10 manfaat buah mangga dan kandungan nutrisinya

10 manfaat buah mangga yang mengagumkan dan daftar kandungan nutrisinya yang perlu anda ketahui. Semua orang pasti tau buah yang satu ini, buah yang memiliki rasa manis dan mengenyangkan ini memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan perawatan tubuh, hal tersebut tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya, dalam 100 gram buah mangga segar mengandung :
 
Kalsium
10mg
sukrosa 14.8g
Serat 1.8g
besi 0.13mg
magnesium 11mg
Pottasium 156mg
protein 0.51mg
Vitamin A 38mg
Vitamin C 27.7mg
thiamin 0.058mg
Vitamin B2 0.057mg
Vitamin B3 0.548mg
Vitamin B5 0.180mg

Tentunya dengan kandungan nutrisinya yang banyak di atas buah mangga memiliki manfaat yang sangat banyak pula, berikut:
manfaat buah mangga dan kandungan nutrisinya
Gambar: manfaat buah mangga
10 Manfaat buah mangga untuk kesehatan
  1. Menurunkan kolesterol. Kandungan serat dan pektin yang dimiliki buah mangga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Vitamin B6 hadir dalam buah manis ini juga mencegah stroke dan serangan jantung. 

  2. Baik untuk penderita hipertensi. Buah Mangga mengandung tinggi kalium yang merupakan mineral penting untuk membantu mengontrol tekanan darah sehingga sangat baik bagi penderita darah tinggi. 

  3. Sebagai buah untuk diet. Bua Mangga memiliki kandugan vitamin dan serat yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga akan mencegah anda ngemil. Serat dalam buah mangga juga dapat memperlancar proses pencernaan dalam tubuh sehingga dapat membakar kalori sekaligus membantu mengatasi sembelit. Meskipun buah mangga dapat menurunkan berat badan akan tetapi jika anda mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak akan memberikan efek yang sebaliknya. 

  4. Mencegah kanker. Buah Mangga kaya akan kandungan antioksidan seperti quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, flavonoid, beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin yang dapat mencegah resiko kanker mulut. Selain itu Antioksidan membantu dalam perlindungan terhadap radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan penuaan. Jadi mengkonsumsi buah mangga secara teratur  akan membantu anda memperkecil resiko penyakit kanker. 

  5. Aman bagi penderita diabetes. Walaupun buah mangga memiliki rasa manis akan tetapi aman dikonsumsi karena memiliki indeks glikemik yang relatif rendah sekitar 41-60. Walaupun demikian bagi penderita diabetes sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsi buah mangga. Selain buahnya daun mangga juga bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk diabetes. 

  6. Manfaat buah mangga untuk Meningkatkan sistem imun. Buah yang satu ini kaya akan kandunga vitamin C dan A yang merupakan antioksidan penting dalam tubuh yang mampu melawan serangan  berbagai macam penyakit terutama yang menyerang sistem imun seperti flu. Meskipun mengkonsumsi buah mangga tidak serta merta dapat mengatasi flu akan tetapi paling tidak dapat menghindarkan anda darinya. 

  7. Mencegah anemia. Buah mangga diperkaya dengan vitamin dan mineral seperti zat besi yang dapat mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Mengkonsumsi buah Mangga dapat membantu dalam meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Bagi para wanita hamil juga sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan zat besi mereka. 

  8. Baik untuk kesehatan mata. Mata merupakan salah satu organ yang sangat vital dalam tubuh kita yang memiliki fungsi sangat penting untuk menunjang kehidupan kita sehari-hari, oleh sebab itu menjaga kesehatan mata merupakan hal yang wajib dilakukan, nah kabar baiknya mengkonsumsi buah mangga menjadi pilihan yang bisa anda coba untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian anda. kekurangan vitamin A sering dikaitkan dengan masalah gangguan penglihatan seperti kebutaan akibat degenerasi makula. 

  9. Menjaga kesehatan kulit. Manfaat Buah Mangga sangat banyak sekali untuk kesehatan kulit anda, buah mangga memiliki kemampuan menghilangkan flek hitam di wajah akibat jerawat. Vitamin A dan Beta karoten dalam buah yang satu ini berfungsi meremajakan kembali kulit anda sehingga membuat kulit lebih cerah bercahaya. 

  10. Dapat menghilangkan komedo. Apakah anda pernah mendengan jika buah mangga memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo di wajah? mungkin ini tampak sedikit mengejutkan, buah mangga memang memiliki kemampuan dalam mengangkat sel kulit mati dan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan buah mangaa adalah: haluskan buah mangga hingga menjadi pasta. Campur dengan 1 sendok teh susu dan madu. Terapakan keseluruh wajah anda dengan gerakan melingkar, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.
Nah demikian 10 manfaat buah mangga dan kandungan nutrisi yang dimilikinya, semua buah pada dasarnya memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan jadi jangan lupa untuk rutin mengkonsumsinya.
loading...