Tuesday, August 19, 2014

17 manfaat buah apel yang luar biasa

17 manfaat buah apel yang sangat mengagumkan untuk kesehatan. Ada banyak orang yang menyukai buah apel karena rasanya akan tetapi tidak banyak yang tau jika buah apel memiliki manfaat yang mungkin tidak terbayangkan oleh anda. Buah apel memiliki kandungan berbagai macam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Telah ada banyak penelitian yang telah berhasil mengungkap manfaat tersembunyi dari buah apel ini, mulai dari mencegah tumbuhnya sel kanker, meningkatkan sistem imun sampai mencerdaskan otak. Untuk tau lebih banyak mari simak:
manfaat buah apel yang luar biasa
Gambar: manfaat buah apel
17 manfaat buah apel yang luar biasa
  1. Mencegah penyakit jantung. Sebuah penelitian telah mengungkap adanya hubungan antara tingginya asupan serat dengan melambatnya penumpukan plak pada dinding arteri. Senyawa yang disebut fenolik yang ditemukan dalam kulit buah apel diketahui sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Artikel terkait 18 Manfaat buah naga dan kandungan nutrisinya

  2. Mencerdaskan otak. Mengkonsumsi buah apel menjadi salah satu pilihan yang bisa anda coba untuk membantu mengoptimalkan kerja otak, pasalnya Buah apel diketahui dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yang merupakan zat kimia untuk mentransmisikan pesan antara sel-sel saraf otak yang itu artinya akan meningkatkan kinerja otak kita. Menurut hasil penelitian dari University of Massachusetts menerangkan bahwa manfaat buah apel bagi otak kita meliputi mempertajam otak, meningkatkan memori, dan mengurangi resiko penyakit Alzheimer.   

  3. Melawan sel kanker. Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa yang hadir dalam buah apel dapat mengekang pertumbuhan sel kanker. Bahkan Pada sebuah penelitian di italiya menemukan Makan buah apel dapat menghindarkan seseorang dari resiko beberapa jenis kanker seperti kanker mulut, esofagus, usus besar, payudara, ovarium dan kanker prostat sampai 42 persen. 

  4. Menurunkan resiko diabetes. Wanita yang mengkonsumsi setidaknya satu buah apel perhari memiliki resiko 28 persen lebih kecil untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi buah apel.  Hal tersebut dikarenakan buah Apel mengandung serat larut yang dapat mengendalikan lonjakan kadar gula darah. 

  5. Menjaga kesehatan pencernaan. Buah Apel merupakan pencahar alami yang dapat mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. untuk mendaptkan pencernaan yang sehat anda dapat minun jus buah apel yang dicampur denga wortel di pagi hari. Karena kandungan seratnya yang tinggi membuat makan buah apel secara teratur akan membantu melancarkan buang air besar sekaligus memperkecil resiko kanker usus besar. 

  6. Mempercepat pemulihan. Bagi anda yang memiliki aktivitas padat tidak ada salahnya mulai rutin mengkonsumsi buah apel di pagi hari. Buah apel mengandung  asam malat yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja otot, memulihkan otot yang lelah setelah beraktivitas dan mencegah kekakuan pada otot. Buah yang satu ini juga dapat meningkatkan energi anda sehingga sangat baik dikonsumsi bagi para atlet. 

  7. Menjaga kestabilan berat badan. Banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan kelebihan berat badan, di antaranya seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Untungnya mengkonsumsi buah apel dapat membantu menjaga kestabilan berat badan sehingga dapat menghindarkan anda dari obesitas. Dalam memulai program diet salah satu hal yang harus anda lakukan adalah banyak  meningkatkan asupan serat melalui makanan atau buah-bauahan karena buah umumnya mengandung rendah kalori dan tinggi nutrisi. 

  8. Detoksifikasi. Disadari atau tidak setiap hari kita memasukkan racun ke dalam tubuh kita entah itu dari makanan ataupun dari polusi udara  yang setiap hari kita hirup. Menumpuknya racun di dalam tubuh menjadi salah penyebab terbesar munculnya berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker dan serangan jantung. Untuk itu sangat penting bagi anda mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur yang dapat membantu anda mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Buah apel bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda karena buah yang satu ini diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebeas. 

  9. Sumber zat besi. Zat besi merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Zat besi dapat ditemukan pada daging, beberapa jenis buah-buahan dan sayur. Buah apel menyediakan kandungan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Selain itu Zat besi juga sangat dibutuhkan selama masa kehamilan sehingga bagi para ibu hamil sangat baik mengkonsumsi buah apel. 

  10. Mencegah batu empedu. Batu empedu bisa terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu dan mengeras. Kondisi ini biasanya dialami bagi para penderita obesitas karena mereka memiliki timbunan lemak di dalam tubuhnya. Untuk membantu mengurangi resiko batu empedu anda dapat mengkonsumsi buah apel karena mengandung tinggi serat. Serat berperan dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh sehinggan membantu dalam mengurangi penyerapan LDL (kolesterol jahat). 

  11. Mencegah Katarak. Dalam sebuah Studi menerangkan orang yang makan lebih banyak buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti buah apel memiliki resiko 10 sampai 15 persen lebih kecil untuk terkena katarak. 

  12. Meningkatkan sistem imun. Antioksidan dalam buah apel selain dapat mencegah kanker juga berperan sebagai perisai bagi tubuh anda untuk melawan berbagai serangan penyakit sehingga mengkonsumsi buah apel sering dikaitkan dengan peningkatan daya tahan tubuh. Artikel terkait

  13. Manfaat buah apel untuk memutihkan gigi. Buah apel bekerja seperti layaknya sikat gigi alami yang dapat memutihkan gigi sekaligus menjaganya dari kerusakan. 

  14. Menjaga kesehatan kulit. Buah apel dapat mencerahkan sekaligus menjadikan kulit anda lebih sehat karena memiliki kandungan kolagen. 

  15. Mencegah asma. Peneliti di Inggris baru-baru ini menunjukkan bahwa konsumsi buah apel dapat melindungi paru-paru orang dewasa sehingga menurunkan resiko asma dan kanker paru-paru.

  16. Mengatasi rambut rontok. Kandungan biotin dalam buah apel bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan rambut sekaligus membuatnya lebih kuat dan lebat sehingga dengan mengkonsumsi buah apel akan menghindarkan anda dari kebotakan. 

  17. Manfaat buah apel untuk mencegah dehidrasi. Buah apel memiliki kandungan air dan berbagai macam vitamin yang dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas.
loading...