7 Manfaat buah semangka untuk kesehatan

7 Manfaat buah semangka untuk kesehatan. Semua orang saya rasa sudah mengenal buah semangka, buah yang terkanal karena memiliki rasa manis dan juga menyegarkan ini memang sangat cocok dijadikan sebagai menu pembuka disaat buka puasa karena bisa dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Semangka masih satu kerabat dengan bangsa mentimun yang merupakan tanaman merambat. Buah ini berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan dan juga buah melon maka tidak heran jika dalam bahasa inggris semangka disebut juga watermelon. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Selain buahnya Biji semangka yang sudah dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya sebagai kuaci yang memiliki manfaat untuk kesehatan.
Manfaat buah semangka untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah semangka
  1. Menjaga kesehatan mata. Buah semangka memiliki kandungan betakaroten yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata anda. betakaroten biasanya ditemukan dalam beberapa buah dan sayur yang memiliki warna merah dan orange menyala seperi wortel, tomat, buah naga termasuk semangka. Betakaroten dalam buah semangka akan dikonversi untuk diubah menjadi vitamin A. Konsumsi vitamin A dengan porsi yang cukup dapat mencegah dari katarak. 

  2. Sumber antioksidan yang baik. Perpaduan antara vitamin A dan E dalam buah semangka menjadikannya sebagai salah satu sumber antioksidan yang baik.  Antioksidan bekerja dalam menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab munculnya berbagai macam penyakit seperti kanker, selain itu antioksidan  dalam buah semangka memiliki manfaat untuk memperlambat proses penuaan. 

  3. Mencegah hipertensi. Buah Semangka dapat sangat bermanfaat bagi orang yang menderita hipertensi karena buah semangkan dapat menstabilkan tekanan darah melalui kandungan kalium dan mangan yang dimilikinya.  Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa buah semangka jika dikonsumsi oleh orang dengan hipertensi dapat memberikan dampak yang positif pada tekanan darah mereka. 

  4. Menjaga kesehatan ginjal. Semangka dapat memberikan bantuan dalam meningkatkan aliran urin untuk ekskresi. Selain itu buah semangka juga dapat membantu menyingkirkan kelebihan cairan sehingga dapat mengurangi ketegangan pada ginjal. 

  5. Baik untuk sariawan. Buah yang satu ini juga dapat membantu anda mengobati sariawan karena merupakan sumber vitamin C yang cukup baik walaupun Kandungan vitamin C dalam buah semangka mungkin tidak setinggi buah jeruk. Selain itu mengkonsumsi buah yang kaya akan kandungan air ini juga dapat melembabkan mulut anda secara alami sehingga dapat mencegah munculnya sariawan dan mampu mengatasi bibir kering. 

  6. Mencegah kanker. Kandungan antioksidan dalam buah semangka selain dapat memperlambat proses penuaan ternyata juga cukup efektif untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Kandungan vitamin  C dan A dalam buah semangka berperan aktif dalam melawan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim dan kanker paru-paru. Sebuah Studi di China pada tahun 2009 lalu menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam semangka, bekerja untuk mengurangi tingkat kematian pada wanita yang diakibatkan kanker payudara. 

  7. Mendapatkan tulang yang sehat. Buah semangka adalah sumber likopen yang sangat baik. Para ahli menyatakan bahwa likopen merupakan komponen penting untuk mempromosikan kesehatan tulang anda. jadi saat anda mengkonsumsi buah yang memiliki rasa manis ini akan membantu anda mendapatkan tulang yang sehat.
Demikian tadi mengenai 7 manfaat buah semangka untuk kesehatan semoga informasi tersebut bermanfaat bagi para pembaca.
loading...