Friday, July 25, 2014

7 Manfaat buah melon untuk kesehatan

Bagi anda para pecinta buah melon tampaknya akan semakin menggemari buah yang satu ini karena manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan dan pencegahan dari berbagai macam penyakit. Diet buah-buahan memang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan organ-organ vital di dalam tubuh anda sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang umumnya banyak dikandung oleh buah-buahan.
Manfaat buah melon untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah melon

7 Manfaat buah melon untuk kesehatan
  1. Meningkatkan kekebalam tubuh. buah melon merupakan sumber vitamin  yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara merangsang sel darah putih sehingga mampu melawan berbagai macam ancaman kesehatan dari luar seperti virus. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan kuat yang cukup efektif memerangi efek buruk radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan salah satu pemicu masalah kesehatan yang serius, bahkan penyakit berbahaya seperti kanker dan katarak diketahui bisa dipicu oleh radikal bebas. 

  2. Mampu mengontrol tekanan darah. Buah yang satu ini kaya akan kandungan kalium yang bekerja mengontrol tekanan darah agar tetap stabil, makan beberapa potong buah melon dapat membantu anda mendapatkan jantung yang sehat. Selain itu kalium juga dapat mencegah hipertensi dan stres.  

  3. Menjaga kesehatan paru-paru. Dalam Sebuah penelitian baru-baru ini berhasil mengungkap bahwa konsumsi makanan atau buah yang mengandung tinggi vitamin A seperti buah melon dapat menjaga kesehatan paru-paru bagi para perokok. Selain itu vitamin A merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata anda dan mencegahnya dari degenerasi makula terkait usia. 

  4. Rendah kalori. Buah melon merupakan salah satu buah yang sangat cocok untuk mendukung program diet anda karena mengandung kalori yang rendah.  Buah melon berukuran besar hanya memiliki sekitar 265 kalori, dan kalori dalam 5 cangkir melon yang sudah dipotong setara dengan 2 butir telur rebus dan 2 iris roti gandum. Jadi anda tidak perlu khawatir jika mengkonsumsi buah melon akan membuat berat badan anda menjadi naik. 

  5. Padat nutrisi. Dibalik kandungan kalorinya yang rendah ternyata buah yang satu ini memiliki banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Buah melon menyediakan  34% Omega 3, 8,3% protein, Vitamin A, Vitamin C,  tembaga, Magnesium, Kalium, Vitamin B1, B3, B6, dan folat.  Sangat luar baisa bukan, hanya dengan mengkonsumsi beberapa potong buah melon anda sudah mendapatkan semua nutrisi tersebut. 

  6. Mengurangi resiko penyakit jantung. Adenosin merupakan kimia antikoagulan yang terdapat dalam buah melon, Adenosin memiliki efek pengencer darah sehingga memperkecil resiko serangan jantung dan stroke, selain itu buah Melon juga kaya akan kandungan kaliumnya yang mengontrol tekanan darah, sehingga menjaga jantung anda tetap sehat. 

  7. Sumber antioksidan yang kuat. likopen merupakan salah satu antioksidan terkuat yang ditemukan dalam buah melon, likopen ini berfungsi untuk mencegah kerusakan sel. Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi likopen dapat membantu mencegah penyakit kanker tertentu sekaligus mengurangi risiko serangan jantung.  Dalam 1/2 cangkir buah  melon mengandung sekitar 9 sampai 13 mg likopen. baca juga 7 manfaat buah semangka untuk kesehatan
loading...