10 Cara mengecilkan pori-pori kulit wajah

Cara mengecilkan pori-pori kulit wajah dengan bahan alami. Pori-pori merupakan salah satu bagian terpenting dari kulit anda, sayangnya banyak dari kita yang kurang memperhatikan kesehatannya. Padahal, sehat atau tidaknya kulit bisa dilihat dari pori-pori tersebut. Pori-pori merupakan tempat bagi kulit untuk bernapas dan memproduksi minyak yang berfungsi menjaga kelembaban kulit secara alami. Selain itu, fungsi pori-pori untuk memperlihatkan tanda-tanda penuaan. Bila pori-pori kulit Anda membesar, artinya kulit mulai mengalami penuaan.
Cara mengecilkan pori-pori kulit wajah
Gambar: Cara mengecilkan pori-pori kulit wajah
Sedikit sulit memang mengecilkan pori-pori besar pada kulit, akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena ada banyak bahan-bahan alami yang diketahui cukup efektif untuk mengecilkan pori-pori.

10 Cara mengecilkan pori-pori kulit wajah
  1. Putih telur. telur merupakan bahan alami untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah dengan mudah. Selain untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah anda, putih telur juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya: pisahakan terlebih dahulu putih telur dari kuningnya. Kocok selama 1 menit dan aplikasikan ke seluruh kulit wajah anda hingga merata. Diamkan selama 20-30 menit kemudian cuci wajah anda sampai bersih. 

  2. Masker Madu. Madu sudah sering digunakan untuk berbagai macam perawatan wajah dan kecantikan karena kandungan nutrisinya yang sangat lengkap. Madu sering digunakan untuk melembabkan kulit, mengatasi kulit berminyak sampai meluruskan rambut keriting secara alami. Cara penggunaan madu pun juga cukup mudah, caranya ambil dua sendok madu murni kemudian terapkan pada seluruh kulit wajah anda dengan menggunakan kuas. Biarkan selama 30 menit untuk membuatnya meresap. Setelah itu lap wajah anda dengan handuk basah untuk menghilangkan bekas madu. 

  3. Cuka sari apel. Cara mengecilkan pori-pori kulit wajah dengan cuka sari apel adalah: ambil 1/3 gelas air matang kemudian tambahkan 1 sendok cuka sari apel. Oleskan pada kulit wajah anda dan diamkan selama 20 menit. Cara tersebut akan membantu anda mengecilkan pori-pori kulit  sekaligus membuatnya lebih sehat alami. 

  4. Pasta Tomat. Selain sebagai pelengkap bumbu dapur tomat juga diketahui cukup efektif dalam mengecilkan pori-pori kulit wajah. Hancurkan dua buah tomat yang sudah masak hingga menyerupai pasta, setelah itu balurkan pada kulit wajah anda sampai merata. Tunggu selama beberapa menit setelah itu basuh muka anda dengan air bersih. Tomat juga bekerja untuk mengatasi kulit kering serta menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit wajah. 

  5. Masker pepaya. Hampir semua dari kita mengenal buah yang satu ini bukan? Buah yang memiliki tinggi kandungan vitamin A ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama untuk mata. Selain bermanfaat untuk kesehatan buah pepaya juga mampu mengecilkan pori-pori kulit dengan alami. Cara pembuatnnya cukup mudah, blender 2 potong buah pepaya hingga halus, kemudian terapkan pada wajah anda. Diamkan beberapa menit untuk mendapatkan hasil maksimal. Cara ini dapat meremajakan kulit wajah anda sehingga membuatnya menjadi lebih kenyal dan sehat. 

  6. Menggunakan baking soda. Sekarang baking soda bukan hanya digunakan sebagai bahan tambahan membuat kue saja, melainkan juga untuk perawatan wajah. Penggunaan baking soda diketahui cukup efektif untuk mengecilkan pori-pori kulit serta membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Bersihkan wajah anda terlebih dahulu, kemudian masukkan satu sdt baking soda ke dalam satu gelas air. Gunakan air tersebut untuk membasuh wajah anda dan diamkan sampai mengering. 

  7. Memakai Yogurt. Yogurt merupakan pembersih alami yang membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah. Yogurt memiliki kandungan asam laktat yang dapat melarutkan kotoran dalam pori-pori sekaligus mengencangkan kulit wajah. Cara pemakaiannya: ambil satu sendok makan yogurt, oleskan pada wajah Anda. Biarkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan handuk basah sebelum membilasnya dengan air bersih. Yogurt juga akan mengurangi garis-garis halus pada wajah sekaligus mencegah keriput. 

  8. Menghilangkan komedo. Komedo selain sangat mengganggu juga dapat memicu besarnya pori-pori pada kulit wajah anda sehingga perlu untuk menghilangkannya. Untuk menghilangkan komedo anda dapat membaca artikel yang berjudul 15 cara menghilangkan komedo yang efektif. 

  9. Jus lemon dan nanas. Lemon dan jus nanas mengandung enzim alami yang dapat mengencangkan kulit wajah sekaligus membuatnya terlihat lebih cerah bersinar. Sedangkan lemon memiliki kemampuan untuk membersihkan dan mengecilkan tampilan pori-pori. Jadi campuran dari keduanya merupakan bahan yang sangat sempurna untuk perawatan kulit anda. 

  10. Oatmeal. Menggunakan oatmeal sangat bagus untuk pengelupasan sel-sel kulit mati yang dapat membuat pori-pori kulit menjadi terbuka sehingga terlihat lebih besar. Oatmeal juga cukup aman bagi anda yang memiliki kulit sensitif karena tidak akan memberikan efek samping.
Selalu menjaga kesehatan kulit juga merupakan hal yang sangat penting untuk mencegahnya dari penuaan yang ditandai dengan membesarnya pori-pori pada kulit. Semoga informasi mengenai tips dan cara mengecilkan pori-pori kulit wajah anda di atas bermanfaat.
loading...