Cara menurunkan demam secara alami

Cara menurunkan demam secara alami. Demam atau panas merupakan penyakit umum yang hampir semua orang pernah mengalamainya. Beberapa jenis demam tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan anda dan merupakan hal yang wajar sebagai proses tubuh anda melawan infeksi. akan tetapi walaupun demikian kebanyakan orang akan langsung mencari cara untuk menurnkan demam karena rasa tidak nyaman yang akan dialami saat demam.
Cara menurunkan demam
Gambar: Cara menurunkan demam
Demam secara alami adalah hasil dari respon sistem imun tubuh anda untuk melawan serangan dari luar berupa virus, bakteri, jamur, obat-obatan atau racun lainnya. Ada beberapa jenis demam yang pelru anda waspadai karena bisa jadi itu merupakan petanda penyakit berbahaya seperti demam berdarah, tipes, bahakan serangan flu mematikan seperti flu burung dan flu babi juga diawalai dari demam yang tinggi. Jadi untk itu anda harus segera memriksakan ke dokter saat demam anda mulai memasuki hari ketiga atau dengan suhu diatas 39o C.
  1. Mandi air hangat. Saat anak anda panas jangan memandikannya dengan air dingin, air dingin dapat membuatnya kaget sehingga membuat badan menjadi meriang dan juga menambah panas lebih tinggi sesaat setelah mandi atau malam harinya. Untuk itu cobalah dengan mandi dengan air hangat, air hangat akan membuat badan menjadi lebih ringan dan juga nyaman sehingga dapat membantu menurunkan panas. 

  2. Minum banyak air putih. Saat anak anda demam usahakan untuk menuruhnya banyak minum air putih, air putih akan membantu menurunkan demam walaupun mungkin dia akan sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. 

  3. Kompres dengan handuk. Untuk menurunkan demam anak hal yang biasa dilakukan orang tua adalah dengan mengkompresnya. Mengkompres anak dengan kain atau handuk yang dibasahkan akan membantu menurunkan demam anak dari luar, akan tetapi biasanya cara ini hanya bersifat sementara dan membutuhkan penanganan lain. 

  4. Menggunaka cuka sari apel. Dari dulu cuka sari apel sudah digunakan untuk menurunkan demam anak secara alami.  Cuka sari apel dapat dijadikan sebagai obat kompres pada anak dengan cara menambahkan beberapa tetes cuka sari apel ke dalam air untuk kompres demam. Selain itu cuka sari apel juga dapat ditambahkan pada air yang digunkan mandi anak anda untuk membantu menrunkan demam. 

  5. Menggunakan bawang putih. Hancurkan beberapa siung bawang putih segar kemudian Campurkan dengan sedikit  minyak zaitun atau minyak kelapa untuk diterapkan pada kaki anda. cara tersebut sebaiknya jangan anda terapkan pada buah hati anda karena panas dari campuran bahan tersebut dapat membakar kaki si kecil. Jadi ramuan ini mungkin hanya cocok untuk orang dewasa saja.
Demikian 5 langkah mudah untuk menurunkan panas yang bisa anda terapkan di rumah, jika panas tidak kunjung turun selama 3 hari maka anda harus memeriksakan ke dokter untuk melihat jika ada penyakit berbahaya sehingga dapat segera dilakukan penanganan. Semoga dapat membantu.
loading...