7 Manfaat buah markisa untuk kesehatan

Beragam manfaat buah markisa untuk kesehatan. Markisa merupakan buah yang menyegarkan dan kaya akan kandungan vitamin  C yang baik untuk kesehatan. Buah markisa diketahui mampu Meringankan penyakit Asma sekaligus mencegahnya. Mengkonsumsi buah markisa secara rutin dapat mengurangi dampak dari histamin, yang merupakan komponen biokimia yang menjadi penyebab penyakit asma.  Selain kemampuannya dalam meringankan gejala asma berikut beberapa manfaat buah markisa yang perlu anda ketahui.:

Manfaat buah markisa
Gambar: Manfaat buah markisa
  1. Mengatasi sembelit. Buah markisa  merupakan makanan yang dapat membantu sisitem pencernaan bekerja lebih baik sehingga dapat mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.  buah markisa dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah lambung dan ulkus duodenum. Walaupun buah markisa sangat baik untuk kesehatan akan tetapi anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena  akan memberikan efek yang kurang baik untuk lambung. 

  2. Kaya akan kandungan vitamin A. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah markisa sangat bermanfaat untuk kesehatan mata anda sekaligus  mengurangi risiko arthritis, penyakit Parkinson, kemandulan dan depresi. Terlalau banyak mengkonsumsi makanan atau buah yang mengandung tinggi vitamin A akan menjadi racun dalam tubuh, untuk itu jangan teralalu banyak mengkonsumsi buah yang satu ini. 

  3. Mengandung tinggi zat besi. Karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi membuat buah markisa dapat dengan cepat meningkatkan produksi darah sehingga mampu mengatasi anemia. Buah markisa mengandung tinggi zat besi yang dapat memenuhi sekitar 20% dari kebutuhan zat besi harian anda. jadi sangat dianjurkan bagi anda yang mengalami kekurangan darah untuk makan buah markisa secara rutin dengan porsi yang seimbang. 

  4. Kaya kandungan vitamin C. Mengkonsumsi buah markisa akan membantu anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda. vitamin C merupakan jenis antioksidan kuat  yang dapat mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker. Mengkonsumsi 1 buah markisa dapat mencukupi sekitar 50% kebutuhan Vitamin C harian anda. 

  5. Membantu mengatasi stres. Mungkin mengkonsumsi 1 buah markisa tidak akan menghilangkan stres anda secara seketika, akan tetapi paling tidak dapat membantu anda menjadi lebih rileks. Buah marikisa diketahui dapat  membantu menenagkan saraf dan membuat pikiran anda menjadi lebih rileks. 

  6. Membantu mengatasi susah tidur. Seperti yang telah disinggung di atas buah markisa dapat menenangkan saraf sehingga membuat anda menjadi lebih mudah untuk tertidur. Selain itu buah ini juga memiliki efek mengantuk, tentunya hal ini dapat membantu bagi para penderita insomnia untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. 

  7. Sebagai buah untuk diet. Buah markisa kaya akan kandungan serat dan juga vitamin serta rendah lemak sehingga sangat baik dijadikan buah untuk diet. Diet buah-buahan sangat dianjurkan untuk memberikan keseimbangan nutrisi dalam tubuh anda.
loading...