Monday, July 7, 2014

7 Cara menghilangkan bekas luka

7 Cara menghilangkan bekas luka dengah bahan alami. Bekas luka terutama luka bakar pastinya sangat mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri terutama jika terjadi pada bagian wajah ataupun tempat lainnya yang mudah terlihat, luka bakar merupakan jenis luka yang sangat sulit untuk dihilangkan karena luka bakar membunuh sel-sel kulit, bahkan untuk beberapa jenis luka bakar mungkin tidak dapat disembuhkan keculai dengan operasi plastik. Banyak orang yang memilih untuk melakukan prosedur medis untuk menghilangkan bekas luka karena dianggap cukup efektif, akan tetapi prosedur medis biasanya cukup menyakitkan sekaligus mahal dan bahkan dapat menyebabkan jaringan parut tambahan pada luka. Untuk itu ada beberapa cara untuk menghilangkan bekas luka yang dapat anda lakukan dengan cara alami yang insya Allah aman dan lebih efektif:
Cara menghilangkan bekas luka
Gambar: Cara menghilangkan bekas luka
  1. Lidah buaya. Tanaman lidah buaya diketahui dapat menghilangkan bekas luka dengan cukup baik, oleskan gel lidah buaya pada tempat yang ada bekas lukanya dan diamkan selama kurang lebih 30 menit, lidah buaya selain dapat mengatasi bekas luka ternyata juga ampuh untuk mengobati gigitan serangga dan juga  masalah kulit lainnya. 

  2. Madu Murni. Madu merupakan bahan alami yang cukup ampuh untuk menghilangkan bekas luka termasuk luka bakar, cara penggunaannya cukup terapkan madu murni pada bagian luka dan tunggu sekitar 20-30 menit sebelum anda bilas dengan air bersih. Selain dapat menghilangkan bekas luka madu juga cukup ampuh untuk membantu proses penyembuhan luka bakar dan mencegah infeksi pada luka.  

  3. Bawang merah. Mungkin kebanyakan dari kita mengenal bawang merah hanya sebagai pelengkap bumbu masakan saja, akan tetapi anda jangan salah, bawang merah selain menjadi bumbu dapur juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka.  Bawang merah dapat menghambat produksi kolagen pada bekas luka, sehingga membuatnya sedikit demi sedikit memudar dan tidak terlihat. Dalam penggunaan bawang putih mungkin akan memakan waktu berbulan-bulan sampai bekas luka anda benar-benar tidak terlihat. 

  4. Menggunakan Mentimun. Cara penggunaannya adalah haluskan mentimun bersama dengan beberapa lembar daun mint, kemudian Oleskan campuran bahan yang sudah dihaluskan tadi pada bekas luka dan diamkan selama sekitar 30 menit, setelah itu cucu dengan air bersih, lakukan cara tersebut untuk membantu menyamarkan sekaligus menghilnagkan bekas luka. 

  5. Tomat. Penggunaan tomat untuk menghilnagkan bekas luka memang memiliki banyak kelebihan, selain lebih murah dan juga mudah didapat tomat juga dapat memberikan sensasi dingin pada luka sehingga membuat anda lebih nyaman. cara penggunaanya adalah: potong tomat hingga menjadi bagian yang tipis kemudian tempelkan pada bagian yang terkena luka, hal ini akan membantu anda menyamarkan bekas luka. 

  6. Minyak zaitun. Penggunaan minyak zaitun untuk perawatan sudah tidak diragukan lagi, minyak zaitun dapat digunkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kecantikan seperti mengatasi kulit kering, menghilangkan jerawat sampai untuk perawatan kuku. Selain itu minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai obat luka alami yang dapat menghilangkan bekas luka, oleskan minyak zaitun pada bagian luka sambil memijatnya akan membantu melonggarkan jaringan parut pada luka, minyak zaitun juga relatif lebih aman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit karena merupakan bahan alami. 

  7. Buah pisang. Selain sebagai masker wajah buah pisang juga dapat dijadikan sebagai bahan lami untuk menghilangkan luka. Haluskan buah pisang dengan blender hingga benar benar halus dan menyerupai pasta, kemudian terapkan pada luka anda dan diamkan sekitar 15-20 menit.
Demikian beberapa cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan bahan-bahan alami yang relatif lebih murah dan cukup efektif. Untuk beberapa jenis luka yang parah mungkin anda juga memerlukan prosedur dari dokter untuk mendapatkan penanganan lebih. 
loading...