Wednesday, August 13, 2014

12 manfaat buah pepaya dan kandungan nutrisinya

12 manfaat buah pepaya dan kandungan nutrisinya. Buah pepaya selain memiliki rasa manis yang menggoda ternyata juga menyimpan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Buah pepaya juga cukup murah jika dibandingkan buah-buahan lainnya seperti buah kiwi, buah anggur dan buah apel. Berikut daftar kandungan nutrisi dan manfaat buah pepaya untuk kesehatan:
manfaat buah pepaya dan kandungan nutrisinya
Gambar: Manfaat buah pepaya
12 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan
  1. Menjaga kesehatan pencernaan. Seperti halnya kebanyakan buah-buahan lainnya pepaya juga mengandung serat yang bahkan cukup tinggi untuk membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat. buah yang satu ini memang memiliki tekstur yang lembut sehingga dapat mengatasi sembelit serta memperlancar buang air besar dan gangguan pencernaan lainnya bahkan diare kronis. 

  2. Mengatasi nyeri saat haid. Mengkonsumsi buah pepaya secara teratur diketahui dapat membantu mengatasi nyeri saat haid. Selain itu buah pepaya juga sangat bermanfaat melancarkan menstruasi agar lebih teratur, dengan demikian bagi para wanita khususnya yang masih muda sangat baik makan buah pepaya untuk mengurangi nyeri saat menstruasi. 

  3. Manfaat buah pepaya untuk penyakit jantung. Serangan Jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang di dunia dan merupakan penyebab kematian yang paling sering menimpa orang di seluruh dunia. untuk melakukan pencegahan penyakit jantung salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan seperti buah pepaya. Kalium merupakan salah satu nutrisi yang dimiliki buah pepaya yang bermanfaat untuk meregulasi cairan tubuh. Kalium juga berperan mengontrol aliran darah serta menstabilkan tekanan darah hingga pada tahap yang tepat. Jadi untuk itu mengkonsumsi buah pepaya secara rutin akan membantu menghindarkan anda dari penyakit jantung. 

  4. Manfaat buah pepaya untuk Meningkatkan Sistem imun. Buah berwarna orange ini mengandung tinggi Vitamin C, A dan E yang kesemuanya berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C sangat penting karena tubuh anda tidak dapat memproduksi nutrisi tersebut dari dalam. 

  5. Sumber vitamin B. Saat anda mengalami stres kandungan vitamin B dalam tubuh anda menjadi berkurang, oleh sebab itu anda perlu mengkonsumsi makanan atau buah yang kaya akan kandungan vitamin B. Pepaya mengandung Vitamin B1 dan B6. Bagi para ibu hamil juga sangat baik mengkonsumsi buah pepaya karena merupakan sumber vitamin B9 (asam folat). Memenuhi kebutuhan asam folat ini sangat penting selama masa kehamilan karena membantu mengembalikan pertumbuhan sel sehingga mencegah kecacatan pada bayi. Akan tetapi bagi ibu hamil sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi buah pepaya karena pasalnya pepaya yang masih sedikit mentah mengandung papain yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. 

  6. Sumber betakaroten. Buah pepaya mengandung tinggi betakaroten yang baik untuk kesehatan mata. Betakaroten adalah pigmen berwarna merah jingga biasanya ditemukan pada beberapa jenis tumbuhan dan buah-buahan seperti wortel, buah pepaya dan buah naga. Di alam, beta karoten adalah bentuk awal dari Vitamin A melalui enzim beta-carotene 15,15'-monooxygenase. Manfaat betakaroten adalah sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Beta Karoten juga berfungsi dalam membantu tumbuh kembang sistem penglihatan pada mata anda. 

  7. Memiliki sifat Anti-inflamasi. Buah Pepaya mengandung beberapa enzim anti-inflamasi yang membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis. 

  8. Manfaat buah pepaya untuk Menghilangkan komedo. Selain bermanfaat bagi kesehatan buah pepaya ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan. Cara menghilangkan komedo dengan buah pepaya adalah: potong buah pepaya menjadi kecil-kecil seukuran dadu. Lembutkan dengan menggunakan blender sampai halus dan tambahkan 1 sendok makan madu. Kemudian terapkan pada kulit wajah anda hingga merata. 

  9. Membantu mengobati gigitan serangga. Manfaat pepaya ternyata bukan hanya pada buahnya saja, Kandungan Papain dalam kulit pepaya dapat dijadikan sebagai obat rumahan untuk mengatasi luka gores atau sengatan serangga. Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu dengan cara menggosokkan kulit pepaya pada permukaan kulit yang mengalami luka atau gigitan serangga. 

  10. Mengecilkan pori-pori kulit wajah. Buah pepaya merupakan bahan yang sempurna untuk perawatan, disamping berfungsi sebagai produk perawatan untuk menghilangkan flek hitam di wajah, buah pepaya juga bermanfaat sebagai bahan alami untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Caranya cukup mudah yaitu seperti cara menghilangkan komedo di atas. 

  11. Manfaat buah pepaya dalam Melawan kanker. Buah pepaya diperkaya flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh anda untuk melawan kanker. Buah-buahan yang mengandung tinggi antioksidan diketahui dapat melindungi dari beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. 

  12. Manfaat buah pepaya untuk mata. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology, makan setidaknya tiga porsi pepaya per hari dapat menurunkan resiko degenerasi makula hingga 33%.
Manfaat buah pepaya sangat banyak bukan? selain harganya murah buah pepaya juga cukup mudah ditemukan jadi jangan lupa kalau pergi ke supermarket/pasar untuk membeli buah pepaya.
loading...