10 Fakta Manfaat buah tomat untuk kesehatan

10 fakta mengenai manfaat buah tomat untuk kesehatan. Biasanya anda menyebut tomat buah atau sayur? Banyak orang yang menganggap tomat adalah sayur dan bukan buah, padahal kenyataannya tomat masuk dalam katagori buah tapi biasanya dibuat menjadi sayur sehingga lebih dikenal dengan sayur. Tapi dalam artikel kali ini kita tidak akan membahas hal tersebut melainkan kita akan mengungkap manfaat yang dimiliki oleh tomat. Berikut manfaat tomat untuk kesehatan tubuh kita:
manfaat buah tomat
Gambar: Tomat
  1. Memperbaiki kerusakan akibat merokok. Makan buah tomat mungkin tidak akan membuat anda berhenti merokok ataupun menghilangkan semua bahaya merokok akan tetapi paling tidak buah tomat dapat mengurangi jumlah krusakan organ yang diakibatkan oleh rokok. Tomat mengandung asam coumaric dan asam chlorogenic yang bekerja melindungi tubuh dari karsinogen yang dihasilkan dari asap rokok. 

  2. Menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia, pola makan yang tidak sehat, kebiasaan buruk seperti merokok serta kurangnya asupan buah dan sayur menjadi penyebab terbesar munculnya penyakit jantung. Mengkonsumsi tomat dapat menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghindarkan anda dari penyakit jantung karena tomat mengandung Vitamin B dan kalium yang bermanfaat mengurangi kadar kolesterol sekaligus menurunkan tekanan darah yang menjadi penyebab penyakit jantung. 

  3. Untuk kecantikan kulit. Kandungan Lycopene yang ditemukan dalam buah tomat bermanfaat untuk menghaluskan serta menjaga kesehatan kulit anda. Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen dermatologi di Charite University Berlin, menemukan hubungan antara konsumsi suplemen lycopene dengan kulit halus dan berkurangnya keriput. 

  4. Menghambat perkembangan kanker prostat. Menurut sebuah penelitian Pria Amerika yang mengkonsumsi setidaknya empat porsi buah tomat perminggu mengalami penurunan risiko kanker prostat hingga 40 persen. Studi pada laki-laki yang baru didiagnosis kanker prostat menemukan bahwa peningkatan konsumsi produk tomat dipercaya dapat  menurunkan perkembangan kanker.  

  5. Sumber vitamin C. Di dalam buah tomat terdapat berbagai jenis vitamin dan yang paling terkenal adalah Vitamin C.  Vitamin C memiliki fungsi yang sangat vital untuk sistem kekebalan tubuh anda. Orang Dewasa membutuhkan setidaknya 75 mg vitamin C perhari dan 1 cangkir buah tomat mengandung lebih dari 25 g vitamin C yang itu artinya makan 1 cangkir tomat akan mencukupi 1/3 dari kebutuhan vitamin C anda. 

  6. Mencegah sariawan. Makan buah tomat mungkin tidak akan mengobati sariawan akan tetapi kandungan vitamin C yang dimilikinya mampu menghindarkan anda dari resiko sariawan. 

  7. Sumber gizi. Buah biasanya dibuat sayur ini memiliki  kandungan vitamin A yang cukup tinggi yang sangat baik untuk kesehatan mata anda. kandungan flavonoid dalam buah tomat juga berperan sebagai anti-oksidan yang akan membantu melindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Selain itu tomat juga diperkaya dengan asam folat yang baik bagi ibu hamil. 

  8. Mencegah Osteoporosis. Kebanyakan orang menganggap untuk mendapatkan tulang yang sehat hanya perlu mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D saja, padahal selain keduanya Likopen juga dibutuhkan untuk mempertahankan kepadatan massa tulang. 

  9. Mengurangi resiko batu ginjal. Dalam beberapa penelitian diketahui bahwa rutin mengkonsumsi buah tomat tanpa biji telah terbukti mengurangi risiko batu ginjal. 

  10. Baik untuk penderita diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menderita diabetes tipe 2 mengalami penurunan tingkat penggumpalan dalam sel darah saat rutin minum jus tomat.
Ternyata manfaat tomat sangat banyak sekali untuk kesehatan, pastikan anda memilih tomat yang segar untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.
loading...