10 cara mengatasi nyeri saat haid

10 cara mengatasi nyeri saat haid yang cukup efektif . Nyeri saat haid sering dialami oleh banyak wanita di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Rasa nyeri saat haid ini biasanya sangat mengganggu aktifitas bagi kebanyakan wanita dan juga tidak jarang dapat mengubah mood seseorang. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi nyeri saat haid tanpa menggunakan obat-obatan yang pastinya aman untuk anda terapkan. Berikut 10 cara mengatasi nyeri haid yang efektif:
10 cara mengatasi nyeri saat haid
Gambar: Cara mengatasi nyeri saat haid
  1. Penuhi kebutuhan vitamin E dan juga omega 3. Dalam beberapa studi berhasil mengungkap bahwa konsumsi makanan ataupun suplemen vitamin E dan juga asam lemak omega 3 dapat mengurangi rasa nyeri saat haid. Ada beberapa makanan yang menjadi pilihan terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan kedua nutrisi tersebut diantaranya, buah alpukat, minyak zaitun, sayur bayam, kacang almound dan brokoli. 

  2. Banyak konsumsi air putih. Air merupakan sumber kehidupan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, air dapat melancarkan peredaran darah, mengelaurkan racun dari dalam tubuh dan juga membantu mengatasi nyeri saat haid. Hal tersebut dikarenakan banyak minum air akan mencegah dehidrasi yang dapat mengakibatkan nyeri saat haid. 

  3. Menempatkan botol air panas ke perut anda. Menempatkan botol panas pada bagian perut anda juga dapat membantu mengatasi nyeri saat haid, Hal ini dikarenakan botol yang berisi air hangat tersebut akan membantu merileksasi otot-otot Anda. Selain itu menggunakan selimut hangat juga dapat  membantu meringankan nyeri pada waktu haid. 

  4. Hindari kopi dan minuman berkafein tinggi lainnya. Beberapa minuman seperti kopi sangat tidak dianjurkan untuk banyak dikonsumsi oleh wanita khususnya pada waktu sedang haid. Jadi untuk itu hindari beberapa minuman seperti, teh, kopi dan juga minuman bersoda secara berlebihan. 

  5. Managemen stres. Saat anda mengalami stres maka akan menambah parah rasa nyeri saat haid. Untuk itu managemen stres sangat penting dilakukan saat anda dalam keadaan haid. Jadi untuk itu lakukanlah aktifitas yang menyenangkan seperti jalan-jalan dengan keluarga atau bersepeda santai di pagi hari untuk menghilangkan stres. 

  6. Penuhi kebutuhan kalsium anda. Makanan dan minuman seperti susu, telur dan juga keju yang kaya akan kandungan kalsium diketahui dapat mengatasi nyeri saat haid dengan cukup efektif. Kalsium dapat membantu mengurangi kram otot saat menstruasi. The Mayo Clinic merekomendasikan bagi para wanita berusia 19-50 tahun untuk mencukupi sekitar 1.000 mg kalsium perhari. 

  7. Minum ramuan kunyit. Kunyit dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga pengobatan berbagai macam penyakit. Kunyit membantu proses metabolisme tubuh, sehingga dapat melancarkan peredaran darah, membuang lemak dan membuat oksigen segar mudah mengalir di dalam tubuh sehingga dapat mengatasi nyeri saat haid. Selain itu kandungan kurkumin dalam kunyit dapat membantu mengurangi beberapa gejala rheumatoid arthritis. Disebutkan juga bahwa kunyit cukup efektif untuk mengobati Diare Penyakit kuning, Hepatitis, masalah Hati, dan kantong empedu. 

  8. Konsumsi jahe. Jahe dapat anda jadikan sebagai bahan untuk mengatasi nyeri pada waktu haid dengan cukup efektif. Menurut University of Maryland Medical Center, Jahe dipercaya dapat membantu mengatasi flu, sakit kepala, dan juga nyeri saat haid. Caranya adalah: 1 jahe berukuran sedang, tambahkan ke dalam air panas, kemudian minum padi dan sore untuk menghilangkan kram saat menstruasi. Selain itu, rempah-rempah juga menyediakan sumber yang sangat baik dari serat makanan, kalsium, dan zat besi, serta mangan, yang juga dapat membantu meringankan nyeri saat haid. 

  9. Pijat rileksasi. Pijatan lembut dapat anda coba untuk mengurangi rasa nyeri akibat haid pijat refleksi  berfungsi untuk menenangkan sistem saraf dan melancarkan aliran darah. Selain terapi pijat ada beberapa cara seperti  akupresur dan akupuntur yang dapat membantu menyingkirkan kram saat haid. 

  10. Jaga pola makan anda. Mengataur pola makan dengan banyak  mengkonsumsi Sayuran hijau seperti bayam, makanan yang mengandung tinggi magnesium merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi nyeri saat haid. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengalami kram saat menstruasi sering diakibatkan karena kekurangan asupan magnesium.
Di atas merupakan cara mengatasi nyeri saat haid dengan bahan alami dan juga cara yang relatif mudah anda terapkan di rumah, jika menggunakan cara tersebut tidak membantu dalam mengurangi rasa nyeri, makan anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.
loading...