15 Cara menghilangkan komedo yang efektif

15 Cara menghilangkan komedo yang efektif dengan cara alami. Ada banyak produk perawatan yang dipercaya mampu menghilangkan komedo dengan praktis karena tidak perlu membuat sendiri di rumah, akan tetapi beberapa dari produk tersebut belum terbukti dapat bekerja maksmimal dan bahkan memberikan efek samping seperti kulit menjadi lebih kering, berminyak dan ujung-ujungnya malah memicu jerawat.
Cara menghilangkan komedo
Gambar: Cara menghilangkan komedo
Komedo Disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebih pada kulit. Bila kita tidak melakukan pengelupasan kulit wajah secara berkala, maka sel-sel kulit mati akan menumpuk di kulit Untuk jenis komedo terbuka anda dapat menghilangkannya dengan cara melakukan tekanan vertikal secara lembut pada daerah sekitar komedo. Jika tidak ada komedo yang keluar, maka pindahkan jari-jari anda ke lokasi berbeda di sekitar komedo dengan melakukan cara yang sama seperti tadi. Jika lemak mulai keluar, tekanlah menggunakan jari secara perlahan pada beberapa tempat sampai semua isi dikeluarkan. Lap dengan kain yang bertekstur lembut dan steril.

Perawatan kulit wajah dengan bahan alami sangat dianjurkan karena tidak memiliki efek samping dan juga memberikan hasil yang maksimal, akan tetapi pastinya sedikit membutuhkan waktu, jadi anda harus bersabar. Berikut beberapa tips dan cara menghilangkan komedo yang efektif:
  1. Parutan kentang. Untuk menghilangkan komedo anda dapat menggunakan parutan kentang, caranya adalah: ambil satu buah kentang mentah dan parut hingga halus. Balurkan sambil sedikir memijat pada bagian wajah yang berkomedo selama kurang lebih 15 menit. Diamkan beberapa saat sampai sedikit mengering kemudian bersihkan dengan air. 

  2. Jus lemon. Lemon merupakan bahan alami yang dapat menghilangkan komedo dengan mudah, selain itu jus lemon bisa anda gunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti menghilangkan flek hitam di wajah, mengurangi tampilan strech mark dan juga memutihkan wajah secara alami. Caranya adalah: blender 2 buah lemon hingga menjadi jus kemudian oleskan di wajah anda yang berkomedo pada saat menjelang tidur. Diamkan selama  semalam dan cuci pada waktu bangun. Cara tersebut juga bisa anda gunakan untuk mengatasi kulit berminyak. 

  3. Ramuan dari Buah strawberry. strawberry merupakan buah dengan antioksidan yang sangat kuat sehingga baik untuk kesehatan kulit wajah anda. Kandungan vitamin C dalam buah strawberry diketahui cukup ampuh mencegah penuaan pada kulit anda dan membuatnya tetap cerah alami. Menerapka buah strawberry pada kulit wajah diketahui juga cukup efektif untuk menghilangkan komedo. Persiapkan bahan-bahan seperti: 3 buah strawberry yang sudah masak, 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh jus lemon. Hancurkan buah strwberry kemudian tambahkan madu dan lemon yang sudah anda persiapkan tadi, kemudian terapkan pada kulit wajah anda yang berkomedo sambil sedikit memijatnya selama beberapa menit. 

  4. Gel lidah buaya. Lidah buaya kaya akan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk perawatan tubuh dan kulit anda. cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya: hancurkan lidah buaya hingga menjadi pasta kemudian terapkan pada wajah anda yang berkomedo seperti hidung. Diamkan kurang lebih selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air. Menerapkan lidah buaya pada kulit wajah anda selain dapat menghilangkan komedo juga dapat membantu anda mengatasi kulit kering sekaligus membuatnya tetap lembab alami. 

  5. Baking soda. Penggunaan baking soda pada wajah anda dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran dan juga membantu menghilangkan komedo. Cara pembutan ramuan dari baking soda adalah: buatlah pasta dengan baking soda dengan cara mencampurkan dua sendok teh baking soda dengan air secukupnya. Terapkan pasta tadi ke kulit wajah yang berkomedo sambil sedikit memijatnya. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan cara tersebut dua kali seminggu untuk membantu menghilangkan komedo. 

