Thursday, July 17, 2014

10 cara mengobati sariawan yang efektif

10 cara mengobati sariawan yang efektif dan cepat. Sariawan merupakan salah satu penyakit yang sebenarnya tergolong ringan akan tetapi menimbulkan rasa perih yang sangat menyiksa. Sariawan ditandai dengan munculnya bercak putih pada daerah sekitar mulut dan gusi yang dibarengi dengan rasa sakit dan kurang nyaman saat kita melakukan aktifitas seperti makan dan menggosok gigi, rasa perih ini akan semakin menjadi-jadi saat kita mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak.
Gambar: cara mengobati sariawan
Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sariawan, mulai dari kurangnya asupan vitamin C dan kelalaian kita dalam menjaga kebersihan mulut. selain itu  Sariawan juga dapat dipicu  akibat dari sistem kekebalan tubuh kita yang lemah sehingga tidak dapat melawan bakteri, hal ini juga diperparah dengan konsumsi makanan pedas dan juga berminyak yang tidak diimbangi dengan pemenuhan nutirisi seperti buah dan sayur yang mengandung tinggi vitamin dan juga mineral.  Berikut beberapa cara mengobati sariawan yang bisa anda terapkan:
  1. Kecap. Kecap dapat anda jadikan sebagai bahan alami untuk mengobati sariawan dengan cepat dan aman, penggunaan kecap ini mungkin akan menimbulkan rasa perih akan tetapi proses penyembuhannya cukup cepat dan juga efektif. Caranya anda cukup mengoleskan kecap manis pada bagian bibir yang mengalami sariawan kemudian diamkan sebentar. 

  2. Menggunakan Cuka apel. Cuka sari apel dapat dijadikan sebagai antiseptik alami yang dapat membunuh kuman dan bakteri di mulut anda sehingga dapat mengobati sariawan. Caranya adalah campur 1 /2 cangkir air hangat dengan 1 sendok cuka sari epel kemudian  gunakan untuk berkumur kira-kira 3 kali sehari. 

  3. Baking Soda. Baking soda merupakan obat yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan penyakit terutama yang berkaitan dengan serangan bakteri. Baking soda memiliki sifat antibakteri sehingga dapat digunakan untuk mengobati sariawan pada bayi ataupun orang dewasa. Cara pemakaiannya adalah: Campur setengah gelas air dengan 1 sendok teh baking soda kemudian oleskan  pada mulut anda dan daerah sekitar seperti lidah dan gusi. 

  4. Jus lemon. Minum segelas jus lemon juga dapat membantu anda mengobati sariawan, lemon mengandung tinggi vitamin C sehingga cukup ampuh dijadikan obat untuk sariawan. 

  5. Mengobati sariawan dengan bawang putih. Bawang putih diketahui memiliki sifat antijamur yang dapat membantu membunuh jamur di mulut anda. Menkonsumsi bawang putih secara langsung atau menambahkannya dalam bumbu masakan dapat mengobati  sariawan dengan cepat . Selain itu, bawang putih  dapat membantu menyembuhkan bercak putih yang terdapat dalam mulut anda pada saat saat sariawan. 

  6. Air garam. Menggunakan air garam sebagai obat kumur juga cukup efektif untuk mengobati sariawan dengan cepat, Berkumur dengan air garam dapat membunuh bakteri pada mulut anda sekaligus menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. penggunaan air garam pada sariawan mungkin akan menimbulkan rasa perih seperti halnya kecap dan lemon akan tetapi proses penyembuhannya biasanya lebih cepat. 

  7. Susu hangat dan minyak jarak. Anda dapat menambahkan satu sendok makan minyak jarak ke dalam segelas susu hangat untuk menjaga bibir tetap lembab alami yang secara perlahan akan membantu anda mengobati sariawan, hal tersebut bisa anda gunakan sebagai cara alternatif untuk menghilangkan rasa sakit akibat sariawan. 

  8. Ekstrak biji anggur. Ekstrak dari biji anggur mengandung senyawa yang memiliki sifat antimikroba untuk membunuh jamur,  bakteri penyebab infeksi, parasit dan juga virus. Cara mengobati sariawan dengan ekstrak biji anggur adalah : campur 10 sampai 12 tetes ekstrak biji anggur dengan 30 ml air kemudian terapkan pada bagian mulut anda yang mengalami luka akibat sariawan. 

  9. Mengobati sariawan dengan Madu. Madu seacara alami merupakan antibakteri yang sangat baik, madu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan virus dan bakteri, penggunaan madu pada luka dapat mencegahnya dari infeksi. Minum dua sendok madu secara langsung atau mengoleskannya pada daerah mulut dan sekitarnya dapat membantu anda mengobati sariawan. 

  10. Propolis. Propolis dikenal sebagai antibakteri, antivirus dan juga antimikroba terkuat, propolis mengandung Bioflavonoid yang juga bekerja sebagai antibiotik alami yang dapat mengahacurkan bakteri, jamur dan membersihkan virus dari dalam tubuh. Campur ¼ gelas air hangat dengan 3 tetes propolis kemudian oleskan pada bagian yang terkena sariawan. Kemampuan anti bakteri dan antijamur yang dimiliki propolis dengan cepat akan membantu mengobati sariawan.
Melakukan pencegahan sangat penting dilakukan mengingat serangan sariawan ini akan sering muncul saat anda lalai dalam menjaga kesehatan dan memperhatikan kebersihan daerah mulut anda. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah sariawan muncul kembali
  • Kurangi asupan gula anda karena gula merupakan salah satu makanan ideal untuk jamur sehingga akan dengan mudah memicu munculnya sariawan, untuk itu sebaiknya anda harus mengurangi asupan makanan seperti permen donat dan es krim. 

  • Selain makanan manis makanan pedas dan berminyak juga sebaiknya perlu anda waspadai, saat cuaca panas makanan berminyak dan bersantan akan dengan mudah memicu munculnya sariawan. 

  • Selain mengobati sariawan anda juga harus melakukan pencegahan dengan cara memenuhi nutrisi tubuh anda dengan buah dan sayur yang kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh,

  • Penuhi kebutuhan vitamin C anda, vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan dalam tubuh kita, vitamin C dapat mencegah terjadinya sariawan dan membantu memperkuat sistem imun kita sehingga tidak mudah terserang penyakit.
Demikian beberapa cara mengobati sariawan yang bisa anda lakukan, beberapa cara tersebut mungkin membutuhkan waktu tapi ada juga yang cepat langsung bereaksi, itu juga tergantung dari kemampuan sisitem imun dalam tubuh anda.
loading...