Saturday, July 19, 2014

7 Cara mengatasi gigi berlubang

7 Cara mengatasi gigi berlubang yang efektif. Gigi berlubang sebenarnya bukan merupakan penyakit yang berbahaya akan tetapi harus segera diatasi karena akan menimbulkan rasa sakit yang sangat menyiksa. Gigi berlubang biasanya disebabkan saat anda mengkonsumsi makanan manis yang meninggalkan sisa sehingga sisa makanan tersebut bergabung dengan air liur dan bakteri di mulut yang menjadi plak kemudian menempel pada gigi sehingga mengakibatkan gigi berlubang. Kondisi gigi berlubang dapat dicegah jika anda memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anda dengan cara rutin meyikat gigi dibarengi makan buah-buahan seperti buah apel, strawberry dan pear. Berikut beberapa cara mengatasi gigi berlubang sekaligus pencegahannya: 
Cara mengatasi gigi berlubang
Gambar: Cara mengatasi gigi berlubang
  1. Penuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Gigi berlubang bisa dipicu akibat rapuhnya gigi anda yang disebabkan karena kurangnya asupan kalsium dan Vitamin D. Jadi untuk membantu anda mendapatkan gigi yang kuat sekaligus mencegah dari gigi berlubang cukupi kebutuhan kedua nutrisi tersebut. 

  2. Minyak kelapa. Minyak kelapa dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi gigi berlubang. Oleskan minyak kelapa pada bagian gigi yang berlubang sambil menggosoknya akan membantu menyembuhkan gigi berlubang secara alami. 

  3. Bawang merah. Penggunaan bawang merah juga dapat mengatasi gigi berlubang secara alami, terapkan bawang merah pada bagian gigi yang berlubang dan diamkan sesaat. Bawang merah mengandung antibakteri alami yang akan membunuh kuman pada gigi. 

  4. Garam. Garam selain dapat digunakan untuk mengobati sariawan ternyata juga bisa mengatasi gigi berlubang. Garam mengandung antibakteri yang dapat mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan pada mulut termasuk baum mulut. Terapkan garam pada bagian gigi yang berlubang kemudian biarkan beberapa saat setelah itu bersihkan dengan cara berkumur. 

  5. Hindari makanan manis secara berlebihan. Makanan manis seperti coklat dan juga permen dapat memicu terjadinya gigi berlubang. Makanan manis merupakan makanan yang sangat ideal untuk bakteri sehingga apabila dikonsumsi dan tersisa di gigi anda akan menjadikan gigi menjadi berlubang, bukan hanya itu saja makanan manis juga dapat memicu masalah mulut lainnya seperti sariawan dan bau mulut. 

  6. Akar kangkung. Kangkung selain dapat dijadikan sebagai sayur mayur, akarnya ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengatasi gigi berlubang. Cara penggunaanya adalah: ambil kira-kira 1 cangkir akar kangkung dan tambahkan 1/2 sdt cuka, kemudian rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Gunakan air rebusan dari akar kangkung tersebut untuk berkumur. 

  7. Bawang putih. Selain bawang merah bawang putih juga diketahui dapat mengobati gigi berlubang, lumatkan satu siung bawang putih kemudian tempelkan pada bagian gigi berlubang anda, diamkan kira-kira selama 10 menit untuk membantu mengatasi gigi berlubang.
Demikian tadi 7 cara yang bisa anda terapkan untuk mengatasi gigi berlubang seacar alami, jika cara tersebut tidak dapat mengatasi masalah gigi berlubang anda cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengetahui pengobatan yang cocok dan lebih efektif.
loading...