12 Manfaat buah anggur dan kandungan nutrisinya

12 Manfaat buah anggur dan kandungan nutrisi yang dimilikinya. Anggur merupakan buah yang memiliki ukuran kecil dengan variasi warna yang banyak seperti ungu, merah dan hijau. Buah anggur bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat menjadi jus. Buah yang satu ini dapat hidup pada musim kemarau panjang tidak seperti kebanyakan tanaman lainnya. Manfaat buah anggur sangat banyak seklai untuk kesehatan sehinga membuatnya semakin dikenal oleh masyarakat di dunia, kandungan senyawa polifenol dan resveratol dalam buah anggur berperan aktif dalam berbagai pencegahan terhadapat penyakit seperti kanker dan Alzheimer.
Manfaat buah anggur dan kandungan nutrisi
Gambar: Variasi buah anggur
12 Manfaat buah anggur dan kandungan nutrisinya
  1. Menjaga kesehatan jantung. Serat dan kalium dalam buah anggur berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Meningkatkan asupan kalium disertai penurunan asupan natrium merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu buah anggur mampu meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah yang mencegah penggumpalan darah sehingga mengurangi resiko serangan jantung. Antioksidan dalam buah anggur diketahui juga mencegah peningkatan kolesterol jahat ( LDL) yang menyumbat pembuluh darah.

  2. Mengatasi sembelit. Buah anggur menjadi salah satu bahan alami yang cukup efektif untuk mengatasi sembelit. Anggur kaya akan serat dan asam organik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi buah anggur secara rutin juga dapat meringankan sembelit kronis. 

  3. Kaya akan nutrisi penting. Buah anggur merupakan salah satu buah mewah yang memiliki kandungan nutrisi lengkap. Buah anggur mengandung vitamin A, B1, B2, B6 dan C yang kesemuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan flavonoid dalam buah anggur sangat bermanfaat meningkatkan kesehatan. Buah anggur juga kaya dengan mineral penting termasuk kalsium, klorin, tembaga, fluor, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, silikon dan belerang. 

  4. Membantu mengatasi rambut rontok. Antioksidan yang terdapat dalam buah anggur sangat diperlukan untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga dapat mencegah kebotakan. Minyak dari biji buah anggur yang diekstrak dapat digunakan sebagai minyak rambut yang memiliki manfaat menyuburkan rambut sekaligus membuatnya lebih lebat dan bercahaya. 

  5. Sumber energi alami. Buah anggur memilki rasa manis yang menunjukkan kandungan gula alami yang dimilikinya cukup banyak, meskipun demikian indeks glikemik dalam buah anggur masih pada tingkat yang aman, jadi anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi buah yang satu ini akan meningkatkan kadar gula darah anda. Anggur bisa menjadi stimulator yang meningkatkan metabolisme tubuh dan menyediakan energi melimpah. 

  6. Menigkatkan fungsi otak. Sebuah Studi di University of Switzerland membuktikan kandungan resveratrol dalam buah anggur dapat mengangkat plak di otak yang menyebabkan penyakit Alzheimer (menurunnya daya ingat). Dalam sebuah penelitian lain di Inggris juga menemukan bahwa siswa yang diberikan resveratrol memiliki efek positif dalam peningkatan aliran darah ke otak hingga 200 persen.  

  7. Pencegahan kanker. Buah anggur kaya akan kandungan antioksidan penting seperti resveratrol. Resveratrol adalah salah satu anti-oksidan kuat yang memberikan perlindungan terhadap beberapa penyakit berbahaya seperti: kanker usus besar, kanker prostat, penyakit jantung koroner, penyakit saraf degeneratif dan penyakit Alzheimer. Fungsi lain dari antioksidan ini adalah melindung tubuh dari serangan infeksi virus dan jamur sehingga anda akan mendapatkan manfaat yang banyak dari mengkonsumsi buah yang memiliki ukuran kecil ini. 

  8. Mencegah degenerasi makula. Degenerasi makula adalah hilangnya penglihatan primer pada seseorang ketika memasuki usia senja, hal ini banyak dialami seseorang yang kurang memenuhi asupan vitamin A di masa mudanya. Selain itu degenerasi makula juga bisa akibatkan oleh radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada mata. Mengkonsumsi buah anggur bisa anda lakukan sebagai langkah pencegahan degenrasi makula tersebut karena anggur merupakan sumber vitamin A dan C yang keduanya merupakan antioksidan alami. 

  9. Memperpanjang rentan hidup. Usia seseorang memang sudah ditentukan oleh Allah SWT, akan tetapi kita juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita untuk kelangsungan hidup lebih lama. Makan beberapa butir buah anggur menjadi pilihan yang bisa anda coba untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Bahkan Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa minum hasil fermentasi dari anggur merah secara ilmiah terbukti mampu mengurangi tingkat kematian yang itu artinya dapat memperpanjang rentan hidup seseorang.  

  10. Manfaat buah anggur untuk Mencegah Alergi. Buah anggur memiliki efek anti-inflamasi dari quercetin, yang membantu untuk meringankan gejala alergi termasuk pilek, mata berair dan gatal-gatal. Akan tetapi penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk menguatkan temuan ini. 

  11. Menjaga kesehatan ginjal. Buah anggur mengandung tinggi kalium yang bermanfaat untuk penurunan risiko stroke, perlindungan terhadap kehilangan massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang dan penurunan pembentukan batu ginjal. 

  12. Manfaat buah anggur untuk kulit. Ekstrak dari biji anggur kaya akan vitamin E yang mempertahankan kelembaban kulit sehingga mampu mengatasi kulit kering secara alami. Mengoleskan sambil sedikit memijat ekstrak biji anggur pada kulit wajah anda dapat penghapus sel-sel kulit mati, sehingga membuat kulit lebih sehat dan halus.
loading...