Sunday, July 6, 2014

Cara menghilangkan stres secara alami

Cara menghilangkan stres secara alami tanpa menggunakan obat-obatan. Di zaman sekarang ini dimana kebutuhan manusia semakin meningkat dan juga persaingan semakin tinggi membuat sebagian orang yang tidak mampu menghadapi tekanan tersebut akan mudah mengalami stres dan berujung depresi. Oleh sebab itu mendekatkan diri kepada Allah dengan dibarengi menerapkan pola hidup sehat merupakan cara yang sangat ampuh untuk mencegah stres dan membuat kita lebih tenang. Berikut beberapa cara yang lebih spesifik yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan stres: 
Cara menghilangkan stres
Gambar: Cara menghilangkan stres
  1. Selalu Berdo’a. Berdo’a merupakan cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan stres, kita sadar bahwa kita tidak dapat menyelesaikan semua urusan kita sendiri tanpa campur tangan sang pencipta, oleh karena itu dengan berdo’a akan membuat kita menjadi lebih tenang karena tidak merasa sendiri. 

  2. Konsumsi makanan untuk menghilangkan stres. Ada banyak makanan yang diketahui dapat menghilangkan stres dengan cara menenangkan syaraf dan memberikan efek bahagia, beberapa makanan yang diketahui dapat membantu menghilangkan stres diantaranya: buah strawberry, coklat, madu dan buah alpukat. 

  3. Hindari begadang. Bagi anda yang tidak memiliki kepentingan sama sekali usahakan untuk menghindari begadang, begadang memiliki banyak efek buruk untuk kesehatan beberapa dampak buruk begadang diantaranya seperti lebih bersiko terkena penyakit jantung, mengalami stres, dan diabetes. Tidur malam lebih dari jam 11 diketahui juga sangat berbahaya karena rentan waktu antara jam 11 sampai jam 1 dini hari merupakan waktu di mana tubuh akan membuang racun, oleh karena itu jika anda melewatkan tidur di jam-jam tersebut akan memperbesar anda untuk terserang penyakit berbahaya. 

  4. Olahraga secara teratur. Sudah tidak diragukan lagi jika berolahraga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan jasamani maupun rohani, berolahraga khusunya di waktu pagi akan memberikan manfaat yang lebih untuk anda. Olahraga akan membantu anda menghilangkan stres sekaligus membuat anda menjadi lebih rileks dan berenergi. Salah satu jenis olahraga yang sangat dianjurkan untuk menghilangkan stres adalah berenang karena berenang diketahui akan membuat Anda lebih tenang saat berada di dalam air, selain itu berenang juga dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. 

  5. Keluar untuk mencari teman. Saat anda merasa tertekan cobalah untuk keluar mencarai teman, berinteraksi dengan orang lain dapat membuat anda menjadi lebih rileks dan tidak merasa sendiri, orang yang sering menghabiskan waktu sendiri atau tidak mau bergaul dengan orang lain biasanya akan lebih beresiko mengalami stres dibanding mereka yang memiliki banyak teman dan sering berinteraksi denga orang lain. 

  6. Hindari alkohol. Sudah kita ketahui bersama bahwa minuman beralkohol memiliki dampak buruk untuk kesehatan dan hampir tidak memiliki manfaat sama sekali, alih-alih untuk menghilangkan masalah dengan menenggak minuman beralkohol anda hanya akan meracuni tubuh dan pikiran anda dengan minuman haram ini. Jadi untuk itu jangan sekali-kali anda mencoba meminumnya apa lagi dengan dalih untuk menghilangkan stres. 

  7. Hindari minuman yang mengandung tinggi kafein. Sebaiknya anda menghindari beberapa minuman yang mengandung tinggi kafein seperti kopi, minuman bersoda dan minuman penambah energi. Kafein memiliki sifat addictive yaitu saat berhenti mengkonsumsinya  akan menyebabkan suatu kecanduan kimiawi di dalam otak sehingga membuat anda menjadi mudah marah, cemas dan juga pusing.
Untuk membantu anda menghilangkan stres gunakanlah cara alami tanpa obat-obatan yang biasanya memiliki efek tidak baik untuk kesehatan dikemudian hari, stres merupakan masalah internal dari dalam diri anda oleh karena itu semua cara akan lebih efektif jika di mulai dari perbaikan diri sendiri.
loading...