10 Manfaat kentang bagi kesehatan anda

Manfaat kentang yang mengejutkan untuk kesehatan tubuh anda. Kentang merupakan salah satu makanan padat yang kaya akan nutrisi penting seperti Vitamin, mineral, dan karbohidrat. Pada awalnya tanaman kentang berasal dari kawasan Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk lokal selama ribuan tahun. Kentang dapat dinikmati dengan cara dimasak seperti biasa atau dijus dengan manfaat yang tidak jauh berbeda. Usahakan tidak menyajikan kentang dalam bentuk digoreng karena akan menambah tinggi kandungan lemak yang dapat memicu naiknya kadar kolesterol dan kegemukan.
gambar manfaat kentang untuk kesehatan
Gambar: kentang
 
10 Manfaat kentang bagi kesehatan anda
  1. Sebagai anti-inflamasi. Kentang dapat mengatasi beberapa penyakit seperti radang dan nyeri, terutama nyeri sendi dan sakit punggung. Selain memiliki manfaat untuk meredakan nyeri manfaat kentang yang lain adalah meningkatkan sirkulasi darah ke setiap area tubuh. 

  2. Mengeluarkan racun.  Kentang juga sering dikenal sebagai agen detoksifikasi karena kemmapuannya dalam membantu tubuh mengeluarkan racun. Ini sangat penting untuk meringankan kerja hati dan kantong empedu. Di jepang kentang telah digunakan untuk mengobati hepatitis dengan tingkat keberhasilan yang baik.  

  3. Penangkal radikal bebas. Mungkin anda berfikir jika buah-buahan saja yang menyediakan vitamin, kentang walaupun tidak masuk dalam kategori buah dan merupakan makanan padat  akan tetapi memiliki kandungan vitamin C yang tidak bisa kita anggap remeh. Seperti halnya vitamin C dalam buah, Vitamin C dalam kentang sangat penting dalam menurunkan kerusakan kardiovaskular. Vitamin C menetralkan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat mengurangi kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas tersbeut. Ada banyak bahaya yang dapat ditimbulkan dari radikal bebas diantaranya merusak pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan kolesterol pada dinding arteri. Baca juga 10 buah-buahan yang mengandung tinggi vitamin C untuk menangkal radikal bebas. 

  4. Mencegah kanker usus. Kentang diperkaya dengan serat makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan anda. serat membantu mengurangi risiko kanker usus dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu kentang juga mengandung vitamin B6 yang akan membantu mencegah gangguan neurologis. 

  5. Sumber mineral penting. Kentang merupakan salah satu makanan yang kaya akan kandungan mineral penting karena kentang berasal dari akar yang dekat dengan tanah. Mineral sangat penting untuk membantu membangun tulang yang kuat dan meningkatkan fungsi saraf dan otot. Sebuah kentang berukuran besar yang direbus beserta kulitnya menyediakan 1,1 gram kalium, jumlah tersebut merupakan seperempat dari kebutuhan kalium anda setiap hari. Selain kalium kentang juga menyediakan sekitar seperlima dari magnesium dan fosfor yang anda butuhkan setiap hari. 

  6. Meningkatkan fungsi otak. Untuk meningatkan fungsi otak ada banyak faktor yang mempengaruhi seperti kadar glukosa, suplai oksigen, asupan vitamin B, asam amino dan asam lemak seperti omega-3. Kabar baiknya adalah Kentang hampir memenuhi semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam kentang akan mempertahankan tingkat glukosa dalam darah. Hal ini sangat diperlukan untuk memberikan tenaga  setelah lelah karena aktivitas kognitif. Kentang  juga mengandung sejumlah zat besi yang merupakan komponen penting dalam pembentukan hemoglobin/sel darah merah yang membawa oksigen ke otak. Jadi kentang merupakan makanan yang sangat baik untuk anak-anak karena membantu mereka memenuhi nutrisi otak mereka.  

  7. Meringankan stres. Kentang selain sebagai makanan untuk otak juga berperan dalam mengurangi tingkat stres seseorang karena mengandung tinggi  vitamin B6. Selain itu kentang juga memproduksi GABA (Gamma Amino Butyric Acid), yang merupakan hormon untuk mengurangi tingkat stres sekaligus membantu relaksasi otak sehingga membantu para penderita insomnia mendapatkan tidur yang nyenyak. 

  8. Manfaat kentang untuk ginjal. Sebenarnya kentang mengandung zat besi dan kalsium yang berkontribusi pembentukan batu, karena sebab itulah mungkin kita akan berfikir kentang tidak baik untuk pencegahan batu ginjal, akan tetapi perlu kita ketahui pula bahwa kentang mengandung magnesium yang dapat menghambat akumulasi kalsium (kalsifikasi) di ginjal, sehingga bermanfaat untuk pengobatan batu ginjal. 

  9. Menjaga kestabilan berat badan. Walaupun kentang mengandung tinggi karbohidrat akan tetapi tidak akan membuat anda menjadi gemuk selama tidak mengkonsumsinya secara berlebih dan dengan penyajian yang tepat. Kentang mengandung tinggi serat yang akan membuat anda kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi kebiasaan ngemil anda. Selain itu serat juga berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan yang merupakan faktor penting untuk penuruan berat badan. 

  10. Perawatan kulit. Kentang selain untuk dikonsumsi ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan, hal tersebut tidak mengherankan mengingat kentang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit anda diantaranya kalium, magnesium, fosfor, seng Vitamin C dan B-kompleks. Manfaat yang bisa anda dapatkan saat menggunakan masker dari kentang adalah mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan mencegah penuaan pada kulit.
Demikian tadi 10 manfaat kentang untuk kesehatan tubuh anda, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk memilih makanan yang kaya nutrisi untuk membantu anda mendapatkan tubuh yang sehat.
loading...