17 Manfaat mentimun dan kandungan nutrisinya

17 Manfaat mentimun dan nutrisi yang dikandunganya. Ada kabar gembira Bagi anda yang suka menjadikan mentimun sebagai lalapan, pasalnya sayur yang menyegarkan ini memiliki manfaat yang sangat mengagumkan untuk kesehatan. Selain bisa digunakan sebagai lalapan Kelebihan mentimun adalah harganya yang cukup terjangkau dan mudah didapatkan karena tersedia di berbagai supermarket dan pasar-pasar tradisional. Untuk tau lebih banyak mengenai apa saja manfaat dari sayur yang satu ini mari kita simak:
17 Manfaat mentimun dan kandungan nutrisinya
Gambar: mentimun

17 Manfaat mentimun dan kandungan nutrisinya
  1. Mencegah dehidrasi. Mentimun mengandung 95% air sehingga dapat mencegah kekurangan cairan dalam tubuh atau yang biasa disebut dehidrasi. Mencukupi kebuthan air dalam tubuh sangat penting karena kekurangan air akan menyebabkan masalah kesehatan seperti sembelit, menurunnya konsentrasi sampai dengan kegemukan. Anda bisa mencegah dehidrasi tubuh melalui air yang anda minum sampai mengkonsumsi buah atau sayur yang memiliki tinggi kandungan air seperti mentimun. 

  2. Dapat menurunkan berat badan. Anda tidak pelu khawatir jika mengkonsumsi mentimun akan membuat anda menjadi gemuk karena Menetimun sangat rendah kalori dan mengandung tinggi serat yang sangat dibutuhkan selama anda menjalani diet. Selain itu mengkonsumsi mentimun juga akan membuat anda merasa kenyang sehingga anda akan menjauhi kebiasaan ngemil. 

  3. Mengurangi minyak berlebih. Sayur yang satu ini juga dapat digunakan sebagai bahan perawatan wajah, caranya adalah: tempelkan mentimun pada permukaan kulit anda selama 15 menit kemudian angkat. Cara tersebut sangat efektif untuk mengatasi kulit berminyak yang menjadi penyebab jerawat. 

  4. Agen anti kanker. Siapa sangkan jika mentimun yang biasanya hanya dibuat sebagai lalapan ini ternyata dapat melawan kanker, anda ingin tau bagaimana hal tersebut bisa terjadi? jawabannya adalah mentimun mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol yang diketahui dapat memerangi beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat. 

  5. Baik untuk penderita hipertensi. Ada banyak orang yang mengatakan bahwa mengkonsumsi mentimun dapat menurunkan tekanan darah tinggi, anda percaya? Faktanya mentimun memang mengandung berbagai macam nutrisi penting yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi seperti kalium dan serat. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini berhasil mengungkap bahwa  mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalium, magnesium dan serat dapat mengurangi tekanan darah.  untuk itu bagi penderita hipertensi tidak ada salahnya mulai dari sekarang rutin mengkonsumsi mentimun.  

  6. Manfaat mentimun untuk Mencegah Alzheimer. Anda tau Alzheimer  itu apa? Alzheimer  adalah penyakit hilangnya ingatan yang disebabkan oleh sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan,  sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Salah satu Manfaat mengkonsumsi mentimun  adalah anda akan terhindar dari peyakit tersebut karena mentimun  mengandung flavonol yang disebut fisetin sebagai anti-inflamasi yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan otak. Selain mencegah penyakit Alzheimer mengkonsumsi mentimun juga mampu meningkatkan daya ingat dan melindungi sel-sel saraf anda yang terjadi akibat bertambahnya usia. 

  7. Menghilangkan bau mulut. Mengoleskan mentimun pada langit-langit mulut anda selama beberapa menit akan membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut sehingga nafas anda menjadi lebih segar. Selain  bakteri Bau mulut juga bisa disebabkan karena kelebihan panas di perut, kabar baiknya adalah mentimun dapat mendinginkan perut secara alami karena mengandung tinggi air sehingga dapat menghilangkan bau mulut.  

  8. Meningkatkan kesehatan pencernaan. Kombinasi antara kandungan air dan serat dalam mentimun sangat efektif untuk melancarkan buang air besar sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan anda. 

  9. Manfaat mentimun untuk Mencegah asam urat. Makan mentimun secara rutin ternyata juga dapat Meningkatkan kesehatan sendi anda sehingga mengurangi asam urat dan rematik. Mentimun diperkaya dengan vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium yang berkontribusi besar terhadap pencegahan penyakit asam urat. Selain itu mengkonsumsi mentimun dengan dicampur wortel secara rutin juga sangat baik untuk meringankan rasa sakit bagi penderita asam urat. 

  10. Menangkal radikal bebas. Mentimun memiliki kandungan Flavonoid dan tanin yang merupakan antioksidan penting dalam menangkal radikal bebas. Keduanya juga dapat bekerja sebagai penghilang rasa sakit sehingga mentimun sering digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit kepala. 

  11. Meningkatkan energi. Jika anda ingin mendapatkan energi yang banyak tidak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi mentimun. Kandungan Vitamin B dan Karbohidrat dalam mentimun akan memberikan energi bagi kebutuhan tubuh anda tanpa harus mengkonsumsi minuman berenergi. 

  12. Menghilangkan kantung mata. Memiliki kantung mata pastinya sangat mengganggu penampilan karena membuat anda terlihat lesu dan kurang bersemangat. Untuk menghilangkan kantung mata anda tidak perlu susah-susah membeli produk perawatan yang harganya mahal karena mentimun dapat melakukannya. Caranya adalah: iris mentimun menjadi bagian yang tipis kemudian tempelkan pada kedua mata anda, tunggu sekitar 20 menit kemudian angkat. 

  13. Meringankan stres. Kandungan  Vitamin B dalam mentimun bermanfaat membantu mengatur fungsi kelenjar adrenal yang mengurangi tingkta stres. 

  14. Untuk ginjal yang sehat. Penyakit asam urat selain sangat menyiksa ternyata juga bisa berbahaya bagi ginjal anda karena memicu terbentuknya batu ginjal. Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika mentimun dapat meringankan penyakit asam urat yang itu artinya juga dapat mencegah penyakit ginjal. 

  15. Baik untuk penderita diabetes. Pasien diabetes dianjurkan untuk memasukkan mentimun ke dalam menu hariannya karena  mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin yang sangat bermanfaat bagi para pasien diabetes.  

  16. Menurunkan kolesterol. Para peneliti telah menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol sehingga bermanfaat bagi kesehatan jantung anda. 

  17. Mengeluarkan racun. Kandungan air yang melimpah dalam mentimun memiliki manfaat mengeluarkan racun dari dalam tubuh anda. selain itu mengkonsumsi mentimun juga dapat melarutkan batu ginjal.
Bagaimana,,setelah membaca artikel mengenai 17 manfaat mentimun dan kandungan nutrisinya di atas apakah anda tertarik untuk membeli mentimun?
loading...