10 Buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C

Buah-buahan umumnya mengandung banyak vitamin yang sangat baik untuk kesehatan seperti vitamin C. Vitamin C itu sendiri merupakan salah satu nutrisi penting yang berperan dalam mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan seperti mencegah degenerasi makula, munculnya sel kanker serta membantu mengobati sariawan. Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menunjang kesehatan secara keseluruhan.
Buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C
Gambar: Buah yang mengandung vitamin C

Nah dalam artikel berikut saya akan menunjukkan beberapa jenis buah yang memiliki tinggi kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan terutama untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit.

10 Buah yang mengandung tinggi vitamin C
  1. Buah jeruk. Mengenai kandungan vitamin C dalam buah jeruk saya rasa sudah tidak diragukan lagi, buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Selain vitamin C buah jeruk juga kaya akan kandungan mineral seperti zat besi, dan kalium dimana keduanya merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Baca juga 10 manfaat buah jeruk untuk kesehatan 

  2. Buah strawberry. Buah yang menjadi favorit banyak orang di duania ini memang sangat terkenal karena kandungan vitamin C yang dimilikinya. satu porsi buah strawberry sudah dapat memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan vitamin C harian Anda. 

  3. Buah kiwi. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi bahkan melebihi buah jeruk. Selain vitamin C keuntungan lain yang bisa anda dapatkan saat makan buah yang satu ini adalah kiwi mengandung tinggi flavonoid dan kalium seperti halnya buah pisang. Pada sebuah Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C memiliki saluran pernapasan yang lebih kuat dibandingkan mereka yang tidak mendapatkan cukup vitamin C. 

  4. Buah tomat. Buah tomat merupakan sumber terbaik vitamin C. Mengkonsumsi buah tomat secara teratur dapat membantu anda memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda. Dalam satu porsi buah tomat segar (sekitar 100 gram) mengandung lebih dari 100 mg vitamin C. Jumlah tersebut sudah melebihi dari kebutuhan Vitamin C yang direkomendasikan, yang itu artinya setidaknya anda membutuhkan sekitar 60 g buah tomat perhari. 

  5. Jambu biji. Saat anda tau kandungan vitamin C yang dimiliki jambu biji mungkin anda akan sedikit terkejut, buah yang memiliki warna terang ini memiliki kandungan vitmain C empat kali lipat lebih banyak dari pada buah jeruk. Dalam satu buah jambu biji ukuran besar anda akan mendapatkan sekitar 250 mg vitamin C, jumlah tersebut memenuhi dua kali lipat kebutuhan vitamin C harian anda. 

  6. Buah nanas. Manfaat buah nanas untuk kesehatan sangat banyak sekali, hal itu tidak terlepas dari kandungan vitamin C yang dimilikinya. Dalam satu cangkirnya mengandung 78 mg Vitamin C. Buah ini juga memiliki tinggi serat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda. 

  7. Buah melon. Melon merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi sangat lengkap. Dalam buah melon terkandung nutrisi penting seperti Vitamin C, Vitamin A, kalium, magnesium, Vitamin B1, B3, B6 dan folat. Buah melon juga memiliki rendah lemak sehingga aman dikonsumsi orang yang memiliki kelebihan berat badan. Selain itu bagi para ibu hamil juga sangat baik mengkonsumsi buah yang satu ini karena memiliki kandungan folat yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Untuk tau lebih banyak mengenai manfaat buah melon anda bisa membaca artikel yang berjudul 7 Manfaat buah melon untuk kesehatan. 

  8. Buah pepaya. umumnya orang mengenal buah pepaya merupakan sumber vitamin A saja, akan tetapi banyak yang tidak mengetahui jika buah yang satu ini juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Satu porsi buah pepaya bahkan sudah dapat memenuhi 100 % kebutuhan vitamin C harian anda. 

  9. Buah Markisa. Buah yang satu ini memang sangat lezat jika dibuat jus apalagi saat cuaca sedang panas. 1 buah markisa ukuran sedang sudah mampu memberikan 50% dari kebutuhan vitamin C bagi tubuh anda. buah markisa juga diperkaya dengan zat besi yang sangat baik untuk penderita anemia. 

  10. Buah sirsak. Rasa asam yang dimiliki buah sirsak sudah dapat menunjukkan tingginya kandungan vitamin C yang dimilikinya. Buah sirsak mengandung vitamin C sekitar 20 mg per 100g buahnya. Vitamin C ini dapat berperan sebagai agen anti-penuaan sehingga membuat anda tetap terlihat awet muda.
loading...