Kandungan nutrisi dan Manfaat buah Sawo


Buah sawo merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. kandungan nutrisinya yang lengkap juga sangat baik dikonsumsi bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Buah sawo merupakan buah dengan rasa manis dan tekstur yang lembut sehingga membuatanya digemari banyak orang di seluruh dunia.

Buah Sawo umumnya dapat tumbuh dengan baik di daerah Asia tenggara seperti Indonesia dengan iklim tropis. Buah ini banyak ditanam pada daerah yang memiliki dataran rendah, meskipun demikian buah sawo juga dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 2500 Untuk mengetahui manfaat dan kandungan nutrisi buah sawo mari kita simak:

Manfaat buah Sawo untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah Sawo
Kandungan nutrisi dan Manfaat buah Sawo
  1. Mencegah kanker. Kandungan Vitamin A dan B dalam buah sawo membantu dalam menjaga kesehatan lapisan lendir tubuh dan tekstur kulit. Buah sawo juga memiliki Antioksidan yang memberikan perlindungan tubuh dari serangan kanker. Buah ini juga tinggi serat yang berfungsi mengikat karsinogen (racun) untuk melindungi usus besar dari serangan kanker. 

  2. Membantu Mengatasi sembelit. Buah sawo memang kaya akan kandungan serat yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi sembelit. Mengkonsumsi buah sawo dengan teratur juga dikaitkan dengan penurunan berat badan, akan tetapi walaupun demikian anda tetap tidak boleh mengkonsumsi buah yang  satu ini secara berlebihan karena kandungan gula dalam buah sawo jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak maka akan memberikan efek yang sebaliknya. 

  3. Memperkuat tulang. Untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat selain berolahraga anda juga memerlukan nutrisi dari makanan seperti buah dan sayur. Buah sawo menjadi pilihan yang baik untuk anda karena mengandung berbagai macam mineral yang dibutuhkan untuk tulang seperti zat besi, kalsium dan fosfor. Memenuhi nutrisi tulang dari makanan yang anda konsumsi juga dapat mencegah kerapuhan tulang sekaligus mencegah osteoporosis. 

  4. Memberikan pasokan energi. Buah sawo diperkaya dengan karbohidrat alami yang akan menyuplay tenaga bagi anda untuk beraktivitas. Buah sawo juga sangat baik dikonsumsi bagi para ibu hamil karena dapat membantu mengatasi mual saat hamil dan pusing yang biasanya dirasakan pada awal kehamilan. 

  5. Baik untuk kesehatan mata. Vitamin A dalam buah sawo bekerja dalam melindungi mata dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, sehingga mencegahnya dari katarak dan juga degenerasi makula terkait usia. Selain itu vtamin A juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.
loading...