan terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti daging, kue kering, dan juga gorengan. Untuk mengatasi sembelit
berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan:
Cara mengatasi sembelit
Gambar: Cara mengatasi sembelit
  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan usus secara keseluruhan. Bagi anda yang memiliki masalah dengan buang air besar sangat disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat seperti buah pisang, gandum, dan kentang. 

  2. Olahraga yang cukup. Berolahraga walau hanya sekedar jalan pagi dapat menyebabkan kontraksi otot di usus yang dapat membantu memperlancar proses pencernaan makanan sekaligus dapat mengatasi sembelit. 

  3. Mengkonsumsi buah dan sayur. Buah san sayur sangat baik untuk melancarkan buang air besar karena mengandung tinggi serat dan juga vitamin. Pilihlah buah yang mengandung tinggi air seperti semangka, buah jeruk dan juga buah naga yang dapat dengan mudah untuk dicerna oleh tubuh sehingga mampu mengatasi sembelit. 

  4. Banyak mengkonsumsi air putih. Bagi anda yang memiliki masalah dengan pencernaan biasanya disebabkan karena kurang memenuhi kebutuhan air setiap harinya, setidaknya kita membutuhkan 8 gelas air setiap hari agar organ-organ tubuh kita bisa bekerja dengan optimal. Apabila kebutuhan cairan dalam tubuh kita terpenuhi, maka akan mempermudah proses pencernaan dalam tubuh sekaligus membantu penyerapan nutrisi yang juga berfungsi untuk membentuk massa kotoran manusia. 

  5. Mengkonsumsi yogurt. Yogurt merupakan makanan sumber prebiotik alami yang dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus dan membantu memproduksi bakteri baik sehingga dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh dan membantu mengatasi sembelit. 

  6. Hindari duduk terlalu lama. Bagi anda yang memiliki masalah dengan buang air besar usahakan untuk tidak duduk terlalu lama, jika pekerjaan anda memang mengharuskan untuk duduk dalam waktu yang lama pastikan memenuhi kebutuhan olahraga anda. 

  7. Penuhi kebutuhan vitamin C. Kurangnya asupan vitamin C juga bisa menjadi pemicu munculnya sembelit, untuk itu cobalah memenuhi asupan vitamin C dengan banyak mengkonusmis buah-buahan seperti jeruk, strawberry dan juga buah kiwi. 

  8. Menggunakan Ramuan dari wortel. Wortel dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata karena mengandung tinggi vitamin A. Selain itu sayur yang satu ini juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi sembelit. Caranya parut dua batang wortel kemudian tambahkan 2 sendok makan air. Setelah itu Peras dan tambahkan sedikit garam kemudian minum secara rutin 2 kali sehari untuk membantu mengatasi sembelit.
loading...