Monday, July 21, 2014

20 Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh

20 Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh. Saya rasa hampir semua orang sepakat bahwa olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita sekaligus mencegah dari berbagai macam penyakit. Akan tetapi masih banyak orang yang malas berolahraga dengan alasan kurangnya waktu. Untuk melakukan Olahraga sebenarnya anda tidak perlu meluangkan banyak waktu jika anda tidak memilikinya. Cukup luangkan selama 10 menit perhari untuk beolahraga pada sela-sela jam kerja atau di pagi  hari sebelum memulai aktivitas harian. Untuk mengetahui apa saja manfaat olahraga bagi tubuh kita berikut:
Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh
Gambar: Manfaat olahraga
10 manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh
  1. Menurunkan berat badan. Olahraga merupakan aktivitas fisik yang diketahui cukup efektif untuk membakar lemak sehingga membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Olahraga seperti lari, sit up dan juga push up merupakan beberapa jenis olahraga yang menguras energi sehingga mampu membakar kalori. 

  2. Menjaga kesehatan jantung. Siapa yang tidak ingin memiliki jantung yang sehat? saya rasa semua orang menginginkannya. Jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital di dalam tubuh kita. Ada cara mudah untuk menjaga kesehatan jantung anda akan tetapi sering dilupakan orang yaitu olahraga. Dengan berolahraga sekitar 30 menit minimal dua kali seminggu dapat membantu anda memperkecil resiko terserang penyakit jantung. 

  3. Menjaga kesehatan tulang. Tulang memiliki fungsi yang sangat penting sekali untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari maka dari itu menjaga kesehatannya merupakan hal yang mutlak kita lakukan. Berolahraga diketahui memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang tetap terjaga sehingga menjauhkan anda dari resiko osteoporosis di masa tua. Ada beberapa jenis olahraga yang sangat baik untuk tulang di antaranya lari, push up dan senam. 

  4. Mencegah penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula dalam darah sehingga penggunaan insulin dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit diabetes diantaranya pola makan yang tidak seimbang (terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat tinggi sekaligus  tidak diimbangi dengan asupan vitamin dan mineral), kurangnya akitivtas fisik, stres dan juga kebiasaan merokok. Untuk memperkecil resiko penyakit diabetes anda dapat melakukan olahraga secara teratur. 

  5. Membantu mengatasi stres. Manfaat olaharaga bukan hanya terbatas pada tubuh saja melainkan juga kesehatan psikis. Berolahraga teruatama di pagi hari akan memberikan efek yang sangat positif pada kesehatan tubuh dan juga mental anda. Ada Beberapa jenis olahraga yang diketahui secara khusus dapat melepaskan hormon serotonin yang membuat anda merasa senang dan rileks, beberapa diantaranya adalah: berenang, jalan sehat dan lompat tali. 

  6. Mencegah asma. Menurut sebuah penelitian yang di lakukan oleh Carson dan rekan-rekannya mengenai efek aktivitas fisik pada penderita asma. Dalam penelitian tersebut mereka menemukan bahwa pasien dengan asma yang melakukan aktivitas fisik dengan minimal 20 menit selama kurang lebih dua kali seminggu dapat meringankan penyakit asma mereka. Selain itu olahraga seperti berenang juga dapat mengurangi intensitas gejala asma. 

  7. Mencegah stroke. Untuk melakukan pencegahan penyakit stroke anda dapat melakukan olahraga secara rutin walaupun hanya 10 menit perhari. Dalam sebuah studi berhasil mengungkap bahwa manfaat olahraga dapat mencegah stroke pada pria dan wanita yang berusia 45 tahun. para peneliti juga mengatakan bahwa olahraga sedang seperti berjalan kaki pada wanita cukup efektif dalam mencegah stroke. 

  8. Menigkatkan kekebalan tubuh anda. Berolahraga di pagi hari seperti Lari kecil dapat membantu tubuh melawan serangan bakteri dan infeksi dengan cara memperkuat sistem imun. 

  9. Mencegah kanker. Sel yang tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup dapat memicu penyakit kanker. Dan Jogging dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh bagian tubuh, sehingga membantu mencegah beberapa jenis kanker. 

  10. Mendapatkan tinggi badan yang ideal. Tentunya anda tidak asing bukan mengenai manfaat olahraga seperti basket dan lompat tali dapat membuat tubuh anda menjadi lebih tinggi.  Hal tersebut dikarenakan saat anda melakukan Lompat tali/basket dapat meningkatkan suplai darah dan mengerahkan tekanan pada tulang panjang tubuh untuk tumbuh lebih tinggi. 
Selain di atas berikut manfaat lain olahraga bagi kesehatan tubuh kita
  • Mencegah penuaan dan membuat anda menjadi terlihat lebih awet muda 
  • Membantu mengatasi flu dengan meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan virus.
  • Mengatasi susah tidur sehingga membuat anda mendapatkan tidur yang berkualitas 
  • Meningkatkan kepercayaan diri 
  • Menjaga kesehatan kulit 
  • Mencegah impotensi pada pria 
  • Mempermudah tubuh untuk menyerap nutrisi 
  • Memaksimalkan fungsi sendi dan mencegah nyeri sendi 
  • Meningkatkan kemampuan otak
Setelah anda tau mengenai manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh kita apakah anda masih malas berolahraga?
loading...