Friday, August 1, 2014

15 Manfaat buah kurma yang mengagumkan

Manfaat buah kurma sudah tidak terhitung lagi banyaknya untuk kesehatan, buah yang berasal dari daerah Asia barat dan beberapa daerah Afrika ini memang menjadi salah satu menu berbuka yang sangat baik karena mengandung berbagai macam nutrisi penting. Buah kurma merupakan salah satu buah dengan sejuta manfaat untuk kesehatan. Buah Kurma memiliki tinggi kira-kira 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang sekitar 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan memiliki sekitar 150 pucuk daun muda.
Manfaat buah kurma yang mengagumkan
Gambar: Manfaat buah kurma
15 Manfaat buah kurma yang mengagumkan
  1. Mengandung kalium. Buah kurma memiliki kandungan kalium yang sangat baik untuk menstabilkan denyut jantung. Kalium dalam buah kurma juga sangat penting untuk mempertahankan kontraksi otot, dan kelancaran fungsi otot-otot jantung. Mineral yang satu ini tidak bisa dihasilkan dengan sendirinya oleh tubuh anda yang itu artinya anda memerlukan makanan dari luar untuk mendapatkan cukup kalium. Mengkonsumsi buah kurma secara teratur juga dapat membantu menjaga sistem saraf yang sehat. 

  2. Menjaga kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi buah kurma secara teratur diketahui dapat membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat karena buah yang satu ini memiliki manfaat untuk menghambat tumbuhnya bakteri merugikan sekaligus membantu memproduksi bakteri baik dalam tubuh anda. Manfaat buah kurma bukan hanya itu saja, selain untuk kesehatan pencernaan buah kurma juga akan menghindarkan anda dari penyakit kanker usus sekaligus membantu mengatasi sembelit. 

  3. Sumber energi melimpah. Kurma bisa menjadi salah satu makanan sumber energi terbaik untuk anda. Buah kurma mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa yang dapat dengan cepat diubah oleh tubuh menjadi energi, maka tidak heran saat berbuka puasa kita disunnahkan untuk makan buah kurma karena akan membantu anda memulihkan tenaga setelah lebih dari 12 jam berpuasa. 

  4. Menurunkan kolesterol. Manfaat buah kurma ternyata juga dapat menurunkan kolesterol, buah kurma memang mengandung banyak nutrisi penting yang sanagat bermanfaat untuk kesehatan seperti vitamin, mineral dan juga serat. Para dokter menganjurkan agar kita mencukupi kebutuhan serat harian kita agar kadar kolesterol jahat dalam darah tidak meningkat.  

  5. Baik untuk penderita anemia. Buah kurma mengandung sejumlah zat besi yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh sehingga mampu dengan cepat mengatasi anemia. 

  6. Baik untuk ibu hamil. Beberapa penelitian telah mengungkap bahwa buah kurma dapat menguatkan otot-otot rahim pada wanita. Hal ini sangat bermanfaat bagi para wanita khususnya pada bulan-bulan terakhir masa kehamilan. Kandungan asam folat dalam buah yang satu ini memiliki kemampuan untuk memperkecil resiko terjadinya kecacatan pada bayi. Manfaat buah kurma ternyata tidak berhenti sampai di situ saja, buah kurma diketahui juga dapat memperlancar ASI sehingga sangat baik dikonsumsi bagi ibu menyusui. 

  7. Mencegah gigi berlubang. Mengkonsumsi buah kurma mungkin menjadi salah satu pilihan yang bisa anda coba untuk menjaga kesehatan gigi anda, akan tetapi bagaimana buah yang satu ini melakukannya? Buah kurma diketahui mengandung unsur yang disebut fluor yang akan membantu dalam pencegahan gigi berlubang. Selain itu kandungan kalsium dalam buah kurma juga membantu memperkuat gigi anda sehingga anda akan mendapatkan manfaat ganda darinya. 

  8. Baik untuk kesehatan mata. Menjaga kesehatan mata merupakan hal yang harus anda lakukan mengingat fungsi mata sangat banyak sekali, kurangnya konsumsi vitamin A diketahui merupakan salah satu penyebab hilangnya penglihatan bagi sebagaian besar para lansia. Selain vitamin A mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan seperti buah kurma juga bermanfaat untuk mencegah kebutaan bagi para kaum lansia atau yang biasa disebut degenerasi makula. 

  9. Menjaga kesehatan tulang. Buah kurma kaya akan kandungan berbagai macam nutrisi penting diantaranya: vitamin K, protein, zat besi dan juga kalsium yang sangat baik dalam metabolisme tulang. 

  10. Mencegah kanker. Buah kurma mengandung tinggi antioksidan alami yang dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas di udara, kita tau bahwa polusi udara terutama dari asap kendaraan menjadi salah satu penyumbang radikal bebas terbesar dan yang lebih celakanya lagi hampir setiap hari kita menghirupnya tanpa bisa menghindarinya. Radikal bebas merupakan salah satu pemicu munculnya berbagai macam penyakit berbahya seperti kanker, katarak dan penuaan dini. Jadi mengkonsumsi buah kurma secara teratur akan menghindarkan anda dari beberapa jenis kanker seperti kanker usus, kanker prostat dan kanker payudara.
Selain di atas ada beberapa Manfaat buah kurma yang perlu anda ketahui diantaranya adalah:
  • Mengatasi berbagai macam gangguan usus seperti sembelit
  • Membantu mencegah stroke
  • Karena kandungan kalium yang dimilikinya membuat buah kurma sangat baik untuk mengontrol tekanan darah.
  • Dapat Mengontrol gula darah
  • Membantu mengatasi depresi karena memiliki efek menenangkan
Nah,,demikian tadi 15 Manfaat buah kurma yang bisa blog Cara hidup sehat bagi untuk para pembaca. Mengkonsumsi buah kurma secara teratur bisa menjadi pilihan bagi anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.
loading...