6 Manfaat buah rambutan untuk kesehatan

Rambutan merupakan salah satu tanaman buah yang berasal dari kawasan Asia tenggara yaitu Indonesia dan Malaysia. Buah yang satu ini dinamakan rambutan karena memiliki rambut yang menyerupai duri pada bagian kulitnya yang menjadi salah satu ciri khas buah rambutan. Buah rambutan diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan walaupun mungkin banyak orang yang tidak mengetahuinya. Berikut beberapa daftar manfaat buah rambutan untuk kesehatan:
Manfaat buah rambutan untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah rambutan
  1. Meningkatkan energi. Karbohidrat dan protein yang terdapat dalam buah rambuat bermanfaat meningkatkan energi sekaligus membantu mengatasi perut kembung. Buah Rambutan juga kaya akan kandungan air yang mampu mencegah dehidrasi dan secara cepat mennggantikan cairan tubuh yang hilang. 

  2. Mencegah kanker. Salah satu senyawa yang terdapat dalam buah rambutan adalah asam Galia. Senyawa ini berfungsi melawan radikal bebas sehingga mampu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat memicu kanker. 

  3. Sumber vitamin C. Banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C seperti buah rambutan sangat baik untuk memperkuat sistem imun anda.  Dalam  100 g daging buah ini mencukupi sekitar 40 persen dari asupan vitamin yang anda butuhkan perhari. 

  4. Kaya akan kandungan mineral. Mengkonsumsi buah rambutan dapat membantu anda memenuhi kebutuhan zat besi harian anda karena buah yang satu ini diperkaya dengan kandungan zat besi.  Mencukupi kebtuhan zat besi akan mencegah anemia yang ditandai dengan lelah, letih dan pusing. Mineral lain yang dimiliki buah rambutan adalah fosfor. Fosfor sangat berguna bagi tubuh anda karena bermanfaat menyaring limbah dalam ginjal yang diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan semua jaringan sel. 

  5. Obat untuk menurunkan demam. Selain daging buahnya kulit rambutan ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional penurun demam. Cara menurunkan demam dengan ramuan kulit rambutan adalah: Ambil 15 gram kulit rambutan yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih kurang lebih selama 15 menit. Diamkan sampai dingin kemudian saring dan minum tiga kali sehari. 

  6. Menguatkan tulang. Buah rambutan diketahui memiliki kandungan kalsium yang kita ketahui bersama sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selain kalsium kandungan fosfor dalam buah yang satu ini juga dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang anda.
Ada banyak manfaat lain yang dimiliki buah rambutan diantaranya adalah meringankan Sakit kepala, migrain, nyeri pada punggung, arthritis bahkan stres. Akan tetapi karena kurangnya informasi yang saya dapatkan mungkin hanya 6 manfaat buah rembutan tersebut di atas yang bisa saya ulas, semoga bermanfaat bagi pembaca.
loading...