10 Cara menghilangkan ketombe dengan efektif

10 Cara menghilangkan Ketombe dengan efektif yang bisa anda terapkan di rumah. merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Ketombe biasanya akan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman pada kulit kepala sehingga membuat kita tidak nyaman. Selain itu ketombe juga dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang karena pastinya akan mengganggu penampilan terutama jika kita memakai baju warna hitam. Nah berikut ada beberapa tips sederhana untuk menghilangkan ketombe.
Cara menghilangkan ketombe
Gambar: Cara menghilangkan ketombe
10 Cara menghilangkan ketombe dengan efektif
  1. Tanaman lidah buaya. Nah tanaman lidah buaya ini memang sudah tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat untuk perawatan rambut seperti mengatasi rambut rontok, rambut bercabang dan juga masalah kesehatan rambut lainnya. Cara penggunaan lidah buaya pada rambut itu sendiri juga cukup mudah yaitu dengan cara menerapkan gel dari tanaman lidah buaya ke ujung rambut samapi kulit kepala setelah selesai bilas dengan air sampai bersih. Baca juga cara mengatasi rambut bercabang.

  2. Cuka sari apel. Cuka sari apel merupakan bahan alami yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan ketombe, selain kegunaannya sebagai bahan pengusir ketombe cuka sari apel juga diketahui cukup efektif untuk mengobati sariawan, rambut rontok dan juga mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Cara penggunaan:  Campurkan beberapa tetes cuka sari apel dengan air putih dengan perbandingan yang sama kemudian terapkan pada kulit kepala secara merata. Bilas dengan air bersih atau lakukan keramas seperti biasa. 

  3. Minyak zaitun. Minyak zaitu adalah salah satu bahan perawatan yang sempurna bagi tubuh anda. Selain dapat mengobati berbagai macam penyakit berbaha minyak zaitun juga cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe. Caranya: ambil beberapa sendok minyak zaitun, pijatkan minyak zaitun tadi ke kulit kepala anda kemudian bungkus kepala anda dengan handuk hangat selama kurang lebih setengah jam, setelah itu bilas sampai bersih. 

  4. Bawang merah. Banyak yang mengira bahwa bawang merah hanya sebagai bumbu dapur untuk pelengkap makanan saja, akan tetapi anda jangan salah bawang merah ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya:  haluskan bawang merah hingga menyerupai pasta kemudian Oleskan pasta bawang merah tadi ke kulit kepala anda hingga merata. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Untuk menghilangkan bau dari bawang merah yang mungkin bagi beberapa orang tidak menyukainya anda dapat menambahkan jus lemon. 

  5. Minyak pohon teh. Minyak dari pohon teh merupakan obat alami untuk menghilangkan ketombe. Minyak pohon teh diketahui memiliki sifat antiseptik dan antibiotik yang membuatnya membantu menghilangkan ketombe dengan cukup efektif . cara penerapannya: oleskan minyak pohon teh ke seluruh bagian kulit kepala kemudian lakukan kermas seperti biasa. 

  6. Putih telur. Telur dapat berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut kering dan membuatnya lebih sehat bersinar. Kocok dua butir telur kemudian terapkan pada rambutdan kulit kepala anda untuk menghilangkan ketombe. Mungkin cara ini akan sedikit membuat anda tidak nyaman karena baunya yang kurang enak, akan tetapi cara tersebut diketahui cukup efektif untuk membantu menyehatkan kulit kepala sekaligus mengusir ketombe. 

  7. Minyak jarak. Selain minyak zaitun minyak jarak ternyata juga dapat menghilangkan ketombe, kulit kepala kering dan gatal. Minyak jarak memiliki sifat antijamur dan antibakteri sehingga cukup efektif dalam mengobati infeksi pada kulit kepala anda. minyak jarak juga kaya akan kandungan nutrisi penting seperti asam amino, asam lemak omega-6 dan vitamin E. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya lembab alami, mencegah kulit kepala bersisik, gatal sekaligus membantu menghilangkan ketombe. 

  8. Minyak kelapa dan jus lemon. Jus Lemon diketahui mengandung sifat antijamur yang memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe. Senada dengan jus lemon minyak kelapa juga dapat mengatasi ketombe karena mengandung berbagai macam nutrisi penting dan juga memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antibiotik alami. 

  9. Jeruk nipis. Bahan untuk menghilangkan ketombe yang selanjutnya adalah Jeruk nipis, caranya adalah: belah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian peras dan terapkan pada kulit kepala anda, diamkan selama 20 menit kemudian bersihkan dengan cara keramas seperti biasa. 

  10. Baking Soda. Baking soda dapat membersihkan serpihan kulit kepala yang mengelupas akibat ketombe. Caranya: Tambahkan 1 sdt. baking soda ke beberapa sampo untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala dan juga pada helai rambut anda.
Selain cara menghilangkan ketombe di atas ada baiknya anda juga memperhatikan beberapa tips berikut untuk mencegah ketombe.
  • Selalu jaga kebersihan kulit kepala anda dengan cara mencuci rambut anda dengan teratur, selain itu anda juga perlu mengenali jenis kulit kepala anda untuk memilih shampo yang tepat agar tidak memicu ketombe. 

  • Hindarkan rambut anda terlalu lama terkena sinar UV, biasanya bagi anda yang sering beraktifitas di luar rumah dan mengharuskan rambut anda lebih lama terkena  sinar matahari akan memiliki resiko yang lebih untuk mengalami ketombe. Jadi untuk itu jika tidak dalam kondisi terpaksa usahakan agar tidak keluar rumah khususnya sekitar jam 11.00 ke atas. 

  • Hindari stres. Stres juga dapat memicu ketombe jadi untuk itu usahakan agar pikiran anda tetap rileks untuk mencegah ketombe. 

  • Perhatikan frekuensi keramas anda. terlalu sering ataupun terlalu lama rentan waktu anda keramas juga dapat memicu terjadinya ketombe, jadi untuk itu usahakan anda keramas sekitar 2 hari sekali.
Nah,,demikian beberapa cara menghilangkan ketombe yang bisa anda coba sendiri di rumah, cara yang alami biasanya akan membutuhkan waktu akan tetapi hasilnya cukup efektif.
loading...