Thursday, July 24, 2014

10 Manfaat buah jeruk untuk kesehatan

Anda suka makan buah jeruk? Buah yang memiliki rasa manis ini memang sudah menjadi favorit banyak orang di dunia hal tersebut tidak terlepas dari manfaat buah jeruk yang sangat banyak untuk kesehatan. Untuk memastikan anda mendapatkan manfaat dari buah jeruk pastikan anda memilih jeruk yang masih segar sehingga nutrisi yang dikandungnya masih terjaga dengan baik.
Manfaat buah jeruk untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah jeruk

10 manfaat buah jeruk untuk kesehatan
  1. Sumber vitamin C. Sudah tidak asing lagi bagi kita jika buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik sehingga buah yang satu ini dapat mengobati sariawan dan masalah kekurangan vitamin C lainnya. 

  2. Baik untuk pencernaan. Buah Jeruk membantu perut Anda merangsang cairan pencernaan sehingga mempermudah BAB. mengkonsumsi 25-35 gram serat setiap hari dapat membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat dan makan buah buah jeruk akan membantu anda memenuhi kebutuhan serat harian tersebut. 

  3. Menurunkan kolesterol. Buah jeruk diperkaya dengan kandungan flavonoid yang dapat menurunkan kolesterol dalam darah. bagi anda yang ingin menurunkan kolesterol jangan ragu untuk makan setidaknya 1 buah jeruk setiap harinya. 

  4. Mencegah kanker. Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa buah jeruk cukup efektif dalam mencegah beberapa jenis kanker. Buah jeruk memiliki kandungan limonene yang mampu melawan beberapa jenis kanker seperti  kanker kulit, kanker payudara, kanker mulut, kanker usus besar dan kanker paru-paru. Selain itu, kehadiran vitamin C sebagai antioksidan juga berperan penting untuk menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kanker. 

  5. Menjaga kesehatan jantung. Buah jeruk mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung  seperti kalium, mineral, elektrolit yang bertanggung jawab dalam membantu fungsi jantung untuk bekerja dengan baik. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kalium sangat penting untuk menstabilkan irama jantung. 

  6. Mencegah anemia. Buah jeruk mengandung tinggi zat besi yang dapat mencegah  anemia atau kekurangan sel darah merah.  Kandungan vitamin C dalam buah jeruk juga memiliki peran penting dalam penyerapan zat besi ke dalam aliran darah.  maka dari itu bagi anda yang memiliki anemia tidak ada salahnya makan 1 buah jeruk setiap hari secara rutin. 

  7. Baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C dalam buah jeruk selain dapat memutihkan kulit secara alami juga membantu  menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan pada kulit. Minum 1 gelas jus jeruk bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin mendapatkan kulit sehat bersinar. 

  8. Menyediakan energi. Gula alami yang dimiliki buah Jeruk akan menyediakan pasokan energi untuk anda. walaupun buah yang satu ini memiliki kandungan gula tapi tidak akan menyebabkan naiknya berat badan anda karena buah jeruk hanya memiliki indeks glikemik dari 40-55 yang dianggap masih cukup rendah.  Walaupun demikian anda tetap tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan karena akan berefek tidak baik juga bagi kesehatan. 

  9. Buah jeruk sebagai detoksifikasi. Jus jeruk  dapat menjadi  antiseptik yang dapat membersihkan darah dari racun luar, Sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan nafsu makan. 

  10. Memiliki kandungan vitamin B6. Vitamin B6 memiliki banyak fungsi di dalam tubuh kita diantaranya membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, membantu memproduksi bahan kimia penting seperti hormon Serotonin yang memperbaiki suasana hati sekaligus meningkatkan sistem saraf yang sehat.
Banyaknya Manfaat buah jeruk untuk kesehatan di atas tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Jadi jangan ragu untuk makan buah jeruk secara rutin.
loading...