10 Manfaat cuka apel bagi kesehatan dan kecantikan

Ini dia 10 Manfaat cuka sari apel untuk kesehatan dan kecantikan. Cuka sari apel adalah jenis cuka yang terbuat dari ekstrak buah apel yang memiliki warna kuning pucat. Cuka sari apel biasanya digunakan dalam salad, bumbu dan pengawet makanan. Cuka sari apel diperoleh dengan cara menghancurkan buah apel kemudian diambil airnya untuk difermentasi.  Manfaat cuka sari apel sangat banyak sekali untuk kesehatan diantaranya: mengobati sariawan, mengobati sakit tenggorokan dan menghilangkan bau mulut. Untuk tau lebih banyak mari kita perhatikan:
Manfaat cuka apel
Gambar: Apel dan Cuka sari apel
10 Manfaat cuka sari epel untuk kesehatan dan kecantikan
  1. Melancarkan sistem pencernaan. Minum cuka sari apel yang dicampur dengan air secara alami dapat membantu meningkatkan pencernaan anda sehingga akan menghindarkan anda dari masalah sembelit. Caranya: Ambil satu sendok makan cuka sari apel kemudian masukkan ke dalam segelas air, minum sekitar 15 menit sebelum makan untuk merangsang pencernaan dalam mengurai makanan.  

  2. Untuk detoksifikasi. Cuka sari apel yang masih alami dan belum melalui proses filter diyakini bermanfaat membantu detoksifikasi sekaligus  membersihkan hati anda. Untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, anda bisa mencoba resep cuka sari apel yang dicampur dengan segelas air dan diminum sebelum makan.  

  3. Menurunkan kolesterol. Kandungan pektin dalam cuka sari apel yang merupakan jenis serat larut diketahui dapat membantu mengeluarkan kolesterol dari dalam tubuh. 

  4. Sebagai antibakteri alami. Cuka sari epel memiliki kemampuan Membunuh Beberapa jenis bakteri dan jamur. Secara tradisional cuka sari apel sering digunakan untuk mengobati jamur kuku, kutu, kutil dan infeksi telinga. Hippocrates yang merupakan bapak kedokteran modern diketahui juga menggunakan cuka apel untuk membersihkan luka lebih dari dua ribu tahun yang lalu. Karena kemampuannya sebagai antibakteri itu pulalah yang membuat Cuka sari apel sering digunakan sebagai pengawet makanan, karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti E. coli yang biasanya tumbuh dalam makanan dan membuatnya cepat basi.  

  5. Baik bagi penderita diabetes. Salah satu manfaat cuka sari apel adalah untuk membantu pasien penderita diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah, baik dalam resistensi insulin ataupun ketidakmampuan untuk memproduksi insulin. Mengkonsumsi dua sendok makan cuka sari apel sebelum tidur dapat mengurangi kadar gula darah sebesar 4 persen. 

  6. Membantu pelepasan zat besi. Kandungan Asam yang ditemukan dalam cuka sari apel membantu pelepasan zat besi dari makanan yang anda makan, sehingga dapat memperkecil hilangnya zat besi dari dalam makanan. Hal ini penting karena zat besi adalah komponen kunci dari hemoglobin dan mioglobin. Keduanya bertanggung jawab membawa oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh. 

  7. Menyeimbangkan pH. Cuka sari apel membantu tubuh menjaga tingkat pH yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar asam tinggi (pH rendah) akan menyebabkan kurangnya energi dan mudahnya tubuh untuk terkena infeksi. Untuk itu mengkonsumsi cuka sari apel sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan anda. 

  8. Menghilangkan flek hitam di wajah. Cuka sari apel sering digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan seperti  menghilangkan flek hitam dan meremajakan kulit. Caranya: celupkan kapas bersih ke dalam cuka sari apel  kemudian sapukan perlahan di semua bagian wajah anda. cara tersebut sangat efektif  dalam mengatasi jerawat sekaligus mengurangi perubahan warna dan bintik-bintik hitam pada kulit wajah anda. 

  9. Mengabati sakit tenggorokan. Bagi anda yang menderita sakit tenggorokan tidak usah membeli obat kumur karena cuka sari apel diketahui cukup efektik mengatasi sakit tenggorokan. Caranya cukup mudah yaitu: masukkan 1 sendok makan cuka sari apel ke dalam 1 gelas air hangat  kemudian gunakan air tadi untuk berkumur. Cuka sari apel akan membunuh bakteri yang menjadi penyebab sakit tenggorokan. 

  10. Manfaat cuka apel untuk rambut. Untuk anda yang menginginkan rambut sehat bersinar bisa mencoba Cuka sari apel sebagai bahan perawatan.  Caranya campurkan 1/2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air kemudian gunakan untuk membilas rambut anda setelah keramas. Cari tau 8 Cara mengatasi rambut bercabang.
Demikian tadi ulasan mengenai 10 manfaat cuka sari apel untuk kesehatan dan kecantikan yang semoga dapat memberikan informasi bagi anda yang membutuhkan
loading...