Tuesday, August 26, 2014

12 Manfaat buah alpukat yang luar biasa

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang karena memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Buah alpukat mungkin tidak memiliki rasa yang manis seperti buah anggur atupun buah-buahan lainnya tapi memiliki nutrisi yang bahkan lebih unggul dari kebanyakan buah-buahan. saya sendiri sebenarnya tidak terlalu menyukai buah alpukat karena rasanya tapi mulai belajar untuk meyukainya setelah tau manfaatnya sangat luar biasa untuk kesehatan. Mari kita simak:
Manfaat buah alpukat yang luar biasa
Gambar: Manfaat buah alpukat

12 Manfaat buah alpukat yang luar biasa
  1. Bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Buah Alpukat kaya akan senyawa yang disebut beta-sitosterol yang telah terbukti cukup efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Dalam sebuah penelitian berhasil mengungkap bahwa pasien hiperkolesterolemia mengkonsumsi buah alpukat selama 7 hari memiliki penurunan kadar kolesterol hingga 17 persen sekaligus peningkatan 11 persen HDL (kolesterol baik). Penelitian tersebut tentunya menunjukkan bahwa buah alpukat memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. 

  2. Baik untuk kesehatan jantung. Ada banyak nutrisi penting dalam buah alpukat yang diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan jantung seperti vitamin B6 dan asam folat, yang membantu mengatur kadar homocysteine​​. Peningkatan homosistein yang tidak terkontrol dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, jadi dengan mengatur kestabilan kadar homosistein akan membantu anda memperkecil resiko terserang penyakit jantung. Selain itu buah alpukat juga mengandung vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menjaga kesehatan jantung.  

  3. Melawan serangan kanker. Kandungan  glutathione yang ditemukan dalam buah alpukat telah diketahui dapat membantu mencegah munculnya beberapa jenis kanker. Para peneliti juga menemukan bahwa ekstrak dari alpukat Hass mampu membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker yang menyebabkan kanker mulut. 

  4. Menghilangkan Bau mulut. Siapa sangka jika buah yang satu ini dapat menghilangkan bau mulut yang mengganggu, hal tersebut bukanlah suatu yang aneh karena buah alpukat dapat membersihkan  lapisan lidah yang menjadi penyebab bau mulut. 

  5. Membantu menurunkan Tekanan darah. Kandungan Kalium yang tinggi dalam buah alpukat bermanfaat mengatur kestabilan tekanan darah, sehingga menjauhkan anda dari beberapa penyakit seperti hiprtensi, gangguan jantung dan stroke. 

  6. Sumber serat makanan. Buah Alpukat sudah dari dulu terkenal karena memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk kesehatan. Serat berfungsi membantu mengurangi kadar kolesterol, membantu menjaga fungsi usus dan menjaga kestabilan gula darah. 

  7. Baik untuk otak. Menrurut Dr Daniel G. Amin Buah alpukat merupakan makanan untuk otak yang sangat baik karena membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer (penyakit lupa ingatan). Buah alpukat memang kaya akan kandungan asam lemak Omega 3 serta vitamin E yang keduanya telah terbukti secara klinis mampu menghentikan penyakit Alzheimer. 

  8. Manfaat buah alpukat untuk kesehatan mata. Dengan anda mengkonsumsi buah alpukat akan meningkatkan Lutein yang bekerja melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak. Tapi Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui sejauh mana peran buah alpukat dalam mencegah kedua penyakit tersebut. 

  9. Kaya akan nutrisi penting. Manfaat buah alpukat memang sangat banyak sekali untuk kesehatan tentunya hal tersebut tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya. Buah alpukat mengandung vitamin B 12, kalsium, zinc serat makanan,kalium, tembaga dan omega-3 yang kesemuanya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. 

  10. Sumber asam folat. Asam folat merupakan nutrisi yang sangat diperlukan selama masa kehamilan. Kurangnya asupan asam folat pada ibu hamil dapat mengakibatkan kecacatan pada bayi. Mengkonsumsi satu buah alpukat sudah memenuhi sekitar sepertiga dari asupan asam folat harian yang direkomendasikan. 

  11. Meningkatkan berat badan. Bagi anda yang memiliki tubuh kurang berisi dan ingin menaikkan berat badan secara alami bisa mencoba buah alpukat karena mengandung kalori dan nutrisi yang cukup lengkap yang membantu menaikkan berat badan.  

  12. Untuk perawatan kulit. Asam amino glutamin yang terdapat dalam buah alpukat membantu membersihkan kulit dan memberikan perlindungan terhadap kotoran dari luar. Selain itu kandungan Asam amino tertentu dan karotenoid anti-oksidan bermanfaat menghilangkan flek hitam di wajah secara alami sekaligus mebantu menghilangkan bekas luka.
Demikian 12 manfaat buah alpukat yang perlu anda ketahui semoga bermanfaat bagi para pembaca.
loading...