15 Manfaat buah kiwi dan kandungan nutrisinya

Dibalik ukurannya yang relatif kecil buah kiwi ternyata menyimpan manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Buah yang memiliki warna daging hijau terang ini memang kurang begitu populer di indonesia, setidaknya sebagai sumber vitamin C buah kiwi masih kalah populer dengan buah jeruk ataupun buah strawberry. Buah ini memang jarang ditemui di pasar-pasar tradisional karena harganya relatif mahal. Bagi anda yang ingin tau lebih banyak mengenai manfaat dari buah kiwi berikut:
Manfaat buah kiwi dan kandungan nutrisinya
Gambar: Manfaat buah kiwi

15 Manfaat buah kiwi dan kandungan nutrisinya
  1. Aman bagi penderita daibetes. Buah Kiwi masuk dalam kategori buah denagn rendah ​​ indeks glikemiknya sehingga aman dikonsumsi mereka yang menderita diabetes karena makan buah kiwi tidak akan meningkatkan gula darah anda secara signifikan. 

  2. Baik untuk jantung. Mengkonsumsi setidaknya 2 buah kiwi setiap harinya dapat mengurangi resiko pembekuan darah hingga 18% dan mengurangi trigliserida sebesar 15%. Dibandingkan dengan obat-obatan seperti aspirin buah kiwi relatif lebih aman dan tidak memberikan efek samping yang merugikan bagi kesehatan. 

  3. Mencegah kebutaan. Masalah hilangnya penglihatan di usia senja merupakan masalah banyak orang di dunia. Buah kiwi memiliki manfaat yang sangat luar biasa dalam mencegah terjadinya kebutaan atau yang biasa disebut degenerasi makula. Tingginya kandungan lutein dalam buah kiwi memainkan peran penting dalam mencegah hilangnya penglihatan akibat degenerasi makula terkait usia. Dalam sebuah penelitian pada 110.000 pria dan wanita yang makan setidaknya 3 buah kiwi setiap hari mengalami penurunan resiko kebutaan sekitar 36% dibandingkan mereka yang tidak makan buah kiwi. 

  4. Memperkuat sistem imun. Buah kiwi mengandung tinggi vitamin C yang dapat memperkuat sistem imun kita, bahkan kandungan vitamin C dalam buah kiwi diketahui lebih tinggi dibandingkan buah jeruk, dalam satu porsi buah kiwi mengandung setidaknya 137 miligram vitamin C atau dua kali lipat dari kebutuhan harian anda. Sistem imun yang kuat juga menjadi salah satu faktor penting untuk membantu tubuh melawan serangan berbagai macam virus berbahaya. 

  5. Mencegah munculnya jerawat. Buah yang satu ini mengandung AHA alami dan sifat anti-inflamasi. Keduanya berperan aktif dalam melawan masalah kulit seperti  jerawat dan membersihkan pori-pori kulit dari kotoran yang menyumbat sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak. Menerapkan buah kiwi pada kulit anda diketahui dapat menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit berminyak. 

  6. Baik untuk ibu hamil. Konsumsi jus buah kiwi selama masa kehamilan dapat membantu mencegah kram otot dan meningkatkan sirkulasi dalam kaki sehingga dapat mencegah munculnya varises pada kaki. Selain itu, buah yang satu ini juga mengandung tinggi asam folat yang dapat mengurangi resiko terjadinya kecacatan saraf pada bayi. 

  7. Mengatasi rambut rontok. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C dan E yang dapat membantu melawan rambut rontok, menjaga kesehatan rambut dan membuatnya lebih lebat secara alami. Selain itu buah kiwi juga diperkaya dengan mineral seperti: magnesium, zinc dan fosfor yang merangsang sirkulasi darah sehingga dapat mempercepat pertumbuhan rambut. 

  8. Pencernaan yang sehat. Sembelit merupakan salah satu indikasi adanya masalah pada pencernaan yang biasanya dipicu kurangnya asupan air putih dan serat. Nah,,buah kiwi dapat menjadi solusi bagi anda yang memiliki masalah pada pencernaan karena mengandung tinggi serat. Selain itu buah kiwi memiliki sifat pencahar alami yang membantu membersihkan saluran pencernaan sekaligus memperlancar BAB.

  9. Menghilangkan ketombe. Selain mencegah rambut rontok konsumsi buah kiwi secara rutin juga dapat memperkuat pembuluh darah dan mengurangi masalah kulit kepala seperti ketombe. 

  10. Membantu mengobati impotensi. Buah yang berwarna hijau terang Ini memiliki kandungan asam amino arginin, vasodilator yang terkenal karena kemampuannya dalam mengobati impotensi pada pria. Untuk itu bagi para pria yang mengalami masalah dengan impotensi tidak ada salahnya mulai mengkonsumsi buah kiwi secara rutin mulai dari sekarang. 

  11. Sumber kalium yang baik. Dalam satu cangkir buah kiwi menyediakan 552mg kalium. Mineral yang satu ini memiliki banyak manfaat di dalam tubuh kita. Kalium memainkan peranan penting dalam membantu menjaga keseimbangan irama jantung. Kurangnya asupan kalium mengakibatkan kelemahan, denyut jantung tidak teratur bahkan dapat memicu stroke. 

  12. Buah untuk diet sehat. Buah Kiwi memiliki rendah kalori dan kaya akan nutrisi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai buah untuk diet. Dalam Satu buah kiwi berukuran sedang hanya mengandung 46 kalori. Selain itu buah kiwi juga memiliki indeks glikemik yang cukup rendah, ditambah dengan kandungan serat yang tinggi merupakan perpaduan yang sangat tepat untuk membantu anda mendapatkan berat badan ideal. 

  13. Mencegah sariawan. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi sangat membantu anda untuk mencegah sariawan dan bibir pecah-pecah. 

  14. Sumber Prebiotik alami. Buah kiwi menjadi salah satu bahan yang cukup potensial untuk dibuat menjadi suplemen prebiotik karena buah yang satu ini memiliki kemampuan dalam meningkatkan kuantitas bakteri baik dan menekan pertumbuhan bakteri merugikan. Meningkatnya jumlah bakteri baik dalam tubuh akan sangat membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat. 

  15. Menjaga kesehatan tulang. Untuk mendapatkan tulang yang kuat memenuhi kebutuhan nutris dari makanan yang anda konsumsi merupakan hal yang harus dilakukan. Buah kiwi menyediakan banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tulang anda seperti kalsium, kalium, vitamin K dan magnesium.
Demikian 15 manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang berhasil saya rangkum, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.
loading...