  6. Green tea. Teh hijau ternyata juga dapat digunkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan komedo. Caranya: Campur 1 sdt daun teh hijau kering dengan sedikit air untuk membuat pasta. Pijatkan pasta tadi pada permukaan kulit yang berkomedo selama dua sampai tiga menit. Green tea juga cukup efektif untuk mengontrol minyak berlebih sehingga dapat mencegah kotoran yang menempel di kulit. 

  7. Madu murni. Sudah tidak diragukan lagi mengenai manfaat madu untuk kesehatan dan juga kecantikan. Madu diketahui sudah digunakan selama berabad-abad yang lalu sebagai obat dan perawatan oleh beberapa bangsa kuno seperti mesir dan juga Yunani. hal tersebut tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang lengkap. Di zaman moderen ini madu masih sering digunakan sebagai  bahan alami untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti jerawat, menghilangkan komedo sampai menghilangkan bekas luka bakar. 

  8. Putih telur. Anda dapat memanfaatkan putih telur sebagai bahan untuk menghilangkan komedo dengan mudah. Caranya: kocok putih telur hingga sedikit berbusa, kemudian balurkan pada wajah anda yang berkomedo. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas sampai bersih (sangat disarankan menggunakan air hangat). Putih telur diketahui mengandung beberapa nutrisi seperti protein yang mampu meremajakan kulit wajah anda dan mengurangi komedo. 

  9. Menggunakan Kunyit.  Mungkin anda berfikir jika kunyit hanya digunakan sebagai pelangkap bumbu dapur saja. Selain untuk membuat kari, di india dan pakistan  kunyit biasanya dimanfaatkan sebagai scrub untuk perawatan tubuh. caranya adalah: parut kunyit hingga halus kemudian balurkan pada seluruh wajah dan juga leher anda, selain menghilangkan komedo penerapan kunyit pada leher juga membantu membersihkan kotoran yang menempel sekaligus mencerahkannya secara alami. 

  10. Pasta oatmeal. Salah satu bahan terbaik untuk menghilangkan komedo adalah pasta dari bubuk oatmeal yang dikombinasikan dengan air mawar. Campur kedua bahan tersebut kemudian Oleskan pada kulit Anda selama 20 menit untuk membuat wajah anda terbebas dari komedo. 

  11. Jaga kebersihan wajah anda. Seperti yang sudah disinggung di atas komedo disebabkan oleh minyak berlebih dan juga kotoran yang menempel di kulit wajah, jadi untuk itu sangat penting untuk menjaga kebersihan dan juga kelembaban kulit dengan cara sering membersihkan wajah saat mulai trelihat kusam. 

  12. Menggunakan tomat. Hancurkan tomat sampai benar-benar halus, kemudian balurkan ke seluruh wajah anda sampai merata. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin setidaknya dua kali seminggu untuk membantu menghilangkan komedo. 

  13. Pasta pepaya. Pepaya merupakan bahan perawatan alami yang murah dan mudah anda buat sendiri di rumah. Caranya: kupas dan cuci buah pepaya samapai bersih. Blander sampai halus kemudian tambahkan satu sendok madu. Gunakan sebagai masker wajah anda untuk menghilangkan komedo. Lakukan dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

  14. Minyak almond. Gunakan minyak almond sebagai scrub pada wajah anda untuk menghilangkan komedo. Minyak almond juga bekerja dalam melembapkan kulit, sekaligus membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.  

  15. Mengatur pola makan. Selain mencoba menghilangkan komedo dengan beberapa tips di atas ada baikanya bagi anda untuk mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup sehat, dan salah satunya menjaga asupan makanan yang anda konsumsi. Makanan berlemak selain tidak baik untuk keseshatan ternyata juga memiliki andil besar dalam memicu muncunya komedo. Jadi untuk itu perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan kulit sehat dan terhindar dari komedo.
Ternyata untuk menghilangkan komedo ada banyak cara yang bisa anda lakukan, kira-kira anda ingin memakai cara yang mana? Cara apapun yang akan anda terapkan yang paling penting adalah konsisten dan sabar. Semoga bermanfaat.
loading...