7 Manfaat buah pir untuk kesehatan

Buah pir merupakan buah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya yang lengkap berupa vitamin, serat dan mineral yang kesemuanya sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan organ-organ dalam tubuh. Untuk tau banyak mengenai manfaat buah pir berikut:
Manfaat buah pir untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah pir

7 Manfaat buah pir untuk kesehatan
  1. Menjaga kesehatan jantung. Buah Pir mengandung tinggi serat yang baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa serat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cara mengikat garam empedu yang terbuat dari kolesterol dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. selain itu mengkonsumsi buah pir diketahui juga dapat mengurangi risiko stroke hingga 50 persen. 

  2. Kaya akan kandungan antioksidan. Buah pir diperkaya dengan vitamin C dan vitamin E yang merupakan antioksidan yang sangat kuat. Pir memiliki antioksidan dan anti-karsinogen glutathione sehingga membuatnya dapat meringankan tekanan darah tinggi dan stroke. Dengan demikian buah pir sangat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit jantung. 

  3. Untuk pencernaan yang sehat. Salah satu manfaat dari kandungan serat yang dimiliki buah yang satu ini adalah kemampuanya dalam membantu proses pencernaan makanan. Buah pir memiliki sekitar 14% serat pada setiap buahnya, makanan yang mengandung tinggi serat selain bermanfaat untuk pencernaan juga baik untuk anda yang sedang menjalankan program diet karena akan sangat membantu sekali dalam penurunan berat badan.   

  4. Meningkatkan Imunitas. Sistem imun yang kuat akan memungkinkan tubuh anda dalam melawan berbagai virus dan penyakit sehingga meningkatkan Imunitas menjadi snagat penting. Untuk meningkatkan sistem imun tersebut salah satunya anda memerlukan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi penting seperti vitamin, dan buah pir menjadi salah satu buah dengan kandungan vitamin yang baik. Buah Pir mengandung vitamin C, Vitamin A, Vitamin K, zat besi, mangan, tembaga dan banyak lagi nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. 

  5. Pencegahan kanker. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit kanker adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari rokok, meninggalkan minuman beralkohol, olahraga secara teratur dan mengkonsumsi buah dan sayuran yang tinggi antioksidan alami. Buah pir memiliki kandungan vitamin C  yang merupakan antioksidan kuat untuk melawan sel kanker dalam tubuh. selain itu kandungan serat dalam buah pir juga berperan melindungi usus besar untuk mengembangkan kanker. 

  6. Mencegah anemia. Bagi penderita anemia sangat baik mengkonsumsi buah pir secara teratur karena mengandung zat besi. Zat besi merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia. Selain itu kandungan mineral lain seperti tembaga dapat memfasilitasi dan meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh. fungsi lain dari zat besi dan mangan adalah: mencegah kelelahan, kelemahan otot, dan kerusakan organ. 

  7. Menurunkan kolesterol. Manfaat buah pir memang sangat banyak sekali untuk kesehatan selain untuk mencegah kanker, kandungan Pektin dalam buah ini sangat membantu dalam mengurangi kolesterol dalam pembuluh darah.
loading...