Tips menjaga kesehatan pencernaan

Memiliki sisitem pencernaan yang sehat dapat menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker usus, maag, disentri dll. Selain itu Sistem pencernaan yang sehat dapat memudahkan tubuh dalam mencerna makanan yang anda konsumsi sehingga mempermudah penyerapan nutirisi. Jika Anda mengabaikan kesehatan pencernaan, tubuh anda akan mengalami masalah dalam mencerna makanan sehingga penyerapan nutrisi menjadi terganggu. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan pencernaan anda:  
Tips menjaga kesehatan pencernaan
Gambar: Tips menjaga kesehatan pencernaan
  1. Makan buah dan sayur. Apakah anda suka makan buah dan sayur? Jika iya berarti anda memiliki kesempatan lebih besar untuk memiliki pencernaan yang sehat. Buah dan sayur merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat penting untuk tubuh anda. keduanya mengandung sumber vitamin, mineral dan juga serat yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan anda secara keseluruhan termasuk juga menjaga kesehatan pencernaan. 

  2. Penuhi kebutuhan serat anda. Memenuhi kebutuhan serat sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaana anda. Selain itu kebutuhan serat yang cukup juga dapat mencegah penyakit kanker usus besar yang sangat berbahaya. Ada banyak makanan yang mengandung tinggi serat seperti kentang, beras merah, gandum, buah alpukat, buah pisang dan berbagai macam sayuran. 

  3. Cukupi kebutuhan air putih anda. Banyak mengkonsumsi air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mencukupi kebutuhan air putih dengan minum 8 gelas air setiap hari akan membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat. Selain itu banyak mengkonsumsi air putih juga dapat membantu mengatasi sembelit dan berbagai macam penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung dan diabetes. 

  4. Mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Mengkonsumsi makanan seperti yogurt yang kaya akan kandungan probiotik akan menghindarkan anda dari masalah pencernaan. Probiotik merupakan bakteri baik yang terdapat dalam saluran pencernaan anda. Saat bakteri buruk dalam saluran pencernaan lebih banyak maka akan mengancam kesehatan pencernaan, untuk itu sangat dibutuhkan makanan yang dapat membantu memperoduksi probiotik alami yang dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus dan membantu memproduksi bakteri baik. 

  5. Hindari makanan yang mengandung tinggi lemak. Secara umum, makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat anda lebih rentan mengalami sembelit. Jadi sangat penting bagi anda untuk mengurangi konsumsi makanan berlemak seperti gorengan sekaligus mengimbangi dengan banyak makan buah-buahan. 

  6. Rajin Berolahraga. Olahraga secara teratur akan membantu tubuh anda dalam mencerna makanan dengan baik sehingga dapat mengurangi resiko sembelit. Setidaknya anda membutuhkan olahraga dua kali seminggu untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. 

  7. Jangan berlebihan mengkonsumsi daging. Daging merupakan sumber protein yang sangat baik untuk pembentukan massa otot, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan efek yang kurang baik untuk kesehatan. Makanan seperti daging sedikit sulit untuk dicerna oleh tubuh sehingga dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Selain itu daging terutama sapi mengandung tinggi lemak sehingga tidak baik dikonsumsi secara berlebih. 

  8. Jangan makan terlalu banyak. Kebanyakan dari orang indonesia memang sering makan terlalu banyak akan tetapi dengan nutrisi yang tidak seimbang, sehingga sangat rentan mengalami gangguan pencernaan. Terlalu banyak makan terutama yang mengandung tinggi karbohidrat dapat memicu naiknya berat badan dan memperbesar resiko penyakit diabetes. Jadi kurangi konsumsi karbohidrat sekaligus menambah asupan vitamin dan mineral harian anda.
loading...