Manfaat bee pollen dan kandungan nutrisinya

Lebah mengumpulkan serbuk sari dari Bunga jantan atau bee pollen sebagai makanan bagi anak-anak mereka, bee pollen diangkut dengan menggunakan bantuan sisir khusus dan rambut pada kaki belakang mereka, zat lengket yang dikeluarkan dari perut lebah akan membuat serbuk sari ini menjadi butiran-butiran kecil yang menempel pada kaki belakang lebah sehingga mudah untuk di bawa ke sarang.

Bee pllen merupakan salah satu makanan super yang kaya akan berbagai macam kandungan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bee pollen sendiri sudah digunakan selama berabad-abad yang lalu sebagai salah satu suplemen alami yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit dan memberikan pasokan energi. Bee pollen sering digunakan oleh para atlet sebagai makanan tambahan mereka agar lebih berenergi saat bertanding di lapangan, mereka memilih bee pollen dibandingkan dengan obat-obatan pendongkrak stamina karena dinilai lebih aman dan tidak memiliki efek smping yang merugikan.
Manfaat bee pollen dan kandungan nutrisinya
Gambar: Manfaat bee pollen
Kandungan nutrisi dalam bee pollen sangat lengkap sekali meliputi vitamin, mineral, asam amino, flavonoid dan juga enzim yang diperlukan untuk vitalitas. Vitamin memiliki fungsi sangat banyak untuk kesehatan, sebagai contoh saja vitamin C dalam bee pollen sangat baik untuk kesehatan kulit, membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih optimal dan menjadi antioksidan penting untuk melawan serangan berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 25 wanita yang menderita kanker Rahim telah menunjukkan bahwa bee pollen dapat memberikan efek yang positif dalam melawan sel-sel kanker.

Untuk mendapatkan tulang yang sehat dan juga kuat selain berolahraga secara teratur anda memerlukan asupan nutrisi seperti vitamin D dan juga kalsium, kabar baiknya adalah bee pollen memiliki kedua nutrisi tersebut. Kurangnya asupan kalsium akan memicu kerapuhan pada tulang sehingga memperbesar resiko osteoporosis di masa tua karena sebagian besar unsur pembentuk tulang adalah kalsium.

Kandungan Flavonoid dalam bee pollen memiliki manfaat untuk memperlambat proses penuaan dan memperpanjang rentan hidup, sehingga mengkonsumsi bee pollen secara teratur dapat membuat anda menjadi lebih awet muda. Flavonoid dalam bee pollen juga bekerja sebagai antioksidan yang dapat melawan sel kenkar dan diare.

Mengkonsumsi bee pollen dengan dosis sekitar dua kapsul dapat membantu anda mengatasi masalah alergi, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki alergi pun dianjurkan untuk secara rutin mengkonsumsi bee pollen sebagai langkah pencegahan. Selain kemampuannya dalam mengatasi masalah alergi bee pollen ternyata juga cukup efektif digunakan sebagai makanan penghilang stress. mengkonsumsi bee pollen secara rutin dapat membantu menurunkan tingkat stres atau depresi sekaligus memberikan efek menenangkan.

Berikut beberapa daftar manfaat bee pollen untuk kesehatan
  • Membantu mencegah anemia 
  • Meringankan asma 
  • Mengatasi depresi dan gangguan mental 
  • Meningkatkan sistem imun tubuh 
  • Memperlambat proses penuaan 
  • Membantu mengatasi rematik 
  • Menurunkan berat badan secara alami 
  • Menguatkan tulang dan gigi 
  • Sumber energi bagi tubuh 
  • Memulihkan tenaga dengan cepat setelah aktivitas fisik 
  • Mencegah alergi 
  • Menjaga kesehatan kulit 
  • Menghindarkan anda dari jerawat 
  • Membantu menurunkan kolesterol
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan diharapkan semakin banyak mengungkap manfaat lain dari bee pollen yang saat ini masih belum diketahui oleh manusia.
loading...