Monday, August 18, 2014

18 Manfaat buah naga dan kandungan nutrisinya


Manfaat buah naga sangat banyak sekali untuk kesehatan dan pencegahan penyakit berbahaya karena memiliki berbagai macam nutrisi yang sangat diperlukan untuk keseimbangan organ-organ penting di dalam tubuh kita. Buah naga adalah tanaman sejenis kaktus dari keluarga Hylocereus dan Selenicereus yang memiliki bentuk daun segitiga dengan duri di sepanjang daunnya. Manfaat buah naga yang paling terkenal adalah untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung tinggi vitamin A. Ada banyak manfaat lain dari buah naga yang perlu anda ketahui di antaranya adalah:
Manfaat buah naga dan kandungan nutrisinya
Gambar: Manfaat buah naga
18 Manfaat buah naga dan kandungan nutrisinya
  1. Sebagai Antibakteri. Buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena bermanfaat sebagai antijamur dan antibakteri. Karena kemampuannya itu pulalah yang membuat buah naga dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh yang berfungsi melawan racun dan menghambat pertumbuhan jamur atau bakteri dalam tubuh. 

  2. Mencegah sembelit. Tingginya kandungan serat dalam buah naga berperan dalam meningkatkan sistem pencernaan anda sehingga dapat mencegah sembelit. Pencernaan yang sehat juga menjadi salah satu kunci kesehatan anda secara keseluruhan karena dengan pencernaan yang bekerja optimal akan membuat tubuh lebih mudah menyerap nutrisi. 

  3. Mencegah diabetes. Selain bermanfaat untuk pencernaan serat juga berperan dalam membantu mengatur kadar gula darah yang pada akhirnya akan menghindarkan anda dari resiko diabetes. Akan tetapi konsumsi buah naga secara berlebihan akan memberikan efek yang sebaliknya karena buah ini juga memiliki kandungan gula, oleh karena itu tetap makan buah naga dalam jumlah yang normal. 

  4. Jantung yang sehat. Buah naga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Kelebihan kolesterol dalam darah juga menimbulkan masalah kesehatan yang serius karena akan membentuk plak di pembuluh darah dan jika kondisi tersebut dibiarkan maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan stroke. 

  5. Mengandung tinggi antioksidan. Buah naga merupakan sumber antioksidan alami untuk mencegah bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah naga merah memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti lypopene, flavanoid dan phytoalbumins yang bermanfat  untuk mencegah kanker dan efek buruk lainnya yang diebabkan oleh radikal bebas. 

  6. Baik untuk ibu hamil. Manfaat buah naga ternyata juga bisa dirasakan oleh ibu hamil kerena buah yang atu ini memiliki  sejumlah zat besi dan asam folat, keduanya merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Dengan mengkonsumsi buah naga akan membantu sang calon ibu untuk mengalami kekurangan sel darah merah. 

  7. Sumber vitamin C. Vitamin C memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan salah satunya mencegah asma. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para penderita asma lebih sering mereka yang memiliki asupan vitamin C yang kurang di dalam tubuh mereka. Maka dari itu cobalah untuk makan lebih banyak buah naga untuk menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit. 

  8. Baik untuk kesehatan mata. Meningkatkan asupan vitamin A dalam  menu harian akan membantu anda mendapatkan mata yang sehat. Buah naga mengandung vitamin A dalam bentuk karoten yang dibutuhkan oleh retina mata untuk bekerja lebih optimal. Selain itu konsumsi buah-buahan yang tinggi kandungan Vitamin A akan mencegah dari Rabun senja dan degenerasi makula.  Mungkin anda ingin membaca 12 manfaat buah anggur dan kandungan nutrisinya.

  9. Meningkatkan sistem imun. Buah yang memiliki rasa asam manis ini memang kaya akan kandungan nutrisi yang meliputi vitamin: C, B1, B2, B3, dan mineral : kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin dan serat yang membuatnya dapat  meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Mencukupi asupan vitamin dan mineral dalam menu harian anda akan membantu melawan bakteri dan virus dalam tubuh. 

  10. Mengatasi jerawat. Mungkin anda tidak menyangka bahwa buah yang satu ini dapat digunakan sebagai bahan penghilang jerawat secara alami. Caranya adalah: Buatlah pasta dari buah naga dengan menggunakan blender. Kemudian oleskan pasta tadi pada bagian wajah yang berjerawat, setelah selesai bilas wajah anda dengan air hangat sampai bersih.
Manfaat buah naga yang lain adalah:
  • Menguatkan tulang dan gigi
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Mencegah asma
  • Mencegah sariawan
  • Memberikan pasokan energi
  • Memperlambat proses penuaan
  • Menurunkan kolesterol
  • Menurunkan berat badan
Demikian pembahasan mengenai 18 manfaat buah naga untuk kesehatan dan pencegahan penyakit, semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk memulai hidup sehat. Baca juga 12 manfaat buah pepaya dan kandungan nutrisinya.
loading...