10 Manfaat buah delima dan kandungan nutrisinya

Manfaat buah delima untuk kesehatan dan daftar kandungan nutrisinya. Buah delima atau yang dalam bahasa ilmiah disebut punica granatum merupakan salah satu buah yang memilki banyak manfaat untuk kesehatan dan dipercaya berasal dari daerah timur tengah tepatnya Iran.  Pohon delima dapat tumbuh sekitar lima sampai delapan meter. Buah yang satu ini dibudidayakan secara komersial di beberapa negara seperti India, Iran, kaukus, dan wilayah Mediterania. Buah delima memiliki kulit luar yang keras dan tekstur kasar dengan ukuran sekitar 6-10 cm dan berat hingga 200 gram. 
Manfaat buah delima dan kandungan nutrisinya
Gambar: Buah delima
Kandungan nutrisi buah delima

Energi 83 kkal 4%
Karbohidrat 18.70 g 14%
Protein 1.67 g 3%
Total Lemak 1.17 g 6%
Kolesterol 0 mg 0%
Dietary Fiber 4 g 11%
vitamin
Folat 38 mg 9,5%
Niacin 0.293 mg 2%
Asam pantotenat 0.135 mg 3%
Pyridoxine 0.075 mg 6%
Riboflavin 0.053 mg 4%
Thiamin 0.067 mg 5,5%
Vitamin A 0 IU 0%
Vitamin C 10,2 mg 17%
Vitamin E 0,60 mg 4%
Vitamin K 16,4 mg 14%
elektrolit
Sodium 3 mg 0%
Kalium 236 mg 5%
mineral
Kalsium 10 mg 1%
Tembaga 18% 0.158 mg
Besi 0.30 mg 4%
Magnesium 12 mg 3%
Mangan 0.119 mg 5%
Fosfor 36 mg 5%
Selenium 0,5 mg 1%
Zinc 0.35 mg 3%

Manfaat buah delima untuk kesehatan
  1. Melawan Kanker. Dalam Berbagai penelitian telah diketahui bahwa kandungan antioksidan dan polifenol yang terdapat dalam buah delima dapat membunuh sel-sel kanker sekaligus membantu mencegah penyebarannya. Selain itu antioksidan dalam buah delima juga baik untuk melindungi kulit dari kerusakan. 

  2. Sebagai buah untuk diet. Buah delima diperkaya dengan serat dan vitamin sekaligus rendah kalori yang membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai buah untuk diet sehat. mengkonsumsi Makanan yang kaya akan kandungan serat seperti buah delima dapat membantu menjaga kestabilan berat badan sekaligus mengurangi risiko penyakit kronis yang diakibatkan oleh obesitas. 

  3. Sumber vitamin C. Buah yang satu ini merupakan sumber vitamin-C, yang menyediakan sekitar 17% kebutuhan harian anda per 100 gram daging buahnya. Memenuhi kebutuhan vitamin C sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh anda dalam melawan infeksi dan gangguan kesehatan dari luar. Buah lainnya yang mengandung tinggi vitamin C 7 Manfaat buah markisa untuk kesehatan

  4. Mencegah penyakit jantung. Kandungan antioksidan dalam buah delima sangat tinggi bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan antioksidan dalam teh hijau dan anggur merah. Antioksidan tersebut selain dapat melawan sel kanker ternyata juga sangat baik untuk kesehatan jantung anda. Buah yang memiliki warna merah ini juga diperkaya dengan serat makanan dan senyawa punicalagins, keduanya bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol sehingga memperkecil resiko penyakit jantung. 

  5. Mengurangi tingkat stres. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Queen Margaret University, mengkonsumsi  jus delima dapat membantu anda mengurangi tingkat stres secara signifikan. Hal ini dikarenakan orang yang makan buah delima memiliki kortisol yang juga dikenal sebagai hormon stres. 

  6. Memperlambat penuaan. Pengobatan herbal di cina telah mengutip bahwa jus delima digunakan sebagai pengobatan penuaan, ini tentunya juga bisa dikatakan bahwa mengkonsumsi  buah delima dapat memperpanjang usia seseorang. Ilmu pengetahuan moderen dan industri kosmetik juga setuju klaim ini, pasalnya penerapan produk yang mengandung ruby buah merah dapat mengurangi keriput sehingga membuat anda terlihat awet muda. 

  7. Menjaga kestabilan tekanan darah. Buah Delima dikenal dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Jus buah delima diketahui dapat mengurangi peradangan di pembuluh darah pada pasien penyakit jantung. Buah delima bisa dikatakan sebagai aspirin alami karena dapat mencegah pembekuan pada darah untuk membentuk gumpalan. 

  8. Manfaat buah delima untuk Mencegah Anemia. Anemina merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah dalam tubuh. untuk mambantu mengobatinya anda memerlukan makanan yang mengandung tinggi zat besi seperti buah delima.  

  9. Mencegah osteoporosis. Sebagai langkah pencegahan osteoporosis anda dapat minum jus buah delima secara rutin. Hal tersebut dikarenakan sari buah delima dapat mencegah kerusakan yangt terjadi pada tulang rawan. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition, mengungkap bahwa ekstrak dari buah delima bermanfaat menurunkan tingkat bahan kimia yang disebut interleukin-1b (IL-1b) yang dapat mengikis tulang rawan sehingga dapat memperbesar resiko osteoporosis. 

  10. Mencegah penyakit alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah kondisi dimana terjadi penurunan daya ingat secara bertahap, yang biasanya juga dibarengi dengan perubahan kepribadian dan kemampuan untuk mengekspresikan diri. Hingga saat ini tindakan medis tidak ada yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut, tetapi dapat dicegah salah satunya dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi antioksidan.  Menurut penelitian yang dilakukan oleh Richard Hartman dari Loma Linda University, minum segelas jus buah delima yang kaya dengan kandungan antioksidan dapat membantu mengurangi penumpukan protein yang menjadi penyebab penyakit Alzheimer.
Manfaat buah delima yang belum dibahas dalam artikel ini tentunya masih banyak lagi, akan tetapi hanya ini informasi yang bisa saya berikan, semoga bisa menambah wawasan anda. baca juga 10 manfaat buah mengkudu yang luar biasa
loading...