Friday, July 4, 2014

Cara mengatasi bibir kering dengan efektif

Cara mengatasi bibir kering secara alami. Seperti halnya kulit, bibir juga membutuhkan kelembaban yang jika tidak diperhatikan maka akan membuatnya menjadi kering dan pecah-pecah. Kondisi bibir kering bisa dipicu oleh beberapa faktor seperti kurangnya asupan vitamin C, zat besi dan juga konsumsi air putih. Untuk itu mari simak tips dan cara mengatasi bibir kering yang bisa membuat bibir anda lebih lembab alami:  
Cara mengatasi bibir kering
Gambar: Cara mengatasi bibir kering
  1. Tanaman lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan yang sangat efektif untuk membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara pemakainnya: cukup oleskan gel lidah buaya pada bibir anda selama kurang lebih 10 menit dan tunggu sampai anda mendapatkan bibir yang lembab alami. Baca juga 10 cara mengatasi kulit kering 

  2. Penuhi kebutuhan zat besi anda. Bagi anda yang sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah ada baiknya untuk melakukan tes darah untuk mengetahui tingkat zat besi dalam darah, jika ternyata kandungan zat besi dalam darah anda rendah cobalah untuk meningkatkan asupan zat besi harian anda dengan banyak mengkonsumsi makanan seperti daging, sayur bayam dan roti gandum yang diperkaya dengan zat besi. Selain bibir pecah-pecah kekurangan zat besi juga bisa ditandai dengan Sakit kepala dan mudah lelah. 

  3. Menggunakan Madu. Madu dapat anda gunakan sebagai bahan untuk mengatasi bibir kering dengan cukup efektif. Madu mengandung berbagai macam mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleskan madu pada bagian bibir anda dan diamkan selama beberapa menit untuk membuat bibir anda lembab secara alami. 

  4. Minyak zaitun. Tidak berbeda jauh dengan madu, minyak zaitun memiliki khasiat yang hampir serupa yaitu dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, selain itu minyak zaitun diketahui juga cukup efektif untuk memerahkan bibir secara alami. Jadi dengan menerapkan minyak zaitun pada bibir, anda akan mendapatkan dua manfaat ganda. 

  5. Minum Jus jeruk. Sudah tidak asing lagi bagi kita bahwa buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, bibir pecah-pecah juga dapat dipicu oleh kurangnya asupan vitamin C. Jadi dengan minum segelas jus jeruk di pagi hari akan membantu anda mengatasi bibir kering secara alami. 

  6. Jangan menjilat bibir anda. Banyak orang beranggapan dengan menjilat bibir akan mengatasi masalah bibir kering, mungkin hal tersebut dapat membuat bibir menjadi lembab akan tetapi hanya sesaat saja, faktanya air liur mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir anda. selain itu dengan terus menjilat bibir akan menghilangkan minyak alami yang terdapat pada bibir. 

  7. Minum lebih banyak air putih. Untuk mencegah sekaligus mengatasi bibir kering cobalah mengkonsumsi lebih banyak air putih. Dengan banyak mengkonsumsi air putih akan mencegah bibir anda mengalami dehidrasi sehingga kelambabannya tetap terjaga dengan baik. 

  8. Menggunakan tomat. Seperti halnya buah jeruk tomat juga diperkaya dengan vitamin C yang dapat mencegah bibir pecah-pecah. Caranya : anda dapat mengkonsumsi tomat secara langsung sambil mengoleskan pada bibir yang kering, hal tersebut akan menutrisi bibir dari luar maupu dari dalam.
Merawat tubuh memang merupakan suatu keniscayaan terutama bagi para wanita untuk menunjang penampilan dan juga kesehatan secara keseluruhan. Dengan bibir yang sehat maka anda tidak perlu menggunakan lipstik yang malah akan membuat bibir menjadi lebih kering karena sebagian dari lipstik mengandung bahan kimia.
loading...