11 Cara mengatasi flu yang efektif

Cara mengatasi flu yang efektif dengan mudah. influenza, atau yang biasa dikenal dengan flu , merupakan penyakit menular yang memiliki Gejala seperti menggigil, demam, pilek, sakit tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, dan batuk. Influenza dapat ditularkan melalui udara oleh batuk atau bersin sehingga menciptakan aerosol yang mengandung virus. Flu sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya akan tetapi pastinya cukup mengganggu karena biasanya dibarengi dengan hidung tersumbat yang sangat tidak nyaman terutama pada saat tidur.
Cara mengatasi flu
Gambar: Cara mengatasi flu
11 cara mengatasi flu yang efektif
  1. Air garam. Air garam dapat memecah hidung tersumbat dan juga menghilangkan partikel virus dan bakteri yang terdapat pada hidung Anda. cara menggunakan air garam untuk mengatasi flu adalah: Ambil 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh soda bikarbonat dan campur dengan setengah liter air hangat. Gunakan semprotan untuk menyemprotkan air tersebut ke dalam lubang hidung anda , tutup lubang hidung yang satunya saat anda menyemprotkan air tersebut, setelah itu biarkan air tersebut keluar. Kemudian lakukan hal yang sama pada lubang hidung yang sebelahnya dengan cara yang sama seperti tadi. 

  2. Madu. Madu dapat anda jadikan sebagai obat untuk mengatasi flu secara alami dengan mudah dan aman. Madu mengandung berbagai macam vitamin dan juga mineral yang dapat menjaga kesehatan tubuh anda dan memperkuat sistem imun. Campur 2 sendok madu dengan setengah gelas Air hangat aduk kemudian minum dua kali sehari. Ramuan tersebut akan membuat tubuh anda menjadi lebih hangat. 

  3. Propolis. Ambil setengah gelas air hangat kemudian campur dengan sekitar 4-5 tets propolis. Gunakan campuran keduanya untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik, cara tersebut dapat mengatasi flu dengan cara membunuh bakteri pada sekitar tenggorokan sehingga dapat mencegah rasa ridak nyaman pada daerah tenggorokan yang dapat memicu batuk. 

  4. Menggunakan krim mentol. Untuk mengatasi flu dan hidung tersumbat anda dapat meneteskan krim mentol di bawah area hidung anda. Hal tersebut akan membuka saluran pernapasan dan membantu memperbaiki kulit yang teriritasi di dasar hidung sehingga dapat melancarkan pernapasan anda sekaligus mencegah hidung tersumbat. 

  5. Wedang jahe. Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang memiliki banyak khasiat untuk pengobatan dan juga meningkatkan stamina. Dalam pengobatan cina sendiri  jahe juga sering digunakan sebagai obat tradisonal untuk mengatasi flu. Cara penggunaanya adalah: potong jahe menjadi kecil-kecil kemudian masukkan ke dalam air hangat,  tambahkan sedikit gula, kemudian anda bisa langsung meminumnya untuk menghangatkan tubuh dan saluran pernapasan anda. 

  6. Teh hijau. Teh hijau diketahui mengandung tinggi antioksidan sehingga membuatnya cukup ampuh untuk mengatasi flu dan juga memperkuat sistem kekbalan tubuh anda untuk melawan berbagai macam penyakit. Dalam sebuah penelitian juga berhasil mengungkap bahwa teh hijau sangat efektif untuk menyembuhkan flu, jika diminum secara teratur. Menurut penelitian teh hijau dapat melindungi tubuh dengan Cara mematikan sel  flu. Selain itu dalam penelitian tersebut juga berhasil mengungkap bahwa Teh hijau juga cukup efektif untuk melindungi tubuh dari tekanan akibat virus flu yang menyerang. 

  7. Bawang putih. Bawang putih merupakan salah satu rempah yang mengandung tinggi antioksidan yang cukup ampuh untuk melawan berbagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes, penyakit maag dan juga dapat menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara rutin. Bukan hanya itu saja karena kandungan antibekteri dan antimikroba yang dimilikinya membuat bawang putih cukup ampuh untuk mengatasi flu. Ambil satu siung bawang putih yang sudah dikupas kemudian tumbuk hingga halus setelah itu campurkan dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Terapkan  ramuan tersebut pada seluruh bagian punggung, perut dan juga dada anda untu mengatasi flu secara alami. 

  8. Dapatkan istirahat yang cukup. Setelah anda melakukan semua cara mengatasi flu hal yang harus anda lakukan selanjutnya adalah dengan cara banyak beristirahat untuk membantu memulihkan tubuh anda. Selain itu untuk pencegahan sebaiknya anda benar-benar menghindari begadang karena waktu istirahat di malam hari itu sangat dibutuhkan untuk proses pengeluaran racun dan juga pemulihan tubuh. 

  9. Minyak kayu putih. Mengoleskan minyak kayu putih pada area sekitar lubang hidung akan membantu anda melancarkan nafas yang tersumbat akibat flu, selain minyak kayu putih anda juga dapat menggunakan minyak aroma terapi yang dapat membantu anda lebih rileks. 

  10. Minum air hangat saat pagi. Ada cara mudah yang dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi flu ialah dengan minum segelas air hangat di pagi hari, minum segelas air hangat dapat membersihkan sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh sehingga dapat mempercepat penyembuhan flu. 

  11. Meninggikan posisi kepala anda saat tidur. Yang paling menyiksa pada waktu terserang flu adalah  pada saat anda tertidur, hal ini dikarenakan saat posaisi tidur biasanya hidung anda semakin sulit untuk bernafas, jadi untuk itu cobalah membuat agar posisi kepala anda saat tidur berada di atas dengan cara menebalkan bantal untuk bersandar.
Demikian beberapa tips ringan seputar cara mengatasi flu yang efektif, semoga dapat membantu anda yang membutuhkan.
loading...