7 Manfaat buah durian untuk kesehatan

Anda suka makan buah durian? buah yang memiliki aroma menyengat ini memang menjadi salah satu primadona banyak orang di Indonesia, akan tetapi tidak jarang juga banyak orang yang mengaku tidak suka dengan durian terutama karena baunya yang menyengat

Selama ini buah durian sering dikaitkan dengan isu negatif karena memiliki banyak efek buruk untuk kesehatan mulai dari memicu naiknya gula darah, dapat menaikkan berat badan sampai meningkatnya kolesterol sehingga membuat para pecinta buah yang satu ini menjadi takut untuk makan durian. Mungkin semua itu ada benarnya jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan, akan tetapi selama anda makan dengan porsi yang pas insya Allah bukan penyakit yang akan anda dapatkan melainkan manfaat yang banyak untuk kesehatan. Nah untuk tau lebih banyak mengenai manfaat buah berduri ini mari kita simak 7 Manfaat buah durian untuk kesehatan
Manfaat buah durian untuk kesehatan
Gambar: Manfaat buah durian
  1. Kaya akan kandungan vitamin C. Buah durian merupakan salah satu sumber vitamin C yang sangat baik bagi tubuh anda, dalam 1 angkir buah durian memenuhi sekitar 80% kebutuhan vitamin C harian anda. Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting bagi kulit anda untuk membuatnya tetap cantik alami, selain itu Vitamin C juga dapat mencegah sariawan. Baca juga buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C. 

  2. Menjaga kesehatan tulang. Durian mengandung beberapa mineral penting yang dapat mempertahankan kepadatan tulang secara alami, kalsium dan kalium dalam buah durian bekerja dalam menjaga kesehatan tulang serta mencegahnya dari kerapuhan. Selain baik untuk tulang kalsium juga sangat diperlukan untuk memperkuat gigi anda. 

  3. Baik untuk kesehatan pencernaan. Buah durian mengandung tinggi serat yang bekerja menjaga kesehatan pencernaan anda. mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat juga sering dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan pencegahan kanker perut. 

  4. Mengatasi migrain. Buah durian memiliki Kandungan riboflavin (vitamin B2) sehingga membuatnya memiliki kemampuan untuk mengobati sakit kepala sebelah atau yang biasa kita kenal dengan migrain. 

  5. Kaya akan zat besi. Salah satu mineral yang ditemukan dalam buah durian adalah zat besi yang berperan untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Selain itu fungsi lain dari zat besi bagi tubuh kita adalah membantu  pembentukan hemoglobin atau sel darah merah dan meningkatkan fungsi otak. 

  6. Menjaga kestabilan gula darah. Kandungan mangan dalam buah durian juga dapat menjaga kestabilan gula darah anda sehingga dapat mencegah diabetes selama tidak dikonsumsi secara berlebih. akan tetapi walaupun demikian durian juga bisa berbahaya bagi penderita diabetes karena memiliki kandungan glukosa. Untuk berjaga-jaga sebaiknya penderita diabetes dianjurkan tidak mengkonsumsi buah yang satu ini. 

  7. Memiliki kandungan serotonin. Bagi anda yang memiliki masalah dengan mental seperti depresi sangat baik mengkonsumsi buah yang satu ini karena mengandung serotonin. Serotonin bekerja untuk mengubah mood seseorang menjadi lebih baik sehingga memberikan efek bahagia.
loading...