10 manfaat buah nanas untuk kesehatan

10 manfaat buah nanas untuk kesehatan yang sangat mengagumkan. Buah nanas merupakan salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang karena memiliki rasa manis dan menyegarkan. Buah nanas segar memiliki jumlah vitamin, enzim dan mineral yang tepat untuk membantu anda menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Ada banyak manfaat yang anda dapatkan saat mengkonsumsi buah nanas diantaranya adalah, mampu mengatasi sembelit, gangguan pencernaan, radang sendi dan sinusitis. Untuk tau lebih banyak mengenai manfaat buah nanas mari kita simak:
manfaat buah nanas untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah nanas
 10 Manfaat buah nanas untuk kesehatan
  1. Mengatasi mual saat hamil. Buah nanas dapat anda jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi mual saat hamil atau yang biasa dikenal dengan morning sickness. Selain itu buah nanas juga cukup efektif untuk membantu anda mengatasi mabuk kendaraan, jadi anda dapat membawa beberapa potong buah nanas saat bepergian untuk mencegah mual. 

  2. Bermanfaat untuk Mengatasi flu. Sudah kita ketahui bersama bahwa buah nanas kaya akan kandungan vitamin C yang berperan melawan virus yang menjadi penyebab flu. Buah nanas jika dikonsumsi secara teratur dengan porsi yang pas juga dapat mencegah flu dan mampu memperkuat sistem imun anda sehingga tidak mudah terserang penyakit.  

  3. Pencernaan yang sehat. Nanas dapat menetralkan cairan dalam lambung sehingga sangat membantu dalam proses pencernaan. Selain itu, karena kandungan bromelain yang dimilikinya membuatnya menjadi lebih mudah mencerna protein yang biasanya membutuhkan waktu cukup lama. Walaupun buah nanas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bagi para ibu hamil sebaiknya menghindari buah yang satu ini karena diketahui tidak baik dikonsumsi selama masa kehamilan. 

  4. Meringankan nyeri sendi. Buah nanas memiliki efek anti-inflamasi sehingga dapat meredakan nyeri sendi dengan perlahan. Buah nanas diketahui juga mampu mengurangi sakit akibat asam urat sehingga buah ini baik dikonsumsi bagi penderita asam urat. 

  5. Sumber antioksidan alami. Buah nanas memiliki tinggi kandungan vitamin C yang menjadi antioksidan untuk melawan penyakit berbahaya seperti kanker. Bagi anda yang hidup di daerah kota besar yang mau tidak mau harus menghirup polusi secara terus menerus sehingga akan memperbesar resiko terkena penyakit kanker. Mengkonsumsi buah nanas menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membantu anda memperkecil resiko terkena kanker karena dapat melawan efek buruk dari radikal bebas tersebut. 

  6. Sumber energi. Bagi anda yang memiliki aktivitas fisik yang padat di luar rumah tidak ada salahnya memasukkan buah nanas sebagai salah satu menu harian anda, pasalnya buah yang satu ini kaya akan kandungan tiamin dan vitamin B6 yang mampu mengubah karbohidrat menjadi energi. Jadi bisa dikatakan buah nanas merupakan bahan bakar yang baik untuk tubuh anda. 

  7. Baik untuk penderita hipertensi. Buah nanas menjadi salah satu menu pilihan yang sangat baik bagi para penderita tekanan darah tinggi karena mengandung kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah bagi si penderita. Dalam Secangkir jus nanas mengandung sekitar 1 miligram natrium dan 195 miligram kalium. Sehingga sangat disarankan bagi para penderita hipertensi untuk minum jus nanas secara teratur. Selain dibuat jus buah nanas juga bisa dikonsumsi secara langsung dengan manfaat yang sama. 

  8. Baik untuk kesehatan mata. Kandungan  vitamin A dalam buah nanas sangat baik untuk mata anda. mengkonsumsi vitamin A dalam jumlah sedang memiliki manfaat untuk mencegah munculnya masalah pada penglihatan anda. mengkonsumsi buah nanas secara teratur diketahui juga mampu memperkecil resiko mengalami degenerasi makula sekitar 36 persen. Degenerasi makula sendiri merupakan penyakit yang menjadi penyebab utama kebutaan pada orang dewasa yang disebabkan oleh kerusakan pada retina mata. 

  9. Baik untuk kesehatan kulit anda. Buah Nanas mengandung enzim yang bermanfaat untuk menjaga keelastisitasan kulit,  meningkatkan kelembaban  kulit secara alami, dan mengangkat sel-sel kulit mati. Enzim dalam buah nanas juga dapat menghilangkan flek hitam di wajah sehingga membuatnya lebih bersih. 

  10. Menurunkan berat badan. Bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan ada baiknya mencoba segelas jus nanas untuk membantu menurunkan berat badan. Walaupun buah yang satu ini memiliki rasa manis tapi anda tidak perlu khawatir karena rasa manis yang dihasilkan merupakan gula alami yang tidak menyebabkan kegemukan. Buah ini juga membuat anda tetap merasa kenyang sehingga dapat mengurangi kebiasaan ngemil.
10 manfaat buah nanas bagi kesehatan di atas mungkin hanya sebagian kecil dari manfaat yang dimiliki oleh buah yang lezat ini. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah nanas karena anda akan mendapatkan manfaat yang banyak darinya selama anda tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.
loading...