10 Manfaat buah mengkudu yang luar biasa

Manfaat buah mengkudu yang sangat mengagumkan untuk kesehatan. Buah mengkudu sudah lama dikenal sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan. Bahkan Bangsa Polinesia telah menggunakan buah mengkudu selama ribuan tahun untuk membantu mengobati berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, luka bakar, radang sendi, tumor dan infeksi. Hal ini tidak terlepas dari manfaat buah mengkudu yang sangat mengagumkan untuk kesehatan.
Manfaat buah mengkudu
Gambar: Buah mengkudu
10 Manfaat buah mengkudu yang luar biasa
  1. Antidepresi/sedatif. Buah mengkudu dapat merangsang seratonin dan melatoning yang merupakan hormon penting. Seratonin bermanfaat mempengaruhi suasana hati, mebantu mengendalikan dan emosi. ketidakseimbangan hormon ini dalam tubuh akan mengakibatkan depresi dan gangguan mental. Melatonin yang terdapat dalam buah mengkudu juga dapat mengatur ritme Circadian, yang membantu mengatasi susah tidur, dan juga meningkatkan mood anda.  

  2. Agen anti kanker. Buah mengkudu diketahui mampu merangsang produksi oksida nitrat. Nitrat oksida adalah zat yang sangat berguna untuk mengurangi pertumbuhan tumor dan membantu tubuh melawan replikasi sel kanker. Selain itu buah mengkudu mengandung zat yang kaya polisakarida imunomodulator yang juga dikenal sebagai noni-ppt yang akan melawan kanker.  

  3. Menurunkan kadar Gula Darah. Pada sebuah penelitian di University of the West Indies yang menjadikan hewan sebagai objek penelitian telah menunjukkan bahwa buah mengkudu dapat mengendalikan kadar glukosa dalam darah. Dalam penelitian tersebut para peneliti memberikan obat dari buah mengkudu pada tikus yang menderita kelebihan kadar gula selama 20 hari. Hasil dari penelitian tersebut berhasil mengungkap bahwa buah mengkudu  sangat efektif untuk menurunkan gula darah. 

  4. Mencegah alergi. Dalam Buah mengkudu terdapat scopoletin yang bertindak sebagai antihistamin. Scopoletin  tersebut telah terbukti efektif digunakan sebagai bahan pengobatan banyak gejala alergi seperti ruam pada kulit, gatal-gatal, asma, hidung tersumbat, mata merah berair, dan demam. Jadi, bagi anda yang memiliki masalah dengan alergi dapat mengambil obat yang terbuat dari buah mengkudu setiap hari. 

  5. Sebagai anti-inflamasi. Salah satu keuntungan yang anda dapatkan dari mengkonsumsi buah mengkudu adalah mengatasi nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan buah mengkudu mengandung  enzim anti-inflamasi yang cukup efektif membantu dalam mengatasi gejala nyeri yang dialami saat haid dan endometriosis pada wanita. Buah mengkudu juga sangat baik bagi wanita  yang dalam masa menstruasi karena akan membantu meningkatkan mood dengan merangsang produksi serotonin. 

  6. Sebagai obat untuk banyak penyakit. Beberapa studi menunjukkan bahwa buah mengkudu dapat membantu regenerasi sel dengan merangsang kelenjar pineal. Studi ini juga menunjukkan bahwa regenerasi sel dari substansia nigra dapat membalikkan banyak gejala serius yang disebabkan oleh penyakit saraf. Buah mengkudu dikenal untuk merangsang kelenjar pineal dan mempromosikan pelepasan hormon serotonin dan melatonin yang dipercaya bermanfaat untuk banyak penyakit seperti penyakit Alzheimer, Multiple Sclerosis, Penyakit Parkinson, hepatitis autoimun dan Penyakit usus. Akan tetapi Untuk penggunaan buah mengkudu sebagai obat bagi beberapa penyakit tersebut ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

  7. Menstabilkan tekanan darah tinggi. Buah mengkudu memiliki kandungan kalium yang bermanfaat bagi penderita hipertensi, kalium bekerja untuk menjaga irama jantung tetap stabil dan bekerja dengan baik. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya asupan kalium dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.  

  8. Sebagai obat demam. Manfaat buah mengkudu ternyaat juga dapat dijadikan sebagai obat menurunkan demam. Caranya adalah: Ambil satu buah mengkudu kemudian rebus dengan kencur secukupnya. Tunggu sampai mendidih dan air tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut kemudian minum dua kali sehari. 

  9. Untuk kulit yang sehat. Jus dari buah mengkudu dianggap sebagai bahan alami yang baik untuk perawatan kulit. Buah mengkudu memiliki kandungan antrakuinon yang memberi efek kolagen untuk merangsang dan mencegah pembentukan kerutan pada permukaan kulit wajah. Selain itu buah mengkudu juga memiliki sifat Anti-bakteri, anti-inflamasi yang berguna dalam menyembuhkan berbagai gangguan kulit termasuk jerawat, luka bakar, reaksi alergi pada kulit dan gatal-gatal secara holistik. 

  10. Memabantu mengobati sakit kepala. Buah mengkudu kaya akan kandungan kalium yang dikenal untuk membantu meringankan gejala sakit kepala seperti migrain serta sakit kepala biasa. Dosis yang bisa anda gunakan adalah 1 kapsul obat mengkudu.
Catatan: bagi anda yang memiliki masalah pada ginjal sebaiknya Hindari buah mengkudu karena memiliki kandungan kalium yang harus dihindari bagi penderita penyakit ginjal. Buah mengkudu sebaiknya juga dihindari bagi mereka yang memiliki masalah dengan fungsi hati. Selain itu buah mengkudu juga dapat berinteraksi negatif dengan obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi dan darah tipis coumadin, untuk itu selalu konsultasikan dengan dokter saat mengkonsumsi obat dari buah mengkudu.
loading...